HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Metode E-Learning dan Kebiasaan Belajar dgn Prestasi Belajar Matkul Dokumentasi Kebidanan

Judul Skripsi : Pengaruh Metode E-Learning dan Kebiasaan Belajar terhadap Prestasi Belajar Mata Kuliah Dokumentasi Kebidanan (Pada Mahasiswa DIII Kebidanan STIKES ‘Aisyiyah Surakarta)

 

A. Latar Belakang

Kemajuan suatu bangsa salah satu indikatornya, dapat dilihat dari perkembangan dunia pendidikan pada bangsa tersebut. Kemajuan pendidikan juga menggambarkan tingkat tingginya kebudayaan suatu bangsa. Kemajuan sektor pendidikan berpengaruh cukup signifikan terhadap kemajuan suatu bangsa, khususnya kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi. Demikian pula sebaliknya kemajuan suatu bangsa mempunyai pengaruh yang cukup signifikan pula terhadap sektor pendidikannya.

Pendidikan adalah suatu usaha atau kegiatan yang dijalankan dengan sengaja, teratur dan berencana dengan maksud mengubah dan mengembangkan perilaku yang diinginkan. Menurut Crow and Crow (dalam Suharno, 2008), pendidikan tidak hanya dipandang sebagai sarana untuk persiapan hidup yang akan datang, tetapi juga untuk kehidupan sekarang yang dialami individu dalam perkembangannya menuju tingkat kedewasaan.

 

B. Rumusan Masalah

  1. Adakah pengaruh metode e-learning terhadap prestasi belajar mata kuliah dokumentasi kebidanan?
  2. Adakah pengaruh kebiasaan belajar terhadap prestasi belajar mata kuliah dokumentasi kebidanan?

 

C. Tinjauan Pustaka

Pengertian E-learning

Definasi ‘e-learning’ atau electonic learning ini seringkali berubah-ubah selaras dengan kemajuan teknologi pada masa kini. Secara umumnya, ‘e-learning’ adalah pengajaran dan pembelajaran yang menggunakan rangkaian elektronik (LAN,WAN atau internet) untuk menyampaian isi materi yang diajarkan. Komputer, .internet, Intranet, satelit, tape audio/ video, TV interaktif dan CD ROM adalah sebagian media elektronik yang dimaksudkan di dalam kategori ini (Afifudin, 2007).

 

Pengertian Kebiasaan Belajar

Kebiasaan belajar merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi prestasi belajar. Siswa yang mempunyai kebiasaan belajar baik maka prestasi belajarnya juga akan baik. Setiap siswa yang telah mengalami proses belajar, kebiasaannya akan berubah. Menurut Burghardt, kebiasaan itu timbul karena proses penyusutan kecenderungan respon dengan menggunakan stimulasi yang berulang. Dalam proses belajar, pembiasaan juga meliputi pengurangan perilaku yang tidak diperlukan. Karena proses penyusutan dan pengurangan inilah, muncul suatu pola bertingkah laku baru yang relatif menetap dan otomatis (Syah, 2010).

 

Pengertian Prestasi Belajar

Menurut Mulyono (dalam Yusuf dan Legowo, 2007) prestasi belajar adalah cerminan dari hasil belajar. Hasil belajar adalah kemampuan yang diperoleh anak setelah melalui kegiatan belajar. Anak yang berhasil dalam belajar adalah yang berhasil mencapai tujuan-tujuan pembelajaran atau tujuan-tujuan instruksional.

 

Konsep Dokumentasi Kebidanan

Dokumen dalam bahasa Inggris berarti satu atau lebih lembar kertas resmi (official) dengan tulisan di atasnya. Secara umum dokumen dapat diartikan sebagai suatu catatan otentik yang dapat dibuktikan atau dijadikan bukti dalam persoalan hukum. Dokumentasi adalah sekumpulan catatan otentik yang dapat dibuktikan atau dijadikan bukti dalam persoalan hukum. Dokumentasi Kebidanan adalah bukti pencatatan dan pelaporan berdasarkan komunikasi tertulis yang akurat dan lengkap yang dimiliki oleh bidan dalam melakukan asuhan kebidanan dan berguna untuk kepentingan klien, tim kesehatan, serta kalangan bidan sendiri (Wahyuningsih, 2010).

 

D. Metode Penelitian Skripsi

Desain penelitian ini adalah penelitian analitik dengan pendekatan randomized controlled trial (RCT).

Penelitian ini dilakukan di Program Studi DIII Kebidanan STIKES ‘Aisyiyah Surakarta. Waktu penelitian pada bulan Agustus- November 2010 dengan populasi 120 mahasiswa.

Sampel yang digunakan 60 responden dengan menggunakan teknik purposive sampling.

Variabel bebas dalam penelitian ini adalah metode e-learning dan kebiasaan belajar, sedangkan variable terikatnya adalah prestasi belajar.

Pengumpulan data menggunakan kuesioner dan nilai post test Mata Kuliah Dokumentasi Kebidanan. Analisis data menggunakan regresi logistik dengan ? 0,05.

 

E. Kesimpulan

1. Metode e-learning berpengaruh tidak signifikan secara statistik terhadap prestasi belajar mata kuliah dokumentasi kebidanan. Karena itu dapat disimpulkan bahwa hipotesis penelitian yang menyatakan bahwa “Ada pengaruh antara metode e-learning dengan prestasi belajar” tidak dapat diterima (OR= 0.58; p= 0.465).

2. Kebiasaan belajar berpengaruh signifikan secara statistik terhadap prestasi belajar mata kuliah dokumentasi kebidanan. Karena itu dapat disimpulkan bahwa hipotesis penelitian yang menyatakan bahwa “Ada pengaruh antara kebiasaan belajar dengan prestasi belajar” dapat diterima (OR= 13.61; p<0.001). Hasil analisis tersebut menunjukkan nilai koefisien regresi yang diperoleh bertanda positif, berarti semakin baik kebiasaan belajar mahasiswa akan semakin baik nilai prestasi belajarnya.

 

Leave a Reply