HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Pengertian Jalur Pertumbuhan Normal dan Contoh Perhitungan

Jalur Pertumbuhan Normal Pengertian Jalur Pertumbuhan Normal dan Contoh Perhitungan

Jalur Pertumbuhan Normal

Jalur Pertumbuhan Normal ~ Jalur pertumbuhan normal sering berkaitan erat dengan berbagai  keadaan yang menunjukkan normal atau tidaknya pertumbuhan anak. Jalur pertumbuhan normal jug sering dijadikan acuan untuk menilai apa anak tersebut sudah pada tahap pertumbuhan yang normal atau belum.

Nah, sekarang tahukah anda apa itu jalur pertumbuhan normal ? Jalur pertumbuhan normal merupakan suatu garis yang dijadikan suatu acuan dalam bentuk KMS untuk mengetahui pertumbuhan anak tersebut sudah normal atau mengalami penyimpangan yang khusus.

Sedangkan cara menentukan status gizi,petugas kesehatan menggunakan standar baku Antropometri WHO tahun 2005. Dengan mengacu pada tabel yang sudah ditetapkan sesuai SK KepMenkes 1995/Menkes/SK/XII/2010.

Pada dasarnya segala kegiatan yang berhubungan dengan jalur pertumbuhan normal telah memiliki interprestasi yang ada dalam KMS yang biasanya ada pada tiap-tiap posyandu. Pada jalur pertumbuhan normal berat badan merpakan sesuatu yang dipertimbangkan.

Selain itu gizi yang selama ini dijadikan asupan makanan sudah terpenuhi atau belum menjadi slaah satu perhatian khusus dalam jalur pertumbuhan normal. Tentu saja hal tersebut terjadi tanpa alasan karena gizi merupakan sumber utama yang akan membantu seseorang berkembang dan tumbuh dnegan normal.

Dalam penentuan gizi yang ada pada kolom KMS mengacu pada beberapa kriteria yang dapat dipelajarai. Adapun kriteria itu meliputi:

  1. Gizi tetap baik
  2. Gizi yang membaik
  3. Gizi yang memburuk

Pada poin dua telah disebutkan bahwa gizi yang membaik merupakan kriteria pertama dari suatu pertumbuhan. Yang dimksud dengan gizi yang membaik adalah berat badan yang ada pada anak menunjukkan perkembangan untuk mengejar garis normal pada KMS.

Sedangkan gizi yang memburuk merupakan suatu keadaan dimana penimbangan dilakukan tanpa adanya hasil, dengan kata lain ada penyimpangan jalur pertumbuhn normal.

Namun untuk lebih gampangnya berikut cara menentukan berat badan ideal untuk anak-anak. Untuk bayi (usia 0 – 12 bulan) berat badan idealnya adalah (usia dalam bulan : 2) + 4 kg.

Contoh bayi 8 bulan = (8 : 2) + 4 = 8 kg

Sedangkan diatas 12 bulan berat badan idealnya adalah (usia dalam tahunx 2) + 8 kg.

Contoh anak 3 tahun = (3 x 2) + 8 = 14 kg.

Demikian artikel yang berjudul Pengertian Jalur Pertumbuhan Normal dan Contoh Perhitungan. Semoga artikel yang Kami sajikan mampu menambah wawasan Anda.

Leave a Reply