HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Definisi Pemerintahan Menurut Para Ahli

Pemerintahan Definisi Pemerintahan Menurut Para Ahli

Pemerintahan

Pemerintahan ~ Dalam artikel kali ini, kami IDtesis akan memberikan wawasan yang bisa dijadikan sebagai sumber refrensi yaitu definisi pemerintahan menurut para ahli. Sebelum kita memasuki pembahasan mengenai definisi pemerintahan, terlebih dahulu kita harus mengenal apa itu definisi.

Definisi adalah suatu pernyataan mengenai ciri-ciri penting suatu hal, dan biasanya lebih kompleks dari arti, makna, atau pengertian suatu hal. Ada berbagai jenis definisi, salah satunya yang umum adalah definisi perkataan dalam kamus (lexical definition).

Definisi terdiri dari:

  1. definisi nominalis
  2. definisi realis
  3. definisi praktis

Definisi nominalis ialah penjelaswan sebuah istilah dengan kata lain yang lebih umum dimengerti, contohnya demokrasi dari asal kata “ demos “ berarti rakyat, “kratos/kratein” berarti kekuasaan/ berkuasa.

Definisi realis ialah penjelasan tentang hal yang ditandai oleh sesuatu istilah, contohnya “manusia” dapat didefinisikan suatu subtansi yang terdiri atas badan dan jiwa .

Definisi praktis ialah penjelasan tentang suatu hal ditinjau dari segi kegunaan atau tujuan, contohnya lux adalah sabun bintang-bintang film.

Adapun syarat-syarat definisi, sebagai berikut :

  1. Harus menyatakan ciri-ciri hakiki dari apa yang didefinisikan. Mis, hewan adalah organisme berindra.
  2. harus merupakan suatu kesetaraan arti hal yang didefinisikan. a). Definiens tidak lebih luas dari yang didefinisikan. Misalnya, manusia adalah “organisme yang berindra” adalah terlalu luas. b). Definiens tidak lebih sempit dari yang didefinisikan. Misalnya, kursi sebagai “barang yang sekarang diduduki” adalah terlampau sempit.
  3. Harus menghidarkan pernyataan yang emuat istilah2 yang didefinisikan. Misalnya, keracunan adalah hasil akibat minum obat.
  4. Sedapat mungkin harus dinyatakan dalam bentuk rumusan yang positif. Misalnya, dinyatakan kaya bila orang itu tidak miskin.
  5. Harus dinyatakan secara singkat. Misalnya, alumunium adalah jenis logam tertentu yang bercahaya

Banyak uraian secara umum mengenai definisi yang selama ini kita dengar, akan tetapi banyak para ahli yang berpendapat bahwa definisi ialah :

  1. Definisi adalah suatu pernyataan yang memberikan arti pada sebuah kata atau frase (Solomon, hal.234)
  2. Definisi adalah sebuah penjelasan tentang arti sebuah kata (Rescher, hal.30). Penjelasan harus membuat jelas definisi yang dimaksudkan dan definisi berhubungan dengan kata bukan benda.
  3. Definisi adalah perumusan yang singkat, padat, jelas dan tepat yang menerangkan ‘apa sebenarrnya suatu hal itu’ sehingga dapat dengan jelas dimengerti dan dibedakan dari semua hal lain. (Poespoprodjo, hal. 67).

Dari penjabaran di atas dapat ditarik kesimpulan bahwa definisi mempunyai tugas untuk menetukan batas suatu pengertian dengan tepat, jelas dan singkat.

Banyak hal yang ada di sekitar kita yang dapat di definisikan, misalnya saja yang akhir-akhir ini banyak pihak yang mendefinisi mengenai pemerintahan kita. Secara umum pemerintahan didefinisikan sebagai organisasi yang memiliki kekuasaan untuk membuat dan menerapkan hukum serta undang-undang di wilayah tertentu.

Akan tetepi, tahukah anda bahwa pemerintahan memiliki definisi yang hampir tidak terhitung jumlahnya baik itu definisi dari para ahli maupun masyarakat. Berikut ini kami sajikan penjabaran definisi pemerintahan menurut para ahli :

1. J.S.T Simorangkir

 Pemerintahan adalah sebagai organ (alat) negara yang menjalankan tugas (fungsi) dan pengertian pemerintahan sebagai fungsi daripada pemerintah.

2. Muh. Kusnardi

Pemerintahan adalah segala urusan yang dilakukan oleh negara dalam menyelenggarakan kesejahteraan rakyatnya dan kepentingan yang tidak hanya menjalankan tugas eksekutif saja melainkan juga meliputi tugas-tugas lainya, termasuk legistlatif dan yudikatif.

3. U. Rosenal

Pemerintahan adalah ilmu yang menggeluti studi tentang penunjukan cara kerja kedalam dan keluar struktur dan proses pemerintahan umum.

4. H.A.Brasz

Pemerintahan diartikan sebagai ilmu yang mempelajari tentang cara bagaimana lembaga pemerintahan umum itu disusun dan difungsikan baik secara kedalam maupun keluar terhadap warganya.

5. W.S Sayre

Pemerintahan definisinya sebagai organisasi dari negara yang memperlihatkan dan menjalankan kekuasaannya.

6. R. Mac Iver

Pemerintahan adalah ilmu tentang bagaimana cara manusia-manusia dapat diperintah.

7. Syafie Inu kencana

Pemerintahan adalah ilmu yang mempelajari bagaimana melaksanakan pengurusan (eksekutif), pengaturan (legistlatif), kepemimpinan dan koordinasi pemerintahan (baik pusat dengan daerah maupun  rakyat dengan pemerintahnya) dalam berbagai peristiwa dan gejala pemerintahan, secara baik dan benar.

8. C.F.Strong

Pemerintahan adalah suatu yang mempunyai kewenangan atau kekuasaan untuk memelihara kedamaian dan keamanan negara, kedalam dan keluar.

Dalam hal ini ilmu pemerintahan juga erat kaitannya dengan pemerintahan. Menurut C.F. Strong Ilmu  Pemerintahan adalah organisasi dalam mana diletakkan hak untuk melaksanakan kekuasaan berdaulat atau tertinggi. Selanjutnya Strong menyatakan  pemerintahan itu mempunyai kekuasaan. Dalam hal ini dapat disimpulkan agar pemerintahan dapat seimbang diperlukannya ilmu yang mampu menunjang kegiatan pemerintahan itu sendiri.

Jika saat ini anda sedang kesulitan dalam  Pembuatan Disertasi, Tesis, dan Skripsi Kami IDtesis membantu anda menyelesaikan kendala dan kesulitan anda. 

Incoming search terms:

Leave a Reply