HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Skripsi Penerapan Metode Kirim Surat untuk Meningkatkan Keberanian Mengungkapkan Masalah Belajar

Judul Skripsi : Penerapan Metode Kirim Surat untuk Meningkatkan Keberanian Mengungkapkan Masalah Belajar dan Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Kompetensi Dasar Menulis Surat Pada Klien Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Jatisrono Tahun Pelajaran 2010/ 2011

 

A. Latar Belakang Masalah

Dari latar belakang tersebut maka Perlu adanya metode layanan bimbingan yang efektif yang dapat meningkatkan keberanian siswa dalam mengungkapkan masalahnya. Seperti diungkapkan oleh bruce Joyce, Marsha Weil dan Emily Calhoun (Edisi kedelapan : XVII ) : ”Bagi para guru, baik yang baru maupun yang telah berpengalaman, konsep tentang berbagai model untuk mempertahankan profesionalitas mereka.

Jika Anda sedang mengembangkan sebuah reportoar tentang pendekatan – pendekatan pengajaran yang efektif, anda bisa dengan yakin mencobanya pada siswa anda untuk membantu mereka mencapai tujuan – tujuan pembelajaran, namun untuk menemukan cara pembelajaran yang efektif, anda hanya bisa membantu mereka dengan gaya pembelajaran yang berbeda-beda”.  Juga seperti yang dikatakan oleh Daniel Goleman ( 1996 : 402 ) :”Di sekolah Troup, seorang seorang murid kelas enam menyampaikan sepucuk surat kepada guru pelajaran perkembangan sosialnya; sahabat karibnya, kata surat itu, sedang hamil dan tidak mempunyai siapapun yang bisa memberitahukan apa yang sebaiknya dilakukan, dan sedang merencanakan untuk bunuh diri tetapi ia tahu bahwa guru tersebut akan menaruh perhatian”.

B. Rumusan Masalah

  1. Apakah dengan penerapan metode kirim surat dapat meningkatkan keberanian klien untuk mengungkapkan masalah belajarnya?
  2. Apakakah dengan meningkatnya keberanian mengungkapkan masalah, dapat meningkatkan hasil prestasi belajar Bahasa Indonesia kompetensi dasar menulis surat?
  3. Mengapa Penerapan metode kirim surat dapat meningkatkan keberanian mengungkapkan masalah belajar dan prestasi belajar Bahasa indonesia kompetensi dasar menulis surat?

C. Landasan Teori

Mengungkapkan Masalah belajar

Upaya peningkatan keberanian mengungkapkan masalah belajar merupakan usaha Konselor agar para klien khususnya untuk klien yang tidak bisa menyelesaikan masalah belajarnya. Sebagai suatu usaha apa yang dilakukan Konselor tentu bukan satu – satunya usaha terbaik.terlebih peningkatan sikap berani mengungkapkan masalah banyak faktor yang mempengaruhi. Seperti apa yang dikatakan oleh Abu Akhmadi ( 2002 : 294 ) bahwa :” Diantara sifat-sifat yang baik yang diperlukan seorang sarjana, mahasiswa atau pelajar ialah sifat keberanian.

 

Tugas perkembangan masa remaja

Masa remaja atau adolesen merupakan masa peralihan antar, masa anak dengan dewasa. Meskipun perkembangan aspek-aspek kepribadian itu telah diawali pada masa-masa sebelumnya, tetapi puncaknya boleh dikatakan terjadi pada masa ini, sebab setelah melewati masa ini, remaja telah berubah menjadi seorang dewasa. Karena peranannya sebagai masa transisi antara masa anak dan dewasa, maka pada masa ini terjadi berbagi gejolak atau kemelut. Gejolak atau kemelut ini terutama berkenaan dengan segi afektif,sosial, intelektual juga moral. Hal ini terjadi terutama karena adanya perubahan-perubahan baik fisik maupun psikhis yang sangat cepat yang menganggu kestabilan kepribadian siswa.

 

Pengertian belajar

Pengertian belajar menurut para ahli memiliki definisi yang berbeda-beda. Belajar adalah proses yang dilakukan individu untuk memperoleh suatu perubahabn tingkah laku yang baru secara keseluruhan sebagai hasi pengalaman individu itu sendiri dalam berinteraksi dengan lingkungan.( Slameto, 1998:6 ).

 

D. Metodelogi Penelitian

Penelitian ini dilaksanakan di Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Jatisrono pada kelas VIII B Semester 1, Tahun Pelajaran 2010/2011.

Penelitian ini merupakan tindakan untuk meningkatkan keberanian mengungkapkan masalah belajar dan memperbaiki prestasi belajar Bahasa Indonesia kompetensi dasar menulis surat pada klien kelas VIII B dan merupakan penelitian kolaborasi dengan pelaku utama Guru Bimbingan dan Konseling. Penelitian dilakukan dalam 3 siklus dan meliputi 4 tahapan, yaitu perencanaan, tindakan, hasil pengamatan, dan refleksi.

Setiap siklus terdiri dari 3 kegiatan, yaitu pendahuluan, kegiatan inti yaitu melaksanakan kegiatan layanan, dan penutup.

Untuk menilai keberanian mengungkapkan masalah belajar melalui angket dan wawancara sedangkan untuk menilai hasil prestasi belajar Bahasa Indonesia kompetensi dasar menulis surat, peneliti menggunakan instrument tes.

 

E. Kesimpulan

1. Penerapan metode kirim surat dapat meningkatkan keberanian mengungkapkan masalah belajar klien. Berdasarkan data yang diperoleh dari angket keberanian mengungkapkan nmasalah yang diberikan pada kondisi awal, skor yang diperoleh masih kurang menunjukkan keberanian mengungkapkan masalah. Sedang angket keberanian mengungkapkan masalah yang diberikan setelah tindakan ke tiga siklus diberikan, skor yang didapat klien menunjukkan peningkatan yang sangat signifikan. Baik dilihat dari peningkatan secara individual maupun secara klasikal skor keneranian yang diperoleh telah mencapai skor yang telah ditentukan.

2. Keberanian mengungkapkan masalah belajar klien dapat meningkatkan prestasi Bahasa Indonesia kompetensi dasar menulis surat, pada indikator menulis surat pribadi. Semakin berani klien mengungkapkan masalah belajarnya semakin lengkap isi surat yang ditulis oleh klien, sehingga semakin tinggi nilai prestasi yang diperoleh klien. Dari data nilai prestasi Bahasa Indonesia kompetensi dasar menulis surat yaitu surat pribadi yang diperoleh sebanyak tiga siklus, nilai prestasi yang dihasilkan klien dari selalu menunjukkan peningkatan. Hal ini menunjukkan bahwa keberanian mengungkapkan masalah belajar dapat meningkatkan prestasi belajar Bahasa Indonesia kompetensi dasar menulis surat pada indikator menulis surat pribadi.

3. Dengan penerapan metode kirim surat dapat meningkatkan keberanian mengungkapkan masalah belajar dan prestasi belajar Bahasa Indonesia kompetensi dasar menulis surat Dari tabel data yang diperoleh baik dari ulangan membuat membuat surat pribadi maupun angket keberanian mengungkapkan masalah belajar, selalu mengalami peningkatan dari siklus pertama ke siklus berikutnya. Hal ini dikarenakan dalam menulis surat pribadi klien lebih berani mengungkapkan masalah belajar yang dialami, dengan keberanian yang telah dimiliki masalah belajarnya yang diungkapkan dalam surat pribadi semakin lengkap dan rinci, sehingga semakin tinggi nilai ulangan menulis surat pribadi yang diperoleh.

Incoming search terms:

Agar artikel ini bisa bermanfaat bagi orang banyak dalam komunitas anda… bantu saya untuk menginfomasikannya pada teman-teman anda di Facebook , Twitter, atau Email.

Jika Bermanfaat Berbagilah...

Leave a Reply

Alamat :

IDTESIS SURABAYA

Jl Gayungan VIII No 3, Surabaya (Carefour A Yani maju 100 m, ambil kiri ke arah Polsek Gayungan/Telkom Injoko)

HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) & BBM : 5E1D5370

Email
Print