HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Tesis Pemanfaatan Sumber Belajar dan Motivasi dgn Prestasi Belajar

Judul Tesis : Pengaruh Pemanfaatan Sumber Belajar dan Motivasi dengan Prestasi Belajar Mata Kuliah Askeb II Mahasiswa Prodi D III Kebidanan Kusuma Husada Surakarta

 

A. Latar Belakang

Seiring dengan perubahan paradigma pembelajaran, maka keberhasilan kegiatan proses belajar mengajar di Perguruan Tinggi tidak hanya ditentukan oleh faktor pengajar atau dosen melainkan sangat dipengaruhi oleh keaktifan mahasiswa. Kurikulum baru tahun 2004 mempertegas bahwa proses pembelajaran harus berpusat pada peserta belajar, pengajar bukan sebagai satu-satunya sumber belajar atau sumber informasi dalam pembelajaran. Selain sumber belajar berupa perpustakaan yang tersedia di Kampus sekarang ini berkembang teknologi internet yang memberikan kemudahan dan keleluasaan dalam menggali ilmu pengetahuan. Melalui internet mahasiswa dapat mengakses berbagai literatur dan referensi ilmu pengetahuan yang dibutuhkan dengan cepat sehingga dapat mempermudah proses studinya (Dep.Kes RI, 2004).

Proses pendidikan bidan perlu ditanamkan sejak dini sikap ilmiah yaitu kemampuan untuk berfikir kritis dan analitis, bersikap selektif terhadap segala informasi yang membanjirinya dan sikap kemandirian dalam belajar guna menghadapi perkembangan IPTEK yang semakin pesat. Tidak memungkikan lagi seorang pendidik untuk mengajarkan semua konsep atau fakta kepada mahasiswa, disamping tidak mungkin juga terbatas dalam menampung ilmu. Kemandirian belajar mahasiswa tercermin pada keaktifan mahasiswa dalam memanfaatkan sumber belajar (As’ari, 2007).

 

B. Rumusan Masalah

Apakah ada pengaruh pemanfaatan sumber belajar ( Perpustakaan, Internet, Laboratorium ) dan motivasi dengan prestasi belajar mata kuliah Asuhan Kebidanan II mahasiswa Program Studi D III STIKES Kusuma Husada Surakarta tahun 2009/2010?

 

C. Tinjauan Pustaka

Pengertian Sumber Belajar

Edgar Dale (1969) dalam As’ari (2007) seorang ahli pendidikan mengemukakan sumber belajar adalah, ‘ segala sesuatu yang dapat dimanfaatkan untuk memfasilitasi belajar seseorang.’ Pendapat lain dikemukakan oleh Association Educational Comunication and Tehnology (AECT) (1977) yaitu ‘ berbagai atau semua sumber baik berupa data, orang dan wujud tertentu yang dapat digunakan siswa dalam belajar, baik secara terpisah maupun terkombinasi sehingga mempermudah siswa dalam mencapai tujuan belajar.

Pengertian Motivasi

Huitt (2001) mengatakan motivasi adalah suatu kondisi atau status internal (kadang-kadang diartikan sebagai kebutuhan, keinginan, atau hasrat) yang mengarahkan perilaku seseorang untuk aktif bertindak dalam rangka mencapai suatu tujuan. Jadi ada tiga kata kunci tentang pengertian motivasi menurut Huitt (2001), yaitu:

  • kondisi atau status internal itu mengaktifkan dan memberi arah pada perilaku seseorang
  • keinginan yang memberi tenaga dan mengarahkan perilaku seseorang untuk mencapai suatu tujuan
  • Tingkat kebutuhan dan keinginan akan berpengaruh terhadap intensitas perilaku seseorang.

 

Pengertian Prestasi Belajar

Pengertian prestasi belajar menurut Sutratinah (2001) adalah penilaian hasil usaha kegiatan belajar yang dinyatakan dalam bentuk symbol, angka, huruf maupun kalimat yang dapat mencerminkan hasil yang telah dicapai oleh setiap anak dalam periode tertentu. Misalnya tiap catur wulan atau semester.

Hubungan Pemanfaatan Sumber Belajar terhadap Prestasi Belajar Askeb II

Keberhasilan mahasiswa dalam kegiatan belajar secara formal akan tercermin dalam pencapaian prestasi belajar mahasiswa pada setiap mata kuliah yang diajarkan di bangku kuliah, secara garis besar prestasi belajar dipengaruhi oleh faktor yang berasal dari dalam diri pembelajar atau disebut faktor internal, yakni meliputi kecerdasan emosi, minat, bakat, kemauan dan lain sebagainya, sedangkan faktor yang berasal dari luar diri pembelajar meliputi : lingkungan belajar, pengelolaan kelas, sumber belajar, kondisi belajar dan kurikulum.Pemanfaatan sumber belajar yang optimal akan berdampak pada capaian prestasi mahasiswa yang bersangkutan (Dading, 2005).

Hubungan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Askeb II

Menurut Sudarwan Danim (2004) motivasi diartikan sebagai kekuatan, dorongan, kebutuhan, semangat, tekanan, atau mekanisme psikologis yang mendorong seseorang atau sekelompok orang untuk mencapai prestasi tertentu sesuai dengan apa yang dikehendakinya. Motivasi paling tidak memuat tiga unsur esensial, yakni :

  • faktor pendorong atau pembangkit motif, baik internal maupun eksternal
  • tujuan yang ingin dicapai
  • strategi yang diperlukan oleh individu atau kelompok untuk mencapai tujuan tersebut.

 

D. Metode Penelitian

Penelitian ini merupakan penelitian observasional analitik dengan pendekatan cross sectional. Populasi mahasiswa tingkat II semester 4 Prodi D III Kebidanan STIKES Kusuma Husada Surakarta dengan jumlah total 96 mahsiswa.

Data diperoleh dengan menyebarkan angket dan dokumentasi berupa nilai KHS mahasiswa.

 

E. Kesimpulan

  1. Ada pengaruh positif yang signifikan antara pemanfaatan sumber belajar dengan prestasi belajar mata kuliah Asuhan kebidanan II, yaitu semakin sering memanfaatkan sumber belajar maka prestasi yang diperoleh semakin baik pula.
  2. Ada pengaruh positif yang signifikan antara motivasi dengan prestasi belajar asuhan kebidanan II, yaitu semakin tinggi motivasi mahasiswa maka semakin baik pula prestasi yang diperolehnya.
  3. Terdapat pengaruh positif yang signifikan antara pemanfaatan sumber belajar dan motivasi dengan prestasi mata kuliah Asuhan Kebidanan II, yaitu semakin sering memanfaatkan sumber belajar dan semakin tinggi motivasi belajar maka akan mencapai prestasi yang sangat baik.

Leave a Reply