HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Skripsi Kooperatif Model Group Investigation untuk Meningkatkan Motivasi

Judul Skripsi : Penerapan Pembelajaran Kooperatif Model Group Investigation untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Mata Diklat Pemasaran Pada Siswa SMK PGRI 3 Kota Kediri

 

A. Latar Belakang Masalah

Pembelajaran kooperatif dengan metode GI adalah juga pembelajaran yang mengkondisikan siswa untuk belajar dalam kelompok kecil sehingga akan terjadi kondisi belajar yang maksimal, dan pada akhirnya akan tercapai tujuan belajar. Pembelajaran kooperatif menuntut siswa untuk berinteraksi satu dengan yang lainnya dan sekaligus merangsang siswa untuk berpikir kreatif. Selama proses pembelajaran kelompok kecil dengan Cooperative Learning perlu diupayakan penumbuhan sikap positif pada diri siswa, yaitu dengan cara menghormati antar sesama, sikap demokratis, menghargai perbedaan, tanggung jawab, menjalin kebersamaan dan kerja sama yang baik. Dengan strategi ini diharapkan siswa dapat memecahkan masalah bersama-sama.

Dalam pembelajaran model group investigation, interaksi sosial menjadi salah satu faktor penting bagi perkembangan skema mental yang baru. Dalam pembelajaran inilah kooperatif memainkan peranannya dalam memberi kebebasan kepada pembelajar untuk berfikir secara analitis, kritis, kreatif, reflektif dan produktif. Pola pengajaran ini akan menciptakan pembelajaran yang diinginkan,karena siswa sebagai obyek pembelajar ikut terlibat dalam penentuan pembelajaran. Karakter metode pembelajaran group investigation yang kompleks ini menarik untuk dikaji dan coba diterapkan, apalagi di SMK untuk matadiklat Pemasaran.

 

B. Rumusan Masalah

  1. Bagaimanakah penerapan metode group investigation dalam matadiklat Pemasaran untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa?
  2. Apakah pembelajaran yang menerapkan metode group investigation dalam matadiklat Pemasaran dapat meningkatkan motivasi belajar siswa?
  3. Apakah pembelajaran yang menerapkan metode group investigation dalam matadiklat Pemasaran dapat meningkatkan hasil belajar siswa?

 

C. Deskripsi Teori

Pembelajaran Kooperatif Metode GI (Group Investigation)

Metode ini melibatkan siswa sejak dari perencanaan, baik dalam menentukan topik maupun cara untuk mempelajari investigasi. Caranya yaitu dengan membagi kelas menjadi beberapa kelompok dengan karakteristik yang heterogen. Para siswa memilih topik yang ingin dipelajari, mengikuti investigasi mendalam terhadap berbagai sub topik yang telah dipilih, kemudian menyajikan suatu laporan di depan kelas. Caranya yaitu guru membagi siswa dalam kelompok yang beranggotakan 5 atau 6 siswa dengan karakteristik yang heterogen.Para siswa memilih topik yang akan dipelajari, kemudian melakukan investigasi terhadap sub topik, lalu menyiapkan dan menyajikan suatu laporan di depan kelas secara keseluruhan.

 

Pengertian Motivasi

Motivasi merupakan suatu proses psikologis yang mencerminkan interaksi antara sikap, kebutuhan, persepsi dan keputusan yang terjadi pada diri seseorang. Wahjosumidjo (1992:174). Dan motivasi sebagai proses psikologis timbul diakibatkan oleh faktor di dalam diri seseorang itu sendiri yang disebut instrinsik atau faktor di luar diri yang disebut faktor ekstrinsik. Faktor di dalam diri seseorang dapat berupa kepribadian, sikap, pengalaman, pendidikan dll. Sedangkan faktor di luar diri, dapat ditimbulkan oleh berbagai sumber, bisa karena guru, pemimpin atau yang lain.

 

Pengertian Hasil Belajar

Adapun menurut Amirudin Arif (1982:1) pengertian belajar adalah suatu proses berfikir terhadap kondisi eksternal, yaitu suatu reaksi yang memberikan modifikasi terhadap hal-hal yang pernah dialami sebelumnya. Hasil belajar adalah seberapa jauh kemajuan belajar siswa dalam bentuk pengetahuan dan kemampuan lainnya yang telah dicapai oleh siswa pada akhir setiap semester, akhir tahun pelajaran atau akhir pendidikan (Depdiknas, 1993:31).

 

D. Metode Penelitian

Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan sampel siswa kelas XI Jurusan Pemasaran SMK PGRI 3 Kediri.

Penelitian dilaksanakan dalam 3 siklus, menggunakan instrumen berupa RPP, lembar observasi aktivitas siswa, lembar observasi aktivitas guru, kuesioner motivasi belajar dan tes hasil belajar siswa.

 

E. Kesimpulan

1. Melalui siklus tindakan pembelajaran dapat ditemukan langkah-langkah yang efektif penerapan metode Group Investigation dalam matadiklat Pemasaran.

2. Melalui siklus tindakan pembelajaran yang menerapan metode Group Investigation (GI) dalam matadiklat Pemasaran dapat meningkatkan motivasi belajar siswa.

3. Melalui siklus tindakan pembelajaran yang menerapan metode Group Investigation dalam matadiklat Pemasaran dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Leave a Reply