HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Tesis Pemanfaatan Media Pembelajaran E-Learning terhadap Prestasi Belajar Asuhan Kebidanan

Judul Tesis : Pengaruh Pemanfaatan Media Pembelajaran E-Learning terhadap Prestasi Belajar Asuhan Kebidanan Komunitas Ditinjau dari Motivasi Belajar (Studi Eksperimen Pada Mahasiswa Akademi Kebidanan Estu Utomo Boyolali Tahun Akademik 2009/2010)

 

A. Latar Belakang

Proses belajar mengajar dapat berhasil dengan baik jika siswa berinteraksi dengan semua alat inderanya. Guru berupaya menampilkan rangsangan (stimulus) yang dapat diproses dengan berbagai indera. Semakin banyak alat indera yang digunakan untuk menerima dan mengolah informasi, semakin besar pula kemungkinan informasi tersebut dimengerti dan dapat dipertahankan dalam ingatan siswa. Siswa diharapkan akan dapat menerima dan menyerap dengan mudah dan baik pesan-pesan dalam materi yang disajikan (Kartika. L, 2008).

Pada perinsipnya, pengungkapan hasil belajar ideal meliputi segenap ranah psikologis yang berubah sebagi akibat pengalaman fan proses belajar siswa. Namun demikian ,pengungkapan perubahan tingkah laku seluruh ranah,khususnya ranah rasa murid,sangat sullit karena perubahan hasil belajar itu ada yang bersifat intangible (tidak dapat diraba) oleh karena itu, yang dapat dilakukan oleh guru dalam hal ini adalah mengambil indikator yaitu cuplikan atau gambaran perubahan tingkah laku yang dianggap penting dan diharapkan dapat mencerminkan perubahn yang terjadi sebagai hasil belajar siswa baik yang berdimensi cipta, rasa, ataupun karsa (Sutisna. S, 2010).

 

B. Rumusan Masalah

  1. Apakah ada perbedaan pengaruh antara pemanfaatan media pembelajaran E-Learning dengan pembelajaran konvensional terhadap prestasi belajar Asuhan Kebidanan Komunitas?
  2. Apakah ada perbedaan pengaruh antara mahasiswa dengan motivasi belajar tinggi dan motivasi belajar rendah terhadap prestasi belajar Asuhan Kebidanan Komunitas?
  3. Apakah ada interaksi pengaruh antara pemanfaatan media pembelajaran dengan motivasi belajar terhadap prestasi belajar Asuhan Kebidanan Komunitas?

 

C. Tinjauan Pustaka

Motivasi Belajar

Motivasi berasal dari kata motif yang artinya sebagai kekuatan yang terdapat dalam diri individu, yang menyebabkan diri individu tersebut bertindak atau berbuat (Agustian, 2004). Dengan demikian, motivasi merupakan dorongan yang terdapat dalam diri seseorang untuk berusaha mengadakan perubahan tingkah laku yang lebih baik dalam memenuhi kebutuhannya.

Pengertian Prestasi Belajar

Menurut Tulus Tu’u (2004), prestasi merupakan hasil yang dicapai seseorang ketika mengerjakan tualhamd baikgas atau kegiatan tertentu. Prestasi akademik adalah hasil belajar yang diperoleh dari kegiatan pembelajaran di sekolah atau di perguruan tinggi yang bersifat kognitif dan biasanya ditentukan melalui pengukuran dan penilaian. Sementara prestasi belajar adalah penguasaan pengetahuan atau keterampilan yang dikembangkan oleh mata pelajaran, lazimnya ditunjukkan dengan nilai tes atau angka nilai yang diberikan oleh guru.

 

Deskripsi mata kuliah Asuhan Kebidanan Komunitas

Mata kuliah ini memberikan kemampuan untuk melaksanakan praktek kebidanan secara komprehensif dengan memperhatikan budaya setempat yang dikemas dalam tatanan di komunitas dengan pendekatan manajemen kebidanan dan didasari oleh konsep, keterampilan dan sikap profesional bidan dalam asuhan di komunitas yang meliputi pokok – pokok bahasan konsep, prinsip dasar dan stategi pelayanan kebidanan komunitas, manajerial asuhan kebidanan di komunitas, pengelolaan program KIA/KB dim wilayah kerja, penggerakan dan meningkatkan peran serta masyrakat.

 

D. Metodologi Penelitian

Studi eksperimental kuasi dengan rancangan after only with control design. Populasi adalah Akademi Kebidanan Estu Utomo Boyolali jalur umum sejumlah 141, sampel adalah mahasiswa semester IV tahun akademik 2009/2010,berjumlah 94 dengan kelas A berjumlah 47 (kelas perlakuan dengan ELearning) dan kelas C (kelas kontrol dengan media konvensional) berjumlah 47.

Penentuan sampel dengan cluster random sampling. Data dikumpulkan dengan kuesioner dan nilai ujian tengah semester.

Data dianalisis dengan anava dua jalur, kemudian uji lanjut dengan uji Scheffe menggunakan progaram SPSS.

 

E. Simpulan

Penelitian ini menyimpulan bahwa :

1. Ada perbedaan pengaruh yang signifikan pada pemanfaatan media pembelajaran e learning dan konvensional terhadap prestasi belajar asuhan kebidanan komunitas (p: 0,000).

2. Ada perbedaan pengaruh yang signifikan antara mahasiswa dengan motivasi belajar tinggi dan rendah terhadap prestasi belajar Asuhan Kebidanan Komunitas (p : 0.002).

3. Ada interaksi pengaruh yang signifikan antara pemanfaatan media pembelajaran dengan motivasi belajar terhadap prestasi belajar Asuhan Kebidanan Komunitas (p : 0.001).

Leave a Reply