HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Tesis Pemanfaatan Sumber Informasi oleh Mahasiswa Tahun Pertama

Judul Skripsi : Pemanfaatan Sumber Informasi dan Pilihan Perguruan Tinggi Studi Deskriptif Kualitatif tentang Pemanfaatan Sumber Informasi oleh Mahasiswa Tahun Pertama di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

A. Latar Belakang Masalah

Kondisi ekonomi masyarakat yang belum pulih akibat berbagai macam krisis yang menyebabkan harga kebutuhan bahan pokok dan biaya hidup yang kian meningkat, menjadikan pendidikan bukan prioritas utama untuk dipenuhi. Selain hal tersebut, banyaknya pemberitaan di media massa seputar tindak kriminalitas serta berbagai macam kegiatan yang bersifat negatif yang melibatkan mahasiswa sebagai pelakunya seperti narkoba, seks pra nikah dan sebagainya disinyalir menjadi salah satu faktor penyebab terjadinya penurunan jumlah animo calon mahasiswa masuk dan mengenyam pendidikan tinggi di kota gudeg ini. Kondisi ini dialami oleh hampir semua perguruan tinggi di Yogyakarta.

Bagi perguruan tinggi negeri (PTN) kedaan ini tidak terlalu berdampak signifikan terhadap perolehan jumlah mahasiswa. Berbeda dengan perguruan tinggi swasta (PTS) yang mana jumlah mahasiswa menjadi jantung kehidupan lembaga tersebut. Bagaimana tidak, jumlah mahasiswa sangat terkait erat dengan roda ekonomi PTS yang bersangkutan. Hal ini terjadi mengingat sumber pendapatan utama PTS untuk membiayai dirinya adalah pembayaran biaya pendidikan oleh para mahasiswanya. Jadi apabila jumlah mahasiswa yang diterima sedikit maka jumlah penerimaan juga sedikit. Hal ini akan menyebabkan terganggunya operasional penyelenggaraan pendidikan. Mahasiswa menjadi tumpuan utama bagi PTS untuk menyokong keberlangsungan hidup lembaga. Untuk itu berbagai upaya senantiasa dilakukan PTS untuk tetap survive dengan mencari mahasiswa sebanyak mungkin.

B. Rumusan Masalah

Dari latar belakang yang telah diuraikan sebelumnya memunculkan pertanyaan penting dalam penelitian ini, yakni tentang bagaimana cara mahasiswa tahun pertama di UMY memanfaatkan sumber informasi pada saat menentukan pilihan tempat melanjutkan studi setelah lulus SMA?

C. Tinjauan Pustaka

Penelitian Sejenis yang Pernah Dilakukan

Penelitian ini dilakukan dengan membagikan kuesioner pada mahasiswa baru yang mengikuti masa orientasi kampus sebagai rangkaian kegiatan mahasiswa baru. Dalam penelitian tersebut salah satu hal spesifik yang dilakukan menggali data mengenai sumber informasi dan alasan pemilihan UMY sebagai tempat melanjutkan studi. Namun demikian, sumber informasi tersebut baru menggambarkan asal informasi mahasiswa mengenai UMY, belum ada penjelasan lebih mendalam mengenai bagaimana para mahasiswa memanfaatkan sumber informasi pada saat dahulu mereka menentukan pilihan studi di UMY selepas SMA (buku statistik mahasiswa baru tahun 2004 – 2007, diolah).

Proses Pengambilan Keputusan Konsumen

Memahami perilaku pengguna barang atau jasa bagi setiap individu memang menjadi kerumitan tersendiri bagi perusahaan. Namun hal ini memang harus dilakukan untuk menjamin keberlangsungan usaha dalam jangka panjang. Untuk memudahkan perusahaan melakukan analisis terhadap para penggunanya,lazimnya perusahaan akan mengelompokkan mereka ke dalam kategori tertentu. Sebelum memulai sebuah aktifitas dalam kegiatan pendekatan terhadap pasar maka perusahaan perlu secara jelas membidik sasaran yang dituju.

Promosi Organisasi dan Pemanfaatan Sumber Informasi

Kegiatan promosi atau komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh setiap perusahaan atau organisasi akan berbeda satu dengan yang lain. Perbedaan ini disebabkan oleh kondisi yang berbeda dari masing-masing lembaga tersebut. Untuk memahami perbedaan kondisi tersebut dapat mendasarkan pada penjelasan Kotler (2000 : 304) tentang product life cycle.

D. Metode Penelitian

Dalam kajian perilaku konsumen, proses pengambilan keputusan sangat dipengaruhi oleh berbagai hal. Sebelum konsumen memutuskan untuk menggunakan suatu produk atau jasa akan melalui serangkaian tahapan. Tahap yang krusial dalam proses tersebut adalah tahap pencarian informasi dan pemrosesan informasi. Hal ini sangat erat terkait dengan darimana dan bagaimana konsumen mendapatkan serta memproses informasi yang relevan. Studi yang dilakukan ini menggunakan metode penelitian kualitatif.

Data diperoleh dengan melakukan wawancara dan dokumen yang relevan dengan penelitian ini. Informan penelitian ini dipilih berdasarkan pada kesesuaian dengan permasalahan dan tujuan penelitian yang hendak dicapai. Analisis data dilakukan sejak data dikumpulkan, dikelompokkan dan disajikan. Triangulasi data dilakukan dengan teknik triangulasi sumber atau data.

E. Kesimpulan

1. Sumber informasi yang diperoleh informan pada saat menentukan pilihan tempat studi ke Universitas Muhammadiyah Yogyakarta lebih didominasi melalui saudara, teman, brosur atau leaflet, dan internet. Peran saudara sebagai sumber informasi terutama dilakukan oleh kakak atau kerabat dekat lain seperti paman, yang memberikan informasi tentang Universitas Muhammadiyah Yogyakarta dengan cara bertutur/bercerita tentang apa yang diketahuinya ataupun apa yang dialami dalam proses perkuliahan di jurusan masing-masing.

2. Kesadaran menggunakan internet oleh informan sebagai media pencarian informasi sudah tumbuh. Namun pemanfaatan internet sebagai media pencarian informasi mengenai kampus atau jurusan dalam rangka keperluan menempuh studi lanjut masih belum optimal. Internet digemari informan untuk keperluan hiburan seperti mencari lirik lagu maupun mengunjungi situs jejaring sosial.

3. Brosur atau leaflet menjadi media pelengkap bagi para informan dalam mencari informasi tentang perguruan tinggi. Kecenderungannya, informan melihat pada tampilan brosur atau leflet tersebut seperti tata letak, gambar, pengaturan huruf. Mereka juga lebih senang dengan tampilan brosur yang didalamnya berisi testimoni nyata para lulusan yang sudah berhasil seperti memiliki posisi penting dalam berbagagai bidang kerja yang ditekuni.

4. Teman menjadi sumber informasi yang dominan. Informasi yang mengalir melalui media ini dengan mengambil bentuk obrolan untuk keperluan sharing atau memberikan advise mengenai peguruan tinggi. Informasi dari teman lebih dipercaya informan disebabkan mereka memiliki kesamaan tujuan dan pola pikir sehingga interaksinya menjadi lebih mudah.

Leave a Reply