HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Skripsi Kepustakaan: Layanan Internet Sampoerna Corner di UPT Perpustakaan

Judul Skripsi : Layanan Internet Sampoerna Corner di UPT Perpustakaan Universitas Diponegoro Semarang

 

A. Latar Belakang

Perpustakaan sebagai mana yang berkembang sekarang dipergunakan sebagai salah satu pusat informasi, sumber ilmu pengetahuan, penelitian, rekreasi, dan pelestarian khasanah budaya bangsa. Perpustakaan merupakan suatu unit kerja yang berupa tempat untuk mengumpulkan, menyimpan dan memelihara kumpulan bahan pustaka. Bahan-bahan pustaka tersebut terdiri dari bahan-bahan buku maupun non buku yang disusun berdasarkan sistem tertentu yang diperuntukkan bagi pengguna jasa perpustakaan. Menurut Sulistyo Basuki (1993: 3) perpustakaan adalah sebuah ruangan, sebuah gedung atau gedung itu sendiri yang digunakan untuk menyimpan buku atau terbitan lainya yang biasanya disimpan menurut susunan tertentu untuk digunakan pembaca bukan untuk dijual.

Di dalam perpustakaan terdapat beberapa kegiatan yang dapat menunjang keberhasilan dari fungsi perpustakaan tersebut. Salah satunya adalah kegiatan layanan. Layanan perpustakaan merupakan salah satu kegiatan utama di perpustakaan. Layanan tersebut merupakan kegiatan yang langsung berhubungan dengan masyarakat, dan sekaligus merupakan barometer keberhasilan penyelenggaraan perpustakaan (Sutarno, 2006: 90). Layanan perpustakaan yang baik yaitu layanan yang dapat memberikan rasa senang dan puas kepada pengguna dalam memberikan ketepatan dan kecepatan tamu balik informasi.

 

B. Rumusan Masalah

Apa saja permasalahan-permasalahan baik teknis maupun non teknis yang dihadapi pada layanan internet serta bagaimana upaya mengatasi permasalahan-permasalahan tersebut?

 

C. Landasan teori

Pengertian Layanan Perpustakaan

Layanan perpustakaan pada umumnya berupa layanan sosial, atau yang bersifat non laba, tidak komersial, terutama untuk perpustakaan perguruan tinggi, perpustakaan umum dan perpustakaan sekolah. Pemakai tidak dipungut bayaran. bebas dari biaya sama sekali. Dalam prakteknya ada perpustakaan-perpustakaan tertentu yang memang sudah dapat “menghasilkan” uang dari kegiatan layanan (Sutarno, 2006: 192).

Pengertian Internet

Internet berasal dari kata International Networking, yang dapat disingkat dengan kata internet. Internet merupakan dua komputer atau lebih yang saling berhubungan membentuk jaringan komputer sehingga meliputi jutaan komputer di dunia (internasional), yang saling berinteraksi dan bertukar informasi. Sedangkan dari segi ilmu pengetahuan, internet merupakan sebuah perpustakaan besar yang di dalamnya terdapat jutaan (bahkan milyaran) informasi atau data yang berupa teks,  grafik audio maupun aminasi dan lain-lain dalam media elektronik.

Layanan Perpustakaan

Layanan perpustakaan yang pada umumnya sebagai berikut:

  1. Layanan Sirkulasi
  2. Layanan Koleksi Khusus/Dokumentasi
  3. Layanan Internet

 

D. Metode Penelitian

Praktik Kerja Lapangan ini dilaksanakan mulai tanggal 16 Februari 2009 sampai dengan 7 Maret 2009, bertempat di UPT Perpustakaan Universitas Diponegoro Semarang.

Metode Pengumpulan data pada penelitian ini yaitu Metode Observasi, Metode Studi Pustaka dan Wawancara.

 

E. Kesimpulan Skripsi

  1. Prosedur penggunaan layanan internet pada layanan Sampoerna Corner pada UPT perpustakaan Universitas Diponegoro Semarang sudah berjalan dengan cukup baik. Prosedur penggunaan layanan ini tidak sulit. Hanya dengan menggunakan kartu anggota (KTM), para anggota sudah dapat menggunakan layanan ini.
  2. Manfaat layanan internet Sampoerna Corner di UPT Perpustakaan Universitas Diponegoro Semarang ini cukup besar bagi para penggunanya terutama mahasiswa. Dengan adanya layanan ini para mahasiswa dapat dengan mudah menelusuri informasi-informasi yang bermanfaat untuk menunjang pengetahuan mereka, sehingga menghemat waktu dan tenaga.
  3. Sejauh ini permasalahan-permasalahan dihadapi pada layanan internet Sampoerna Corner di UPT Perpustakaan Universitas Diponegoro Semarang baik teknis, seperti kerusakan-kerusakan komputer ataupun permasalahan-permasalahan non teknis, seperti kurangnya pengetahuan mahasiswa tentang internet sudah bisa teratasi dengan cukup baik.

 

Contoh Skripsi Keperpustakaan

  1. Pengelolaan Koleksi Langka di Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta
  2. Layanan Outlet Peta di UPT Perpustakaan UPN ”VETERAN” Yogyakarta
  3. Pelayanan Referensi di Perpustakaan Universitas Sanata Dharma Yogyakarta
  4. Layanan Internet Sampoerna Corner di UPT Perpustakaan Universitas Diponegoro Semarang
  5. Pemeliharaan Koleksi Bahan Pustaka Buku di UPT Perpustakaan Universitas Diponegoro Semarang

 

Leave a Reply