HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Sekolah Menengah Kejuruan (SMK)

Pengertian Sekolah Menengah Kejuruan (SMK)

Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) adalah bentuk satuan pendidikan yang orientasinya memberi bekal siswa untuk memasuki lapangan kerja tingkat menengah dan melanjutkan pendidikan ke jenjang yang sesuai dengan kekhususannya (kejuruannya).

Berdasarkan pengertian tersebut dapat dirumuskan bahwa

Sekolah Menengah Kejuruan disamping memberi bekal siswa untuk memasuki lapangan kerja, siswa juga dapat melanjutkan pendidikan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi sesuai dengan kejuruannya(Sumber : http://idtesis.com).

Pada pendidikan kejuruan memberikan suatu bentuk pengembangan bakat, pendidikan dasar keterampilan dan kebiasaankebiasaan yang mengarah pada dunia kerja yang dipandang sebagai latihan keterampilan. Siswa akan disiapkan untuk memasuki persaingan di dunia kerja. Kegiatan pembelajaranpun tidak hanya terjadi di sekolah, namun kegiatan praktik industri di dunia kerja nyata sangat ditekankan untuk mendapatkan dan meningkatkan pengalaman bekerja di persaingan dunia kerja.

Dari beberapa pendapat di atas, maka peneliti dapat menyimpulkan bahwa Sekolah Menengah Kejuruan adalah bentuk satuan pendidikan menengah yang bertujuan untuk menyiapkan siswa memasuki lapangan kerja maupun untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. Seorang siswa SMK harus tepat dalam memilih jurusan yang sesuai dengan bakat dan minatnya sendiri serta yang sesuai dengan perkembangan teknologi saat ini. Hal ini berkaitan dengan peluang untuk dapat bersaing di dunia kerja.

Karakteristik Sekolah Menengah Kejuruan (SMK)

Pada umumnya pendidikan kejuruan memiliki karakteristik yang berbeda dengan pendidikan umum, ditinjau dari kriteria pendidikan, substansi pelajaran, dan lulusan.

Kriteria yang harus dimiliki oleh pendidikan kejuruan adalah:

  • Orientasi kinerja individu pada dunia kerja
  • Jastifikasi khusus pada kebutuhan nyata di lapangan
  • Fokus kurikulum pada aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik
  • Tolak ukur keberhasilan tidak hanya di sekolah
  • Kepekaan pada perkembangan dunia kerja
  • Memerlukan sarana dan prasarana yang memadai
  • Adanya dukungan masyarakat
Incoming search terms:

Leave a Reply