HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Pengertian Dependency Ratio dan Rumus Perhitungan

Dependency Ratio Pengertian Dependency Ratio dan Rumus Perhitungan

Dependency Ratio

Dependency Ratio Merupakan salah satu pernyataan yang berupa perbandingan antara banyaknya penduduk usia produktif dengan penduduk usia yang non produktif. Dalam Dependency Ratio yang digolongkan sebagai usia yang produktif adalah penduduk  yang berusia antara 15 tahun sampai 64 tahun, sedangkan usia yang tergolong sebagai  penduduk non produktif bekisar antara 15 tahun- 65 tahun ke atas.

Dependency ratio juga dapat digunakan sebagai alat ukur perekonomian suatu negara. Dengan kata lain dependency ratio juga dijadikan suatu indikator pengukuran tingkat perekonomian suatu negara. Dalam hal ini dependebcy ratio juga mmapu menentukan suatu negara tersebut sebagai negara maju atau negara berkembang.

Mengapa demikian ? karena suatu negara yang memiliki usia yang lebih banyak tergolong sebagai usia produktif akan lebih cenderung menghasilkan suatu keadaan yang seimbang dari pendapat nasional.

Dalam menghitung dependency ratio juga dibuthkan suatu rumus yang pada tahap awal akan menjabarkan suatu keadaan dari negara tersenut. Adapun rumus dependency ratio meliputi:

Rumus Dependency ratio Pengertian Dependency Ratio dan Rumus Perhitungan

 

Demikian artikel yang berjudul Pengertian Dependency Ratio dan Rumus Perhitungan. Semoga artikel yang Kami sajikan ini mampu menambah luas wawasan Anda.

Incoming search terms:

Leave a Reply