HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Hubungan Antara Kebiasaan Belajar dengan Prestasi Belajar Mahasiswa Reguler Semester IV DIV Kebidanan UNS

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kebiasaan belajar dengan prestasi belajar mahasiswa reguler semester IV DIV Kebidanan UNS. Penelitian ini merupakan jenis penelitian observasional (non experimental) dengan rancangan penelitian cross sectional. Teknik pengambilan sampel secara total sampling dengan sampel mahasiswa reguler semester IV DIV Kebidanan UNS. Pengukuran kebiasaan belajar didapatkan dengan menggunakan kuesioner sedangkan prestasi belajar didapatkan dari hasil IPK semester III yang tercantum dalam KHS.Pengolahan datanya menggunakan sistem komputerisasi SPSS seri 15 dengan menggunakan teknik analisa korelasi Product Moment.

Hasil analisis data dalam penelitian ini dengan menggunakan analisis Product Moment diperoleh nilai r hitung sebesar 0,649 (0,649>0,254) dan p = 0,000 (p<0,05) sehingga menunjukkan bahwa ada hubungan antara kebiasaan belajar dengan prestasi belajar mahasiswa reguler semester IV DIV Kebidanan UNS. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah terdapat hubungan antara kebiasaan belajar dengan prestasi belajar mahasiswa reguler semester IV DIV Kebidanan UNS. Hasil analisis tersebut menunjukkan nilai koefisien korelasi yang diperoleh bertanda positif, berarti ada hubungan positif antara kebiasaan belajar dengan prestasi belajar. Artinya semakin baik kebiasaan belajar mahasiswa akan semakin baik nilai prestasi belajarnya.

Kata kunci : Kebiasaan belajar dan Prestasi Belajar Mahasiswa

Untuk mendapatkan daftar lengkap contoh skripsi kesehatan lengkap / tesis kesehatan lengkap, dalam format PDF, Ms Word, dan Hardcopy, silahkan memilih salah satu link yang tersedia berikut :

Contoh Tesis

Contoh Skripsi

BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang
Pendidikan adalah suatu usaha atau kegiatan yang dijalankan dengan sengaja, teratur dan berencana dengan maksud mengubah dan mengembangkan perilaku yang diinginkan. Menurut Crow and Crow (1960), pendidikan tidak hanya dipandang sebagai sarana untuk persiapan hidup yang akan datang, tetapi juga untuk kehidupan sekarang yang dialami individu dalam perkembangannya menuju tingkat kedewasaan (Suharno, 2008). Dalam pendidikan formal, belajar menunjukkan adanya perubahan yang sifatnya positif sehingga pada tahap akhir akan didapat ketrampilan, kecakapan, dan pengetahuan baru. Sekolah adalah salah satu lembaga pendidikan formal sebagai sarana dalam rangka mencapai suatu tujuan pendidikan. Sekolah merupakan ujung tombak pelaksanaan kurikulum yang diwujudkan melalui proses belajar mengajar. Hasil dari proses belajar tersebut tercermin dalam prestasi belajar yang didapatnya.

Prestasi belajar merupakan perwujudan atau aktualisasi dari kemampuan dan usaha belajar siswa dalam waktu tertentu. Winkel (1987) menyatakan bahwa prestasi belajar adalah hasil penilaian pendidikan terhadap proses belajar dan hasil belajar siswa. Penilaian yang dimaksud adalah penilaian yang dilakukan untuk menentukan seberapa jauh proses belajar dan hasil belajar siswa telah sesuai dengan tujuan instruksional yang sudah ditetapkan, baik menurut aspek isi maupun aspek perilaku (Mukodim, 2004). Prestasi belajar dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor, dimana faktorfaktor tersebut saling berkaitan dan saling mempengaruhi satu sama lain. Salah satu faktornya adalah kebiasaan belajar. Menurut Burghardt (1973), kebiasaan itu timbul karena proses penyusutan kecenderungan respon dengan menggunakan stimulasi yang berulang-ulang (Syah, 2008). Universitas Negeri Surakarta (UNS) merupakan lembaga pendidikan formal yang kini telah berkembang menjadi salah satu universitas terpandang di Indonesia. Berbagai fasilitas infrastruktur tersedia relatif lengkap dan cukup memadai. Pengembangan progam studi merupakan bukti keberhasilan bagi kemajuan kelembagaan UNS (http://uns.ac.id/).

Diploma IV Kebidanan sebagai salah satu program studi di Fakultas Kedokteran UNS merupakan program studi yang masih tergolong baru. Program Studi DIV kebidanan tersebut terbagi menjadi 2 kelas yaitu kelas dari jalur reguler dan kelas dari jalur transfer. Kelas dari jalur reguler merupakan kelas dari lulusan SMA yang mempunyai perbedaan usia tidak begitu jauh, sedangkan kelas dari jalur transfer merupakan kelas lanjutan dari mahasiswa yang telah lulus dari DIII kebidanan. Hal ini menjadikan ketertarikan bagi penulis untuk mengadakan penelitian terlebih yang berkaitan dengan hubungan antara kebiasaan belajar dengan prestasi belajar mahasiswa reguler semester IV DIV Kebidanan UNS.

Incoming search terms:
2 Comments
  1. baik

  2. bisa kah saya mendownload skripisi anda ini?

Leave a Reply