HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Definisi Ilmu Politik Menurut Para Ahli

Ilmu Politik Definisi Ilmu Politik Menurut Para Ahli

Ilmu Politik

Ilmu Politik~ Di setiap negara pasti memiliki aktivitas politik yang bertujuan untuk mensejahterahkan para rakyatnya. Akan tetapi pada saat ini banyak sekali penyimpangan-penyimpangan politik yang terjadi yang merugikan banyak rakyat.

Terutama di negara kita Indonesia, adanya penyimpangan politik yang terjadi saat ini desebabkan banyak hal misalnya saja kurangnya orientasi terhadapad tujuan politik itu sendiri atau kurang pahamnya ilmu politik.

Banyaknya masalah politik yang silih berganti bermunculan seperti korupsi tentu saja menjadi kendala yang sangat besar untuk mensejahterahkan tiap-tiap masyarakat. Sehingga kepercayaan masyarakat sendiri menurun pada penyelenggara pemerintahan tersebut

Oleh karenanya, dalam artikel kali ini IDtesis yang merupakan Jasa Pembuatan Disertasi, Tesis, Skripsi akan membahas mengenai definisi ilmu politik dari berbagai ahli.

Politik memilki arti yaitu suuatu sistem yang digunakan untuk menata suatu pemerintahan yang ada dalam suatu negara tertentu.

Sedangkan ilmu politik merupakan cabang ilmu yang ada pada ilmu sosial. Dalam ilmu sosial membahas mengenai teori serta praktik-praktik politik. Ilmu politik juga berorientasi pada akademis, teori, serta riset.

Dalam hal ini ikut mengundang pendapat para ahli, yang memaparkan pendapatnya dengan berbeda namun masih memiliki arti yang sama. Salah satunya ialah  J. K. Blintschli.

J. K. Blintschli memaparkan bahwa ilmu politik merupakan ilmu yang memiliki sangkut pautnya dengan sebuah negara. Dalam ilmu tersebut juga memepelajari tata cara memahami suatu negara serta macam-macam gerak-gerik suatu negara.

Hal yang sedikit berbeda juga dilontarkan oleh  Conley H. Dillon, Carl Leiden dan Paul D. Stewart ia menyatakan bahwa ilmu politik merupakan daya usaha manusia memimpin serta memerintah dirinya sendiri dengan tujuan untuk mendirikan suatu pemerintahan serta mengendalikan nasib sosialnya.

Sehingga dari beberapa definisi di atas dapat ditarik kesimpulan bahwa ilmu politik merupakan ilmu yang secara tidak langsung mempengaruhi sistem pemerintahan yang ada, karena dalam ilmu politik juga dijelaskan teori-teori tentang sistem negara.

Ilmu politik juga memilki ruang lingkup yang beragam. Keberagaman ruang lingkup ilmu politik di antaranya :

  1. Teori Politik
  2. Lembaga-Lembaga Politik
  3. Partai-partai, golongan (groups), dan pendapatan umum
  4. Hubungan Internasional

Demikian artikel yang membahas tentang Definisi Ilmu Politik, Penyimpangan Politik, beserta Ruanglingkup Ilmu Politik yang dapat IDtesis sajikan semoga bermanfaat dan dapat dijadikan sebagai refrensi untuk anda.

Incoming search terms:

Leave a Reply