HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Pengertian Persepsi Menurut Para Ahli

Dalam segala bidang seseorang harus memiliki daya penafsiran yang positif, agar hasil dari penafsiran tersebut dapat didaya gunakan untuk kedalam energi yang positif juga.

Penafsiran yang disebutkan di atas sering dikenal dengan istilah persepsi. Dalam persepsi seseorang selalu dipengaruhi oleh nilai-nilai yang dilihatnya sehingga seseorang dapat memberikan kesan dari apa yang telah dilihatnya.

Persepsi merupakan suatu proses penafsiran seseorang terhadap sesuatu yang dilihatnya   dengan   mengiterpretasikan   kesan-kesan   sensorinya   dalam   usahanya memberikan makna tertentu kepada lingkungannya.

Pengertian Persepsi

Dari pengertian di atas, ikut mengundang para ahli untuk mengemukakan pendapatnya, adapaun pengertian persepsi menurut para ahli meliputi:

  1. Menurut Bimo Walgito bahwa persepsi merupakan proses pengorganisasian, penginterprestasian, terhadap stimulus yang diterima sehingga merupakan aktivitas yang intergrated dalam diri individu.
  2. Nina dan Fauzi mengartikan persepsi adalah cara kita menginterpretasikan atau mengerti pesan yang telah diproses oleh sistem indrawi kita atau dengan kata lain persepsi adalah proses pemberian makna pada sensasi   dengan   melakukan   persepsi   manusia   memperoleh   pengetahuan   baru.
  3. Jalaludin Rakhmat berpendapat bahwa persepsi merupakan pengalaman tentang objek, peristiwa, pengalaman atau hubungan yang diperoleh dengan menyimpan informasi dan manafsirkan pesan.
  4. Irwanto persepsi adalah proses diterimanya rangsangan (objek, kualitas, hubungan antara gejala maupun peristiwa) sampai rangsangan itu disadari dan dimengerti.

Dari beberapa pengertian dan pembahasan penulis dapat menyimpulkan, bahwa persespsi merupakan pengalaman seseorang melalui penglihatan untuk menilai objek dan memberikan makna stimulus indrawi.

Faktor – Faktor yang Mempengaruhi Persepsi

Setiap orang mempunyai persepsi yang berbeda terhadap objek yang sama dan faktor- faktor yang mempengaruhi persepsi diantaranya adalah.

Menurut Bimo Walgito faktor-faktor yang mempengaruhi persepsi adalah :

  1. Stimulus yang cukup kuat. Stimulus harus melalui lembaga stimulus kejelasan akan   banyak berpengaruh terhadap persepsi
  2. Fisiologi dan psikologi. Jika sistem fisiologi terganggu hal ini akan berpengaruh dalam     persepsi seseorang sedangkan segi psikologis yang mencakup pengalaman, perasaan, kemampuan berpikir dan sebagainya, juga akan berpengaruh bagi seseorang dalam mempersepsi.
  3. Lingkungan situasi yang melatar belakangi stimulus mempengaruhi persepsi. Dalam menentukan persepsi seseorang tidak lepas dari pengaruh kondisi dalam diri orang tersebut, karena kondisi mempunyai pengaruh besar dalam diri seseorang dalam mempersepsi. Bila keadaan atau kondisi orang tersebut baik, maka hasil persepsi atau kemampuan berpikir seseorang dalam mempersepsi tersebut itu juga akan baik pula.

Berdasarkan pemaparan faktor-faktor yang mempengaruhi di atas dapat dikatakan bahwa persepsi itu banyak dipengaruhi oleh beberapa hal yang telah disebutkan di atas. Sebab diyakini bahwa persepsi seseorang sangat berpengaruh pada perilakunya. Dan perilaku tersebut akan berpengaruh pada motivasinya.

Demikian artikel yang berisi tentang pengertian persepsi, faktor-faktor yang mempengaruhi persepsi. Artikel ini dibuat dengan tujuan sebagai tambahan wawasan dan bahan acuan refrensi bagi anda. Semoga bermanfaat.

Incoming search terms:
1 Comment
  1. pengertian persepsi yang dijabarkan di idtesis , kalo boleh saya tau apa nama judul buku dan pengarang + penerbitnya? soalnya buat tugas akhir skripsi ku
    terima kasih

Leave a Reply