HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Tesis S2 Magister Manajemen Universitas Atmajaya Yogyakarta (UAJY)

Nama Atma Jaya diambil dari Bahasa Sansekerta. Atma berarti jiwa, Jaya berarti unggul. Sehingga, Atma Jaya berarti Jiwa yang Unggul. Cita-cita UAJY sejak semula adalah menyelenggarakan pendidikan tinggi dengan keunggulan pada bidang akademik dan pendidikan nilai-nilai moral yang tinggi.

Saat ini UAJY memiliki 6 fakultas dengan 11 program studi S-1 dan 5 program S-2, termasuk 4 program studi S-1 kelas internasional dengan jumlah mahasiswa ± 11.307 orang; serta didukung 8  Guru Besar, 82 Doktor, 226 Master sebagai pengajar tetap. Di samping itu UAJY juga didukung oleh dosen luar biasa dari para ahli maupun praktisi menurut bidangnya, dari dalam maupun luar negeri. Semua program studi S-1 dan S-2 telah terakreditasi BAN-PT (Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi).

Daftar Isi

  1. Akreditasi Magister Manajemen
  2. Sejarah Magister Manajemen Universitas Atmajaya Yogyakarta (UAJY)
  3. Visi
  4. Misi
  5. Tujuan
  6. Profil Lulusan
  7. Program Studi Sarjana (S1) Universitas Atmajaya Yogyakarta (UAJY)
  8. Program Studi Pasca Sarjana (S2) Universitas Atmajaya Yogyakarta (UAJY)

 

Akreditasi Magister Manajemen

Manajemen      S2  2194/SK/BAN-PT/Akred/M/X/2016    2016    Terakreditasi A      dan Masih berlaku

 

Sejarah Magister Manajemen Universitas Atmajaya Yogyakarta (UAJY)

Program Pascasarjana diawali dengan membuka program studi Magister Manajemen pada tahun 1993 (berdasarkan SK Dikti Depdikbud No. 261/DIKTI/KEP/1993), sehingga pada awal periode ini hanya disebut sebagai Program Magister Manajemen saja. Unit ini dipimpin oleh seorang direktur dengan dibantu oleh dua orang wakil direktur (bidang administrasi & keuangan serta bidang akademik) dan satu orang ketua program studi. Kegiatan operasional pendidikan dilaksanakan di gedung Bank Lippo, Jl. Sudirman Yogyakarta. Program Magister Manajemen membuka 2 bidang konsentrasi: Manajemen Keuangan dan Manajemen Pemasaran. Dari periode ke periode menunjukkan bahwa animo masyarakat untuk studi di jenjang Strata 2 makin meningkat. Ruangan yang tersedia di gedung Bank Lippo tidak memadahi lagi sehingga mulai tahun Juni 1995 kegiatan akademik Program Magister Manajemen dipindahkan ke Kampus Babarsari hingga saat ini. Di kampus yang baru ini penyelenggaraan pendidikan Strata 2 berkembang secara mantab dengan sarana dan prasarana akademik yang lebih lengkap. Keterlibatan praktisi bisnis dalam proses pembelajaran juga sangat baik.

 

Pada tahun 1997 program pendidikan Strata 2 itu, seiring dengan dibukanya program Magister Teknik, secara resmi diubah menjadi Program Pascasarjana. Unit Pascasarjana dipimpin oleh seorang Direktur dan seorang Wakil Direktur dengan dibantu oleh Ketua Program Magister Manajemen dan Ketua Program Magister Teknik. Meskipun SK Dikti Depdikbud No.  54/DIKTI/KEP/1996 diterima pada Oktober tahun 1996, namun secara operasional program Magister Teknik dengan konsentrasi Manajemen Konstruksi dimulai pada Januari 1997. Hal ini disebabkan tahun akademik dimulai bulan September tetapi SK Depdikbud diterima bulan Oktober 1996 sehingga Program Pascasarjana belum dapat menerima mahasiswa baru.

 

Animo masyarakat untuk dapat mengikuti Program Magister Teknik dengan konsentrasi Manajemen Konstruksi pun cukup menggembirakan sehingga pada tahun 1998 dapat dibuka dua kelas paralel. Perhatian dan keterlibatan praktisi di bidang manajemen konstruksi pun cukup baik sehingga mereka bersedia mendukung dalam kegiatan akademik.

 

Dua tahun kemudian Program Pascasarjana membuka program studi baru yaitu Magister Ilmu Hukum dengan konsentrasi Hukum Bisnis. Kehadiran program studi ini mendapat dukungan kuat dari praktisi hukum seperti Dr. Todung Mulya Lubis, SH., LLM., Dr. Albert Hasibuan, SH., Victor Purba, SH., LLM., M.Sc. kegiatan akademik dimulai tahun 1999 berdasar pada SK Dikti Depdikbud No. 195/Dikti/Kep/1999 tertanggal 30 April 1999.

 

Dalam upaya memenuhi kehendak masyarakat akan pentingnya teknologi informasi, maka Program Pascasarjana membuka Magister Teknik Informatika berdasarkan SK Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan dan Budaya No. 924/D/T/2003 yang merupakan Surat Keputusan ijin operasional. Disamping itu, Program Pascasarjana Universitas Atma Jaya Yogyakarta juga membuka Magister Teknik Arsitektur dengan konsentrasi Arsitektur Digital, berdasar SK : 165/D/T/2006, tanggal 8 Mei 2006, hal ini dilakukan karena animo masyarakat terhadap Arsitektur Digital semakin banyak. Pada tahun 2017, secara resmi berdasarkan SK Kemenristekdikti bahwa Program Studi Magister Ilmu Komunikasi resmi dibuka untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan memperdalam ilmu komunikasi secara luas.

 

Dengan keseluruhan Program Magister tersebut, maka saat ini Program Pascasarjana dengan 6 Program Studi  mampu melayani pendidikan Strata 2 secara lintas disiplin. Disamping itu, interaksi di antara mahasiswa dan para dosen serta antar mahasiswa yang berbeda disiplin ilmu memungkinkan membuka wawasan mereka.

 

Visi

Visi program Magister Manajemen Universitas Atma Jaya Yogyakarta yaitu menjadi salah satu program magister terbaik di bidang manajemen dengan reputasi internasional yang memberi kesempatan belajar bagi para professional maupun fresh graduate program Strata 1 dengan berbagai latar belakang dalam meningkatkan profesionalisme serta nilai-nilai kemanusiaan mereka.

 

Misi

Program Magister Manajemen Universitas Atma Jaya Yogyakarta mempunyai komitmen untuk menyelenggarakan pendidikan yang memungkinkan mahasiswa mendapatkan pengalaman dan kompetensi yang diperlukan dalam memberikan nilai tambah bagi organisasi tempat mereka berkarya maupun dalam melayani komunitas tempat mereka berada yang dilandasi semangat pelayanan dalam cahaya kebenaran.

 

Tujuan

Visi dan misi Program Magister Manajemen Universitas Atma Jaya tersebut diwujudkan ke dalam serangkaian tujuan sebagai berikut:

 

  1. Memberikan kesempatan bagi para lulusan program Strata 1 dari berbagai latar belakang pendidikan, sosial budaya, dan kewarganegaraan untuk meningkatkan kompetensi mereka sehingga mampu memberikan kontribusi yang signifikan bagi masyarakat.
  2. Menghasilkan lulusan magister manajemen yang kompeten di bidangnya sesuai dengan kebutuhan dunia usaha dan masyarakat
  3. Menghasilkan lulusan magister manajemen yang unggul dalam bidang teknologi informasi maupun dalam kemampuan berkomunikasi untuk bersaing secara global
  4. Menghasilkan lulusan magister manajemen yang mempunyai kemampuan intelektual, jujur dan nilai-nilai kemanusiaan yang tinggi.
  5. Menciptakan dan memelihara suatu lingkungan pembelajaran yang inovatif dan kondusif sehingga dapat membantu mahasiswa maupun staf untuk mencapai potensi mereka secara penuh
  6. Melakukan penelitian dan penulisan artikel sesuai dengan peminatan mahasiswa
  7. Menjalin kerjasama dengan perguruan tinggi nasional maupun internasional serta para praktisi bisnis untuk meningkatkan kualitas dalam pengajaran, penelitian dan pengabdian masyarakat.

 

 

Profil Lulusan

Setelah menyelesaikan studi di Program Pascasarjana Universitas Atma Jaya Yogyakarta, lulusan Program Studi Magister Manajemen akan memperoleh gelar Magister Manajemen (MM)

 

Program Studi Sarjana (S1) Universitas Atmajaya Yogyakarta (UAJY)

Program Studi S1 Manajemen

 

Program Studi Pasca Sarjana (S2) Universitas Atmajaya Yogyakarta (UAJY)

Program Studi S2 Manajemen

 

 

Share and Enjoy !

0Shares
0 0 0

Leave a Reply

Open chat
Hallo ????

Ada yang bisa di bantu?
Powered by