HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Layanan Outlet Peta di UPT Perpustakaan UPN “Veteran” Yogyakarta

BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang
Salah satu unsur penting dalam proses belajar dan mengajar di perguruan tinggi adalah perpustakaan, bahkan sering disebut-sebut perpustakaan sebagai jantungnya universitas. Perumpamaan tersebut menggambarkan betapa pentingnya keberadaan perpustakaan di dunia pendidikan yang tidak bisa diabaikan begitu saja. Keberadaan perpustakaan di perguruan tinggi tidak semata-mata hanya pemenuhan yang diatur oleh pemerintah, tetapi karena sangat diperlukan oleh segenap aktivitas akademika, tanpa adanya perpustakaan maka proses belajar mengajar di perguruan tinggi tidak dapat berjalan dengan baik. Dengan demikian tugas utama perpustakaan perguruan tinggi adalah membantu dalam arti melayani dan memenuhi kebutuhan segenap sivitas akademika untuk memperoleh sumber informasi. Ditinjau dari kebutuhan pengguna terutama kebutuhan mahasiswa dan dosen perguruan tinggi sangat beragam, sehingga koleksi yang ada harus disesuaikan dengan kebutuhan fakultas, jurusan, program studi, serta mata kuliah yang ada. Koleksi ini dapat berbentuk buku, jurnal, tugas akhir mahasiswa (skripsi, tesis, desertasi), dan lain-lain. Hal ini untuk mendukung tugas dan fungsi perpustakaan yang salah satunya yaitu melaksanakan pemilihan bahan pustaka yang sesuai dengan kebutuhan para pemakai perpustakaan yaitu mahasiswa atau pengajar serta pihak lain yang membutuhkan informasi. (Sulistyo-Basuki, 1994: 67).

Disamping adanya koleksi yang memadai, perpustakaan juga diharapkan dapat menyediakan layananlayanan yang relevan atau sesuai dengan kebutuhan pengguna terhadap informasi yang mereka cari. Dalam menunjang kebutuhan pengguna akan informasi, UPT Perpustakaan UPN “Veteran” Yogyakarta menyediakan suatu layanan outlet yaitu layanan yang terbentuk atas kerjasama UPT Perpustakaan UPN “Veteran” Yogyakarta dengan badan atau organisasi lain dalam pengadaaan koleksinya. Salah satu jenis koleksi bahan pustaka yang disediakan dalam layanan outlet ini adalah koleksi peta. Makalayanan ini diberi nama outlet peta. Layanan outlet peta di UPT Perpustakaan UPN “Veteran” Yogyakarta ini merupakan suatu bentuk pengembangan layanan perpustakaan yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan pengguna khususnya mahasiswa dan dosen dari prodi yang menggunakan peta sebagai bagian dari aktivitas perkuliahan, seperti Fakultas Teknologi Mineral (FTM), Fakultas Pertanian (FP) maupun Magister Teknik Pertambangan (MTA), dan Magister Teknik Geologi (MTG) serta pengunjung dari luar yang membutuhkan informasi khususnya tentang peta. Layanan ini berbeda dengan layanan perpustakaan yang ada pada umumnya yang biasanya menyediakan suatu layanan peminjaman koleksi, untuk layanan outlet ini merupakan suatu layanan penjualan. UPT Perpustakaan UPN “Veteran” Yogyakarta adalah salah satu dari perpustakaan perguruan tinggi yang telah menyediakan layanan outlet peta. Layanan outlet peta ini terbentuk atas kerjasama UPT Perpustakaan UPN “Veteran” Yogyakarta dengan Badan Koordinasi Survei dan Pemetaan Nasional (Bakosurtanal) dan Pusat Survai Geologi (PSG) dalam pengadaan koleksi peta. Layanan outlet peta dari Badan Koordinasi Survei dan Pemetaan Nasional (Bakosurtanal) yang ada di UPT Perpustakaan UPN “Veteran” Yogyakarta merupakan layanan outlet peta ke tiga di Yogyakarta. Pertama berada di Universitas Gajah Mada (UGM) Yogyakarta dan yang kedua berada di Bappeda Provinsi DIY. Universitas atau perguruan tinggi lain yang telah menerapkan layanan outlet peta Bakosurtanal antara lain IPB Bogor, Universitas Indonesia (UI), ITN Malang, UNESS Semarang, UNS Surakarta di program studi pendidikan geografi FKIP, UNHAS Makassar, UNHALU Kendari, UNSRI Palembang, Universitas Udayana, UNSRAT Manado, UNILAM Banjarmasin, dan ITS Surabaya.

Selain di perguruan tinggi layanan outlet peta Bakosurtanal juga ada di Bappeda diantaranya Bappeda Provinsi DIY, Bapedda Provinsi Riau, Bappeda Provinsi Sumatera Barat, Bappeda Provinsi Jawa Tengah, Bappeda Provinsi Sulawesi Tenggara, Bappeda NTB, Bappeda Provinsi Kalimantan Barat, Bappeda Provinsi Sulawesi Selatan, dan Bappeda Sulawesi Tengah. Serta satu lagi tempat yang telah menyediakan layanan outlet peta Bakosurtanal adalah Mega Glodok Kemayoran (MGK) Jakarta. Untuk layanan outlet peta dari Pusat Survei Geologi (PSG), UPT Perpustakaan UPN “Veteran” Yogyakarta merupakan perpustakaan perguruan tinggi pertama di Indonesia yang menyediakan layanan outlet peta dari Pusat Survei Geologi. Ini merupakan suatu keunggulan bagi UPT Perpustakaan UPN “Veteran” Yogyakarta karena menjadi satu-satunya perpustakaan perguruan tinggi di Indonesia yang menyediakan layanan outlet peta dari Pusat Survei Geologi (PSG). Berdasarkan gambaran di atas maka penulis tertarik untuk membahas tentang “LAYANAN OUTLET PETA DI UPT PERPUSTAKAAN UPN “VETERAN” YOGYAKARTA” sebagai pokok bahasan dalam tugas akhir ini.

Leave a Reply