HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Pembahasan Lengkap Teori Sistem Informasi Teknologi Informasi Menurut Para Ahli dan Contoh Tesis Sistem Informasi Teknologi Informasi

A. Gambaran dari Sistem Informasi Teknologi Informasi

Definisi Sistem Informasi Teknologi Informasi

Menurut Lani Sidharta (1995: 11), “Sebuah sistem informasi adalah sistem buatan manusia yang berisi himpunan terintegrasi dari komponen – komponen manual dan komponen – komponen terkomputerisasi yang bertujuan untuk mengumpulkan data, memproses data, dan menghasilkan informasi untuk pemakai”

Martin (1999), “Teknologi Informasi tidak hanya terbatas pada teknologi komputer (perangkat keras atau lunak) yang digunakan untuk memproses dan menyimpan informasi, melainkan juga mencakup teknologi komunikasi untuk mengirimkan informasi”.

Pembahasan Lengkap Teori Sistem Informasi Teknologi Informasi Menurut Para Ahli dan Contoh Tesis Sistem Informasi Teknologi Informasi

Williams dan Swayer (2003),”Teknologi Informasi adalah teknologi yang menggabungkan komputasi (komputer) dengan jalur komunikasi berkecepatan tinggi yang membawa data, suara dan video”.

Perkembangan Informasi Teknologi

Perkembangan informasi teknologi sangat pesat bahkan di pelosok-pelosok yang dulunya belum merasakan teknologi pun sekarang bisa menikmati layanan informasi teknologi scara online.

Teknologi informasi muncul sebagai akibat semakin merebaknya globalisasi dalam kehidupan organisasi, semakin kerasnya persaingan bisnis, semakin singkatnya siklus hidup barang dan jasa yang ditawarkan, serta meningkatnya tuntutan selera konsumen terhadap produk dan jasa yang ditawarkan. Untuk mengantisipasi semua ini, perusahaan mencari terobosan baru dengan memanfaatkan teknologi. Teknologi diharapkan dapat menjadi fasilitator dan interpreter. Semula teknologi informasi digunakan hanya terbatas pada pemrosesan data. Dengan semakin berkembangnya teknologi informasi tersebut, hampir semua aktivitas organisasi saat ini telah dimasuki oleh aplikasi dan otomatisasi teknologi informasi.

 

Teori-teori dari gambar Sistem Informasi Teknologi Informasi

Perbedaan Sistem Informasi dan Tekonologi Informasi

Seringkali kita bingung untuk membedakan antara sistem informasi dengan teknologi informasi. Agar lebih mengerti, kita pelajari dahulu pengertian dari  sistem informasi dengan teknologi informasi ini.

Pengertian Sistem Informasi (SI) adalah kombinasi dari teknologi informasi dan aktivitas orang yang menggunakan teknologi itu untuk mendukung operasi dan manajemen. Dalam arti yang sangat luas, istilah sistem informasi yang sering digunakan merujuk kepada interaksi antara orang, proses algoritmik, data, dan teknologi.

Pengertian Teknologi Informasi adalah suatu teknologi yang digunakan untuk mengolah data, termasuk memproses, mendapatkan, menyusun, menyimpan, memanipulasi data dalam berbagai cara untuk menghasilkan informasi yang berkualitas, yaitu informasi yang relevan, akurat dan tepat waktu, yang digunakan untuk keperluan pribadi, bisnis, dan pemerintahan dan merupakan informasi yang strategis untuk pengambilan keputusan.

Teknologi Informasi tidak hanya terbatas pada teknologi komputer (software & hardware) yang digunakan untuk memproses atau menyimpan informasi, melainkan juga mencakup teknologi komunikasi untuk mengirimkan informasi (Martin, 1999). Semua bidang membutuhkan teknologi informasi, baik hukum, ekonomi, perbankan, kesehatan, dll.

Kemudian, perbedaan antara Teknologi Informasi dengan Sistem Informasi yaitu Sistem informasi mencangkup seluruh sistem didalam perusahaan secara keseluruhan termasuk teknologi informasi,akuntansi, manajemen, dll di dalamnya, sedangkan teknologi informasi ada untuk membantu/menunjang kegiatan sistem informasi, diantaranya pembuatan hardware, software, network, database, dll.

Pemanfaatan Teknologi Informasi

Trend TI mengarah pada pemanfaatan teknologi komputer dan teknologi terkait dalam mengintegrasikan suatu data, gambar, grafik dan suara sehingga menghasilkan suatu  informasi  secara komprehensif. Informasi yang dihasilkan akan ditransfer melalui suatu jaringan (networking) ke tempat lainnya dan  menghasilkan keluaran (ouput) yang sama.

Disamping itu pula, untuk perusahaan tergolong menengah ke atas, kecendrungan untuk membeli suatu paket aplikasi piranti lunak secara terpadu sehingga suatu perusahaan dapat menerapkannya secara terintegrasi kekeseluruhan fungsi – fungsi / departemen yang ada pada organisasi tersebut.

Pembahasan Lengkap Teori Sistem Informasi Teknologi Informasi Menurut Para Ahli dan Contoh Tesis Sistem Informasi Teknologi Informasi

 

Degan semakin besar peranan teknologi jaringan dengan cakupan dunia atau Wide Area Network (WAN) atau sekarang populer dikenal dengan Internet, penyebaran informasi baik untuk program pendidikan (Cyber Education), maupun untuk transaksi perdagangan (Electronic Business) serta komunikasi jarak jauh (Telephony/ Video Confrence) dapat dengan mudah dilakukan secara efektif dan biaya yang efisien.

Sejalan dengan pemberlakuan otonomi daerah, hal tersebut juga akan dimanfaatkan oleh pemerintah daerah melalui informasi dalam pengembangan Cyber City untuk dapat lebih mempromosikan potensi daerah, seni budaya dan investasi apa saja yang dapat dimanfaatkan oleh investor dari mancanegara.

Contoh Tesis yang membahas tentang Sistem Informasi Teknologi Informasi

Contoh Tesis 1 : Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi oleh Pegawai Di Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi (TIK),untuk mengetahui kendala dan solusi oleh pegawai di Bagian Umum, Kepegawaian, sertaAdministrasi Data dan Pelaporan di Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta.

Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Analisis data menggunakan model Miles Huberman. Penelitian ini dilaksanakandi Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta. Metode pengumpulan data menggunkan wawancara, observasi, dan studi dokumen. Uji keabsahan data dengan triangulasi metode. Subjek penelitian ini adalah Kepala Sub Bagian Umum, Pegawai BagianKepegawaian, Kepala Sub Bagian Administrasi Data dan Pelaporan.

Hasil penelitian pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi oleh pegawai di Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta menunjukan sebagai berikut: (1)Di Sub Bagian Umum dan Kepegawaian,adalah program pokok lebih sering digunakan untuk menyelesaikan tugas pokok dan fungsi harian dibandingkan program pengembangan yang bersifat isidental, (2) Di Sub Bagian Administrasi Data dan Pelaporan para pegawai lebih rutin menggunakan program pengembangandibandingkan dengan program pokok. Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) oleh pegawai di Dinas memiliki kendala yakni: (1) Software Sistem Informasi Manajemen yang baru dari pemerintah pusat tidak diiringi dengan pelatihan secara menyeluruh untuk pegawai, (2) Pelimpahan beban kerja dari pegawai satu ke pegawai yang lebih terampil, (3) Adanya pelatihan pengenalan software baru hanya bersifat formalitas tanpa memperhatikan hasil ketercapaian peserta. Adapun solusinya sebagai berikut: (1) Diadakan pelatiahan software secara menyeluruh sesuai tupoksi, (2) Pelatiha software menjadi acuan peningkatan golongan jabatan, (3) Pemberian reward bagi pegawai yang menyelesaikan tugas dengan tepat waktu.

 

Contoh Tesis 2 : Sistem Informasi Manajemen Berbasis Teknologi Informasi di Kantor Urusan Agama Kecamatan Seyegan Kabupaten Sleman

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan sistem informasi manajemen berbasis teknologi informasi di KUA Kecamatan Seyegan Kabupaten Sleman dan faktor-faktor yang mempengaruhinya.

Desain penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Instrumen penelitian adalah peneliti sendiri dengan menggunakan alat bantu pedoman wawancara dan pedoman observasi. Teknik pengumpulan data dengan cara wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik triangulasi sumber digunakan untuk mengecek keabsahan data penelitian. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan empat tahap yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan sistem informasi manajemen berbasis teknologi informasi di KUA Kecamatan Seyegan belum efektif dan efisien. Terdapat dua aplikasi yang digunakan di KUA Kecamatan Seyegan dalam mendukung sistem informasi manajemen yaitu SIMKAH (Sistem Informasi Manajemen Nikah) dan SIWAK (Sistem Informasi Wakaf), adanya kekurangan dan hambatan dalam penggunaan aplikasi tersebut sehingga belum berjalan secara optimal. Hambatan yang dihadapi yaitu sarana dan prasarana yang masih kurang terutama alat pendukung aplikasi tersebut serta kurangnya sosialisasi kepada masyarakat.

 

Contoh Tesis 3 : Perencanaan Strategis Sistem Informasi Dan Teknologi Informasi Pada Badan Ketahanan Pangan dan Penyuluhan Provinsi Nusa Tenggara Timur

Kunci kesuksesan dari integrasi Sistem Informasi dan Teknologi Informasi (SI DAN TI) sangat ditentukan jika ada keselarasan antara Perencanaan Strategis Sistem Informasi dan Teknologi Informasi dengan tujuan bisnis organisasi. Perencanaan Strategis bermanfaat untuk menyelaraskan arah dan prioritas SI DAN TI sesuai prioritas bisnis, menciptakan manajemen yang efektif efisien, dan mengidentifikasi peluang SI DAN TI untuk keunggulan kompetitif dan peningkatan nilai bisnis. Badan Ketahanan Pangan dan Penyuluhan (BKPP) mempunyai tugas melaksanakan penyusunan dan pelaksanaan kebijakan daerah di bidang ketahanan pangan dan penyuluhan yang secara tidak langsung berhubungan dengan beberapa dinas di NTT yaitu Dinas Pertanian dan Perkebunan, Dinas Perikanan dan Kelautan, dan Dinas Kehutanan yang telah menerapkan SI / TI meskipun tidak optimal, yaitu Sistem informasi Keuangan yang terkoneksi dengan Dinas Pendapatan Daerah, Sistem Informasi Ketahanan Pangan (SIKAP) Situs Web dan Aplikasi Pelaporan yang terhubung langsung dengan stakeholder.

Dalam penelitian ini, penulis akan membuat Perencanaan Strategis Sistem Informasi dengan pendekatan Metode Ward and Peppard dan sebagai implementasi kinerja alat ukur digunakan beberapa alat analisis yang digunakan adalah PEST, SWOT, Value Chain, CSF, McFarlan Strategic Grid dan Balanced Scorecard dan analisis beban kerja. Yang dihasilkan dari penelitian Perencanaan Strategis Sistem Informasi dan Teknologi Informasi adalah strategi SI, strategi TI dan strategi manajemen SI DAN TI bagi BKPP Provinsi NTT.

 

Contoh Tesis 4 : Pengaruh Teknologi Informasi dalam Sistem Informasi Akuntansi Dan Budaya Organisasi  Terhadap Kinerja Karyawan PT. POS  (Studi pada PT. POS INDONESIA (Persero) Cabang Bandung)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya pengaruh teknologi sistem informasi akuntansi dan budaya organisasi terhadap kinerja karyawan pada PT POS INDONESIA (Persero).

Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dan verifikatif dengan menggunakan data primer. Teknik sampling yang digunakan adalah probability sampling dengan metode random sampling. Analisis statistik yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji asumsi klasik, analisis regresi, korelasi, pengujian hipotesis dengan menggunakan uji t dan uji F serta analisis koefisien determinasi. Banyaknya populasi penelitian adalah 110 orang, sampel penelitian yang digunakan adalah 86 orang dengan sumber data yang diperoleh melalui hasil pengisian kuesioner.

Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dapat diketahui bahwa secara parsial teknologi sistem informasi akuntansi dan budaya organisasi berpengaruh terhadap kinerja karyawan. Dimana besarnya pengaruh teknologi informasi dalam sistem informasi akuntansi sebesar 24,6%, dan budaya organisasi sebesar 34,2% terhadap kinerja karyawan. Secara simultan teknologi sistem informasi akuntansi dan budaya organisasi berpengaruh terhadap kinerja karyawan sebesar 58,8% sedangkan sisanya yaitu sebesar 41,2% merupakan pengaruh faktor lain di luar ketiga variabel independen yang sedang diteliti, seperti faktor kepercayaan atas sistem informasi akuntansi.

 

Contoh Tesis 5 : Pengaruh Informasi Akuntansi, Pemanfaatan Teknologi Informasi, Dan Sistem Akuntansi  Manajemen Terhadap Kinerja Manajerial (Survey pada Jajaran Pimpinan Universitas Muhammadiyah Surakarta)

Persaingan bisnis yang meningkat dewasa ini menuntut perusahaan untuk memanfaatkan kemampuan yang ada semaksimal mungkin agar unggul dalam persaingan. Manajemen perlu memiliki kemampuan untuk melihat dan menggunakan peluang, mengidentifikasi masalah dan menyeleksi serta mengimplementasikan proses adaptasi dengan tepat. Penggunaan teknologi informasi akuntansi diharapkan dapat memberi manfaat yang besar terhadap dunia bisnis yang sangat kompetitif tersebut. Pengembangan sistem informasi akuntansi manajemen merupakan salah satu bentuk aktivitas pendukung yang memiliki peran penting. Sistem tersebut menyediakan manajemen untuk mengelola sumber daya fisik suatu perusahaan.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh informasi akuntansi, pemanfaatan teknologi informasi, sistem akuntansi manajemen terhadap Kinerja Manajerial. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah pimpinan yang ada pada Universitas Muhammadiyah Surakarta, yang terdiri dari Dekan, dan Wakil Dekan. Dasar pengambilan sampel dalam penelitian ini sebanyak 48 sampel yang merupakan para impinan yang ada pada Universitas Muhammadiyah Surakarta, yang terdiri dari Dekan, dan Wakil Dekan.

Hasil penelitian menunjukkan pengaruh variabel Informasi Akuntansi, Pemanfaatan Teknologi Informasi, Sistem Akuntansi Manajemen adalah positif terhadap kinerja Manajerial. Hal ini menunjukkan bahwa ketiga variabel tersebut mampu meningkatkan kinerja Manajerial. Hasil uji F sebesar 11,919 dengan nilai signifikansi 0,000 menunjukkan bahwa Informasi Akuntansi, Pemanfaatan Teknologi Informasi, dan Sistem Akuntansi Manajemen secara bersama-sama mempengaruhi variabel dependennya yaitu kinerja Manajerial, Hasil Uji t menyimpulkan Informasi Akuntansi, Pemanfaatan Teknologi Informasi, dan terbukti berpengaruh terhadap variabel kinerja Manajerial (Y). Sedangkan variabel Sistem Akuntansi Manajemen terbukti tidak berpengaruh terhadap variabel kinerja Manajerial .

 

Contoh Tesis 6 : Sistem Informasi Manajemen Berbasis Teknologi Informasi Di Kantor Urusan Agama Kecamatan Seyegan Kabupaten Sleman

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan sistem informasi manajemen berbasis teknologi informasi di KUA Kecamatan Seyegan Kabupaten Sleman dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Desain penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Instrumen penelitian adalah peneliti sendiri dengan menggunakan alat bantu pedoman wawancara dan pedoman observasi. Teknik pengumpulan data dengan cara wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik triangulasi sumber digunakan untuk mengecek keabsahan data penelitian. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan empat tahap yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan sistem informasi manajemen berbasis teknologi informasi di KUA Kecamatan Seyegan belum efektif dan efisien. Terdapat dua aplikasi yang digunakan di KUA Kecamatan Seyegan dalam mendukung sistem informasi manajemen yaitu SIMKAH (Sistem Informasi Manajemen Nikah) dan SIWAK (Sistem Informasi Wakaf), adanya kekurangan dan hambatan dalam penggunaan aplikasi tersebut sehingga belum berjalan secara optimal. Hambatan yang dihadapi yaitu sarana dan prasarana yang masih kurang terutama alat pendukung aplikasi tersebut serta kurangnya sosialisasi kepada masyarakat.

 

Contoh Tesis 7 : Penerapan Sistem Informasi Akuntansi Berbasis Teknologi Informasi dengan Metode Commercial Off-The Shelf Package Software dengan Software MYOB pada CV. Amita

Penelitian ini dilakukan untuk membuktikan bahwa penerapan sistem informasi akuntansi akan membantu kinerja perusahaan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengimplementasikan sistem informasi akuntansi berbasis TI pada perusahaan yang masih menggunakan sistem manual serta mengatur pembagian Job Description dan wewenang yang ada. Pengimplementasian sistem informasi akuntansi dilakukan dengan menggunakan metode Commercial Off-The-Shelf Package Software (COTS), program Minding Your Own Business (MYOB). Hasilnya kinerja dari perusahaan tersebut pun menjadi lebih efektif dan efisien, serta memberikan kepraktisan dalam pengerjaan segala sesuatuya.

 

Contoh Tesis 8 : Analisis Tata Kelola Teknologi Informasi pada Lembaga Kursus dan Pelatihan

Perkembangan teknologi informasi yang semakin cepat sangat mempengaruhi kegiatan usaha manusia di bidang apapun khususnya bidang bisnis. Saat ini tidak dapat dipungkiri bahwa informasi menjadi salah satu sumber daya utama pada suatu perusahaan untuk meningkatkan daya saing terhadap para pesaingnya. Oleh sebab itu, setiap perusahaan mencoba untuk menerapkan teknologi informasi agar dapat meningkatkan efektifitas dan efesiensi dalam proses bisnis, hal ini bertujuan agar mampu memberikan nilai tambah yaitu berupa competitive advantage dalam persaingan bisnis.Banyak hal yang berkaitan dengan pemanfaatan teknologi informasi yang digunakan belum optimal. Maka dari itu penulis berusaha menganalisa kinerja atau kegiatan institusi Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP) tersebut terkait pemanfaatan teknologi informasi, agar dapat memberikan suatu pemikiran yang berdasarkan Best Practices standar COBIT 4.1 sehingga dapat dijadikan bahan pertimbangan dalam mengambil keputusan strategis.Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP) Terra Computer System dan Adi Wahana Informatika di Kota Kediri telah menerapkan tata kelola teknologi informasi pada level Repeatable but Intuitif. Hasil pengolahan kuesioner mendapati nilai rata-rata untuk domain Plan and Organise (PO) dan Acquire and Implement (AI) adalah antara 1,50 – 2,49 dari rentang nilai 0 sampai 5.

 

Contoh Tesis 9 : Pengembangan Sistem Informasi Akademik Tugas Akhir Skripsi (Siatas) Online Jurusan Pendidikan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta

Tujuan penelitian ini dirancang untuk (1) mengembangkan sistem informasi akademik skripsi (SIATAS) online di Jurusan Pendidikan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Yogyakarta, dan (2) Mengetahui kualitas kelayakan sistem informasi akademik produk tesis (SIATAS) online. Penelitian ini menghasilkan sistem informasi akademik skripsi (SIATAS) online pendidikan teknik elektro termasuk manualnya. Ini adalah penelitian dan pengembangan pendekatan menggunakan metode Pressman dengan beberapa langkah: (1) analisis, (2) desain, (3) coding, dan (4) pengujian. Kuesioner digunakan untuk menentukan kelayakan produk dari sistem informasi dan pemrograman. 21 mahasiswa Pendidikan Teknik Elektro FT UNY adalah sebagai subjek penelitian dalam penelitian ini. Data dianalisis dengan metode deskriptif yang disajikan dalam distribusi frekuensi dan grafik. Hasil penelitian diperoleh: (1) kualitas sistem informasi akademik tesis (SIATAS) online pendidikan teknik elektro, yang meliputi kualitas sistem informasi dalam kategori sangat layak, sedangkan kualitas pemrogramannya dalam kategori layak, (2) Kelayakan produk SIATAS pada fase pengujian awal adalah produk dalam kategori sangat layak dan pada akhir tahap pengujian adalah produk dalam kategori sangat layak.

 

Contoh Tesis 10 : Penerapan Teknologi Informasi di Perpustakaan Umum Multimedia Provinsi Sulawesi Selatan

Dalam penelitian ini, penulis menggunakan penelitian deskriptif yakni untuk mendeskripsikan mengenai fakta-fakta dan sifat-sifat hubungan antar fenomena yang diselidiki. Dengan metode kualitatif yakni untuk memahami fenomena tentang apa yang dialami subjek penelitian dengan cara mendeskripsikan dan mengumpulkan data melalui kepustakaan dan lapangan dengan teknik wawancara, dokumentasi dan observasi dengan 5 orang informan sebagai sumber data.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan teknologi informasi di Perpustaaan Umum Multimedia Provinsi Sulawesi Selatan 2014 terdiri 2 komponen yaitu perangkat keras dan perangkat lunak untuk melakukan segala aktifitas perpustakaan dari pengolahan, pengadaan dan pelayanan informasi, Perangkat keras diterapkan dalam proses pengolahan seperti komputer, scnner, dan printer dan perangkat lunak yang diterapkan di Perpustakaan Umum Multmedia Provinsi Sulawesi Selatan yaitu My SIPISIS-Pro. Unit-unit kegiatan khusus yang dilakukan para pengelola atau pustakawan dalam penerapan teknologi informasi pada tahun 2014 yaitu diseminasi informasi, degitalisasi koleksi, pengembangan web dan pengembangan otomasi.

 

Leave a Reply

×
Hallo ????

Ada yang bisa di bantu?