HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Mengenal Perpustakaan

Menurut Wikipedia, perpustakaan dalam arti tradisional adalah sebuah koleksi buku dan majalah. Perpustakaan dapat juga diartikan sebagai kumpulan informasi yang bersifat pengetahuan, hiburan, rekreasi, dan ibadah yang merupakan kebutuhan hakiki manusia.

Dalam Nazir (1988: 112) dikemukakan bahwa dalam rangka menelusuri literatur serta menelaah studi yang ada pada perpustakaan, maka peneliti harus terlebih dahulu mengenal perpustakaan secara lebih baik, termasuk sistem pelayanan, sistem penyusunan literatur, dan klasifikasi buku yang dianut oleh perpustakaan tersebut.

SISTEM PELAYANAN

Dalam sistem pelayanan perpustakaan secara umum terbagi menjadi dua bagian yakni sistem pelayanan tertutup dan sistem pelayanan terbuka. Sistem pelayanan tertutup merupakan sistem dimana pembaca tidak dapat langsung pergi ke rak buku melainkan hanya dapat melihat katalog buku dan penjaga perpustakaan yang mengambilkan buku tersebut kepada pembaca. Sedangkan sistem pelayanan terbuka adalah sistem pelayanan perpustakaan di mana pembaca dapat langsung pergi ke rak buku tanpa melalui perantara penjaga perpustakaan.

SISTEM KLASIFIKASI

Dalam sistem klasifikasi standar perpustakaan, terdapat dua sistem umum klasifikasi, yakni:

–          Sistem Library of Congress (LC)

Pada sistem klasifikasi jenis ini, klasifikasi buku dinyatakan dengan huruf. Cara kerja sistem LC ini adalah buku-buku digolongkan dalam 20 kategori dengan simbol huruf. Setiap golongan tersebut memiliki beberapa kategori lagi yang dinyatakan dengan huruf tentunya. Kemudian kategori di bawahnya dinyatakan dengan angka. Sehingga klasifikasi LC dinyatakan dengan huruf, huruf, angka.

Berikut ini adalah contoh pengkategoriannya.

Huruf

Huruf

Angka

Kategori

A Kerja umum, poligrapi
B Falsafah, agama
C Sejarah
D Sejarah dan topografi
E-F Amerika
G Ilmu bumi, antropologi
H Ilmu sosial
I Ilmu politik
K Hukum
L Pendidikan
M Musik
N Seni murni
P Bahasa, kesenian
Q Ilmu natura
  QL Zoologi
  QL.460 Insekta
  QL.461 Periodecals, society, dsb
  ….. …..
  QL.496 Biologi, metamorfosis, dsb
  QR Bakteriologi
  QC Fisika
R Obat-obatan
S Pertanian, tanaman, ternak
  SB Holtikultura, hama, penyakit
  SF Ulat sutra, membuat madu, dsb
T Teknologi
U Ilmu kewiraan
V Ilmu laut
Z Bibliografi, ilmu pustaka

–          Sistem Dewey Decimal (DD)

Dalam sistem klasifikasi dengan Dewey Decimal (DD), klasifikasi buku dinyatakan dengan angka. Cara kerja sistem klasifikasi DD yakni dengan membagi kategori buku dengan 10 kriteria. Masing-masing kategori tersebut terbagi menjadi 10 bagian. Kategori yang besar dinyatakan dalam 3 angka, kemudian baru terdapat satuan-satuan dibelakang koma (desimal). Penggunaan sistem DD ini cocok untuk koleksi perpustakaan yang jumlah bukunya tidak terlalu banyak.

Berikut adalah contoh klasifikasi menggunakan sistem DD

Angka

Angka

Angka

Desimal

Kategori

000 Umum (general works)
100 Falsafah
200 Agama
300 Pengetahuan sosial
  310 Ilmu statistik
  320 Umum
  321 Bentuk negara
  321.1 Keluarga
  321.2 Tribal
  321.3 Feodalisme
  …. …. ….
  330 Ilmu ekonomi
  340 Ilmu hukum
  350 Pemerintahan
400 Filologi
500 Pengetahuan alam
600 Seni yang berguna
700 Seni murni
800 Kesusastraan
900 Sejarah

MENGENAL PENGATURAN RUANG

Nazir (1988: 116-117) mengemukakan bahwa pengenalan ruangan yang digunakan pada perpustakaan juga penting sekali bagi peneliti yang ingin menggunakan sumber-sumber pada perpustakaan. Dalam pengenalan ruangan ini, termasuk juga mengenal petugas-petugas di perpustakaan yang mana petugas tersebut cukup mempunyai pengetahuan tentang klasifikasi dan sistem kataloging perpustakaan tersebut. Ruang perpustakaan biasanya terdiri dari ruang untuk meletakkan buku teks, ruang untuk jurnal, majalah ilmiah, ruang untuk leaflet serta ruang untuk buku referensi, ensiklopedia, thesis. Menurut besarnya perpustakaan pembagian ruang pada perpustakaan juga berbeda-beda.

Untuk mendapatkan informasi lebih lengkap tentang produk kami silahkan klik link berikut : Jasa Pembuatan Tesis Jasa Pembuatan Skripsi Jasa Olah Data

 

Atau menghubungi nomor kontak berikut 0852.2588.7747 (AS) email IDTesis@gmail.com

Incoming search terms:

Leave a Reply