HP CS Kami 0852.25.88.77.47(AS), 0857.0.1111.632(IM3), email:IDTesis@gmail.com

Sumber Untuk Memperoleh Masalah

Tidak sedikit permasalahan yang harus dipecahkan oleh para peneliti. Masalah dapat ditemukan dari berbagai sumber menurut Nazir (1988: 140-143), antara lain sebagai berikut:

a.       Pengamatan terhadap alam dan kegiatan manusia

Dengan mengamati kegiatan manusia, peneliti dapat menemukan permasalahannya, misalnya cara kerja di suatu pabrik, tingkat kesehatan di suatu desa, kegiatan belajar mengajar di suatu kelas, dan sebagainya. Demikian juga dalam pengamatan terhadap alam, seperti keadaan tanah, keadaan tanaman, dan sebagainya.

b.      Bacaan

Bacaan disini dapat berupa makalah, atau karya tulis ilmiah. Dalam bacaan tersebut terdapat banyak rekomendasi untuk perbaikan atau perkembangan tindak lanjut dari penelitian yang telah ada. Dari bacaan tersebut akan timbul berbagai permasalahan yang menunggu untuk dipecahakan.

c.       Ulangan serta perluasan penelitian

Masalah juga dapat ditemukan dari kegiatan pengulangan penelitian yang belum membawa hasil yang memuaskan.

d.      Cabang studi yang sedang dikerjakan

Masalah dapat timbul tidak hanya dari bidang studi yang sedang digeluti, tetapi dapat timbul dari cabang ilmu yang timbul kemudian. Contohnya, ketika Pasteur meneliti penyakit kolera dengan menyuntik ayam-ayam percobaannya dengan mikroba kolera, pada suatu hari ia kehabisan ayam-ayam sehat. Ia kemudia terpaksa menggunakan ayam-ayam yang pernah kena kolera. Dilihatnya, ayam-ayam tersebut tidak mati akibat suntikan mikroba kolera. Dari percobaan ini ia tertarik akan ketahanan ayam-ayam tersebut dan ia menemukan masalah yang mendorongnya meneliti tentang prinsip-prinsip kekebalan atau imunisasi.

e.      Pengalaman dan catatan pribadi

Catatan pribadi serta pengalaman pribadi sering merupakan sumber dari masalah penelitian. Dalam penelitian ilmu sosial, pengalaman serta catatan pribadi tentang sejarah sendiri, baik kegiatan pribadi ataupun kegiatan profesional dapat merupakan sumber masalah untuk penelitian.

f.        Praktek serta keinginan masyarakat

Praktek tersebut dapat merupakan tunjuk perasaan, pernyataan-pernyataan pemimpin, otorita ilmu pengetahuan baik bersifat lokal, daerah maupun nasional.

g.       Bidang spesialisasi

Dari spesialisasi pada bidang ilmunya, terdapat banyak sekali masalah yang perlu dipecahkan.

h.      Pelajaran dan mata ajaran yang sedang diikuti

Pelajaran yang sedang diikuti dapat merupakan sumber dari masalah penelitian. Diskusi kelas, hubungan antara dosen dengan mahasiswa banyak mempengaruhi mahasiswa dalam memilih masalah untuk penelitian. Pengaruh staf senior serta ajarannya dapat merupakan sumber masalah bagi mahasiswa yang ingin membuat thesis.

i.        Diskusi ilmiah

Masalah penelitian dapat juga bersumber dari diskusi-diskusi ilmiah, seminar, serta pertemuan-pertemuan ilmiah. Dalam diskusi tersebut, seorang dapat menangkap banyak analisa ilmiah, serta argumentasi profesional, yang dapat menjurus pada suatu permasalah baru.

Untuk mendapatkan informasi lebih lengkap tentang produk kami silahkan klik link berikut :

Jasa Pembuatan Tesis

Jasa Pembuatan Skripsi

Jasa Olah Data

Atau menghubungi nomor kontak berikut 0852.2588.7747 (AS) atau 0857.0.1111.632 (IM3) email IDTesis@gmail.com


Agar artikel ini bisa bermanfaat bagi orang banyak dalam komunitas anda… bantu saya untuk menginfomasikannya pada teman-teman anda di Facebook , Twitter, atau Email.

Jika Bermanfaat Berbagilah...

Leave a Reply

Current day month ye@r *

Email
Print