HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Skripsi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation untuk Mengapresiasi Cerita Rakyat

Judul Skripsi : Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) untuk Meningkatkan Kemampuan Mengapresiasi Cerita Rakyat Pada Siswa Kelas X F SMA Negeri 1 Gemolong Kabupaten Sragen

 

A. Latar Belakang

Kegiatan pembelajaran sastra khusunya memahami cerita rakyat diharapkan dapat mencapai hasil yang maksimal. Semua siswa diharapkan dapat mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) y ang sudah ditetapkan di SMA N 1 Gemolong sebesar 68. Masalah rendahnya kompetensi sastra khususnya memahami cerita rakyat pada siswa kelas X F tersebut perlu diberi pemecahan berupa usaha untuk meningkatkan kompetensi dasar tersebut.

Dari uraian yang telah diungkapkan di atas, maka penelitian tentang pembelajaran cerita rakyat pada siswa kelas X F di SMA N 1 Gemolong ini perlu segera dilaksanakan.

 

B. Rumusan Masalah

  1. Bagaimanakah proses penerapan model pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) dalam pembelajaran mengapresiasi cerita rakyat pada kelas X F SMA N 1 Gemolong?
  2. Apakah penerapan model pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) dapat meningkatkan kemampuan mengapresiasi cerita rakyat?

 

C. Kajian Teori

Pengertian Apresiasi

Kata apresiasi secara harfiah berarti “penghargaan” terhadap suatu objek, hal, kejadian, atau pun peristiwa. Apabila yang dimaksud sesuatu itu karya sastra maka apresiasi artinya menghargai karya sastra baik prosa maupun puisi dengan sebaikbaiknya. Untuk dapat memberi penghargaan terhadap karya sastra, harus mengenal karya sastra itu dengan baik. Tujuan mengenal karya sastra dengan baik adalah agar dapat bertindak dengan seadil-adilnya terhadap karya tersebut. Dengan demikian, diharapkan dalam pemberian penghargaan dapat objektif.

Pembelajaran kooperatif

Pembelajaran kooperatif merupakan sebuah kelompok strategi pengajaran yang melibatkan siswa bekerja secara berkolaborasi untuk mencapai tujuan bersama (Enggen and Kauchak, 1996: 279). Pembelajaran kooperatif disusun dalam sebu ah usaha untuk meningkatkan p artisipasi siswa, memfasilitasi siswa dengan pengalaman sikap kepemimpinan dan membuat keputusan dalam kelompok, serta memberikan kesempatan pada siswa untuk berinteraksi dan belajar bersama–sama siswa yang berbeda latar belakangnya. Jadi dalam pembelajaran kooperatif siswa berperan ganda yaitu sebagai siswa ataupun sebagai guru. Dengan bekerja secara kolaboratif untuk mencapai sebuah tujuan bersama, maka siswa akan mengembangkan keterampilan berhubungan dengan sesama manusia yang akan sangat bermanfaat bagi kehidupan di luar sekolah.

Pengertian Group Investigation (GI)

Model pembelajaran kelompok investigasi (group investigation) adalah suatu model pembelajaran yang memberikan kemungkinan siswa untuk mengembangkan pemahaman siswa melalui berbagai kegiatan dan hasil belajar sesuai pengembangan yang dilalui siswa (Al Krismanto, 2003: 7). Group Investigation merupakan perencanaan pengaturan kelas yang umum di mana para siswa bekerja dalam kelompok kecil menggunakan pertanyaan kooperatif, diskusi kelompok, perencanaan dan proyek ( Sharan dan Sharan dalam Slavin, 2009: 24). Menurut Setiawan (2006: 7), dalam investigasi siswa dituntut untuk lebih aktif dalam mengembangkan sikap dan pengetahuannya tentang materi yang dipelajari sesuai dengan kemampuan masing-masing, sehingga memberikan hasil yang lebih bermakna pada siswa.

 

D. Metode Penelitian

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang diaksanakan dalam tiga siklus dan tiap-tiap siklus terdiri dari perencanaan (planning), tindakan (action), pengamatan (observation), dan refleksi (reflection).

Subyek penelitian adalah siswa kelas XF SMA Negeri 1 Gemolong Kabup aten Sragen tahun pelajaran 2009/2010. Sumber data diperoleh dari guru dan siswa, tempat dan peristiwa berlangsungnya aktivitas pembelajaran dan dokumentasi.

Teknik dan alat pengumpulan data menggunakan angket, observasi, dan wawancara.

Validitas data menggunakan trianggulai sumber data. Analisis data menggunakan analisis kualitatif.

 

E. Simpulan

1. Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) dalam pembelajaran mengapresiasi cerita rakyat pada kelas X F SMA N 1 Gemolong dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam KBM. Siswa lebih antusias dalam mengikuti pembelajaran karena secara langsung siswa dilibatkan mulai pemilihan topik, pengumpulan informasi, penyiapan laporan, pembuatan laporan, presentasi, dan evaluasi. Guru tidak lagi mendominasi pembelajaran.

Sebelum guru menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe GI yaitu dan masih menggunakan metode ceramah, siswa kurang tertarik dan kurang antusias siswa pasif. Kemudian guru menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe GI sehingga siswa tertarik dan antusias dalam mengikuti KBM. Selain itu, guru juga memilih bahan dan sumber pembelajaran dari beberapa sumber tidak hanya dari buku paket. Media yang digunakan guru tidak hanya papan tulis, kapur, spidol, tetapi juga menggunakan LCD sehingga siswa lebih tertarik dalam mengikuti KBM.

2. Melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) ternyata dapat meningkatkan hasil kemampuan mengapresiasi cerita rakyat pada siswa kelas X F SMA N 1 Gemolong. Hal ini dapat ditunjukkan dari hasil nilai kemampuan mengapresiasi cerita rakyat siswa dari pratindakan, siklus I, siklusII, dan siklus III. Nilai rata-rata pratindakan adalah 64,16 naik menjadi 68,32 pada silus I. Siklus II nilai rata-rata 72,65 dan siklus III nilai rata-rata menjadi 80,16.

Jumlah siswa yang memenuhi KKM juga mengalami kenaikan. Pada pratindakan siswa yang memenuhi KKM hanya 10 siswa sedangkan 21 siswa di bawah KKM. Setelah dilakukan tindakan siklus I siswa yang memenuhi KKM menjadi 16, yang belum memenuhi KKM 15 siswa. Pada siklus II siswa yang di atas KKM naik menjadi 24 siswa (77,41%) dan yang di bawah KKM 7 siswa (22,59%). Siklus III siswa yang memenuhi KKM 28 siswa (90,33%), dan yang belum memenuhi KKM hanya 3 siswa (9,67%).

 

Leave a Reply

×
Hallo ????

Ada yang bisa di bantu?