HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Skripsi Kepustakaan: Pengolahan Terbitan Berkala Jurnal di UPT Perpustakaan UNY

Skripsi Kepustakaan : Pengolahan Terbitan Berkala Jurnal di UPT Perpustakaan Universitas Negeri Yogyakarta

 

A. Latar Belakang Skripsi

Bagi Perpustakaan Perguruan Tinggi sendiri mempunyai tujuan untuk memperlancar dan mensukseskan program-program serta proyek-proyek yang diletakkan oleh Perguruan Tinggi yang bersangkutan. Fungsi dari perpustakaan itu sendiri adalah jantung dari semua program pendidikan universitas atau institut yang bersangkutan, yaitu ia harus mampu membantu dan menjadi pusat kegiatan akademis lembaga pendidikan. Fungsi lainnya adalah pusat alat-alat bahan peraga pengajaran, dalam membantu memperlancar jalannya perkuliahan serta praktikum-praktikum, perpustakaan dapat menyediakan bahan dan fasilitas yang dibutuhkan oleh para dosen dalam perkuliahan didalam kelas. (Soedjono Trimo,1990:3).

Layanan terbitan berkala adalah salah satu layanan yang harus ada di suatu perpustakaan perguruan tinggi. Hal ini disebabkan informasi yang terkandung di dalam koleksi terbitan berkala lebih mutakhir daripada informasi yang ada di buku. Hasil penelitian dari para peneliti banyak yang dimuat di dalam jurnal-jurnal ilmiah. Informasi dari koleksi terbitan berkala ini banyak dimanfaatkan oleh sivitas akademika perguruan tinggi untuk penelitian dan pengembangan ilmu pengetahuan.

 

B. Rumusan Masalah

  1. Bagaimana pengolahan Koleksi Terbitan Berkala Berupa Jurnal di UPT Perpustakaan Universitas Negeri Yogyakarta?
  2. Hal apa saja yang menjadi hambatan-hambatan dalam pengolahan Koleksi Terbitan Berkala Berupa Jurnal di UPT Perpustakaan Universitas Negeri Yogyakarta?
  3. Bagaimana pemecahan masalah untuk memudahkan dalam pengolahan Jurnal atau Terbitan Berkala di UPT Perpustakaan Universitas Negeri Yogyakarta?

 

C. Landasan Teori

Pengertian Terbitan Berkala

Terbitan berseri atau disebut juga dengan terbitan berkala adalah salah satu jenis koleksi yang dimiliki oleh perpustakaan perguruan tinggi. Pengertian dari terbitan berseri atau terbitan berkala adalah salah satu terbitan yang berisi informasi berita atau surat kabar, berita keilmuan serta kejadian-kejadian yang menyangkut ekonomi, politik dan lain-lain yang menarik di masyarakat. (Abdul Rahman Saleh,1996:3).

Fungsi Terbitan Berkala

Sebagaimana diketahui bahwa terbitan berkala jenis Jurnal itu banyak ragamnya mengingat pembacanya yang sangat heterogen tingkat pendidikan dan minat mereka. Dengan memperhatikan faktor-faktor tersebut, maka majalah menurut jenisnya dapat dibagi menjadi :

Jurnal umum

Jenis ini dipersiapkan untuk konsumsi umum. Berisi bermacam-macam bidang misalnya; pendidikan, ilmu pengetahuan, olahraga, politik, keterampilan dan lain sebagainya.

Jurnal teknis

Jurnal teknis ini ditulis dengan gaya bahasa teknis, pelaksanaan bidang tertentu, memperbaiki peralatan, memasang komponen tertentu. Ditujukan kepada para teknisi, pekerja lapangan, laboran maupun mereka yang bekerja di pabrik-pabrik, industri-industri dan lain-lain.

Jurnal ilmiah

Jenis ini ditulis dengan bahas ilmiah sehingga sulit dipahami oleh masyarakat pada umumnya. Ditujukan kepada para ilmuwan terutama yang sebidang sebagai media komunikasi ilmu antar mereka. Penyertaan gambar, foto, ilustrasi sebagai pendukung dan memperjelas tulisan.

Pengadaan Terbitan Berkala

Untuk mengadakan tebitan berkala di suatu perpustakaan, lembaga, pada prinsipnya sama dengan pengadaan koleksi lainnya. Pengadaan koleksi ini dapat ditempuh dengan cara (Lasa HS, 1994:25) :

  1. Melanggan/beli
  2. Hadiah/sumbangan
  3. Tukar menukar publikasi/exchange publication

 

D. Metode Penelitian Skripsi

Dalam penyusunan Tugas Akhir ini, penulis mengumpulkan data dengan menggunakan metode sebagai berikut Metode Observasi, Metode Wawancara, Metode literatur.

 

E. Kesimpulan

Proses pengolahan Terbitan Berkala Jurnal di UPT Perpustakaan UNY adalah :

  1. Pertama kali yang dilakukan ketika koleksi terbitan berkala jurnal yang diterima adalah diperiksa, apakah sebagai hadiah / Membeli. Kemudian Jurnal tidak diregistrasi pada buku induk, tetapi cukup dengan kartu registrasi (record card atau kardeks).
  2. Terbitan berkala diberi stempel kepemilikan dari perpustakaan dan data yang dicatat dari jurnal antara lain mengenai judul, ISSN, kala terbit, penerbit dan nomor terbitan yang diterima.
  3. Jurnal tidak perlu diberi label no panggil, cukup diberi label judul, letak koleksi, penempatan jurnal dipisahkan dari koleksi buku, setelah ada jurnal yang baru diolah kemudian dipasang di rak.

Hambatan – hambatan dalam pengolahan koleksi terbitan berkala di UPT Perpustakan Universitas Negeri Yogyakarta.

  1. Kurangnya pegawai di bagian pengolahan Jurnal menghambat proses pengolahan jurnal.
  2. Alat pengolahan yang kurang memadai mengakibatkan proses pengolahan jurnal tidak lancar.
  1. Pemecahan masalah untuk memudahkan dalam pengolahan jurnal
  1. Perlu penambahan pegawai dalam proses pengolahan jurnal.
  2. Perlunya alat yang memadai untuk mempermudah proses pengolahan jurnal.

 

Contoh Kepustakaan

  1. Layanan Sirkulasi Bahan Pustaka Buku di Perpustakaan Universitas Muhammadiyah
  2. Pengolahan Terbitan Berkala Jurnal di UPT Perpustakaan Universitas Negeri Yogyakarta
  3. Pengadaan Buku di Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta
  4. Pelayanan Sirkulasi di Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah Propinsi Diy ( Unit Badran I )
  5. Gedung dan Tata Ruang di Kantor Perpustakaan Daerah Kabupaten Sragen
Incoming search terms:

Leave a Reply