HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Tesis S2 Magister Manajemen Sumber Daya Manusia Universitas Bung Karno

  1. Pengaruh Motivasi Kerja, Kepuasan Kerja Dan Kemampuan Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Pada Kantor Kementerian Agama Kabupaten Banjar
  2. Evaluasi Penerapan Manajemen Mutu Pada Pekerjaan Truss Penggantung Lampu Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta
  3. Pengaruh Kompensasi, Disiplin Kerja, Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Toko Abc Karanganyar
  4. Peranan Metode Balance Score Card Dalam Meningkatkan Efektifitas Dan Efisiensi Untuk Menghadapi Persaingan Bisnis
  5. Pengaruh Karakteristik Produk Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Pengunjung Pada Perpustakaan Proklamator Bung Karno Kota Blitar
  6. Analisis Pengaruh Faktor-Faktor Kedisiplinan Terhadap Prestasi Kerja Pekerja Operasional Pada Pt Trimarina Jaya Di Surabaya
  7. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kinerja Musyrif/Musyrifah Di Pondok Pesantren Assalam
  8. Pengaruh Komunikasi Dan Motivasi Terhadap Kinerja Karyawan Pt Bess Finance Banjarmasin
  9. Hubungan Perilaku Kepemimpinan Partisipatif Kepala Sekolah, Iklim Organisasi Dan Efikasi Diri Guru Dengan Perilaku Guru Dalam Menerapkan Pendidikan Karakter Pada Sma Negeri Di Wilayah Medan Utara
  10. Membangun Nilai-Nilai Kepemimpinan melalui Brainware Management
  11. Pengaruh Komitmen Karyawan Perusahaan Daerah Air Minum Kabupaten Tulungagung Terhadap Prestasi Kerja
  12. Pengaruh Gaya Kepemimpinan Terhadap Kinerja Pustakawan Pada Perpustakaan Perguruan Tinggi Negeri Di Surabaya
  13. Pengaruh Pengendalian Internal Terhadap Kualitas Laporan Keuangan (Studi Empiris Pada Badan Layanan Umum Terintegritas Di Kota Jakarta)
  14. Kinerja Keuangan Dan Efisiensi Proses Internal Sebelum Dan Sesudah Penerapan Ppk-Blud Pada Rsud Kab.Klungkung
  15. Pengaruh Kualitas Pelayanan Mmc (Muhammadiyah Medical Centre) Terhadap Kepuasan Mahasiswa (Analisis Regresi Tingkat Kepuasan Mahasiswa Fki Ums)
  16. Analisis Gaya Kepemimpinan Ganjar Pranowo Dalam Mewujudkan Efektifitas Kinerja Birokrasi Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga Dan Cipta Karya Provinsi Jawa Tengah Periode 2013-2017 Dimensi Politik
  17. Strategi Pembangunan Ekonomi Indonesia
  18. Pengaruh Gaya Kepemimpinan Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Kantor Desa Cilopadang Kecamatan Majenang
  19. Strategi Pengembangan Jasa Pariwisata Kota Bengkulu
  20. Analisis Pengaruh Pemberian Insentif Terhadap Produktivitas Kerja Karyawan Dalam Perspektif Ekonomi Syariah (Studi Pada Pt. Bumiputera Syariah Bandar Lampung)

 

Pengaruh Motivasi Kerja, Kepuasan Kerja Dan Kemampuan Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Pada Kantor Kementerian Agama Kabupaten Banjar

Intisari

Kantor Kementerian Agama Kabupaten Banjar merupakan salah satu kantor pemerintah yang melaksanakan tugas pokok dan fungsi kementerian agama dalam wilayah kabupaten/kota berdasarkan kebijakan kepala kantor wilayah kementerian agama provinsi dan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh motivasi kerja, kepuasan kerja dan kemampuan kerja terhadap kinerja pegawai pada Kantor Kementerian Agama Kabupaten Banjar.

Pendekatan Penelitian

Metode yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan secara parsial variabel motivasi kerja, kepuasan kerja, dan kemampuan kerja berpengaruh terhadap kinerja pegawai pada Kantor Kementerian Agama Kabupaten Banjar.

Evaluasi Penerapan Manajemen Mutu Pada Pekerjaan Truss Penggantung Lampu Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta

Intisari

Stadion Utama Glora Bung Karno (GBK) adalah sebuah stadion serbaguna di Jakarta, Indonesia yang merupakan bagian dari kompleks olahraga Gelanggang Olahraga Bung Karno. Stadion ini umumnya digunakan sebagai arena pertandingan sepakbola internasional. Untuk meningkatkan kualitas lapangan serta kenyamanan penonton menyaksikan pertandingan di Stadion Utama GBK. Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melakuan Renovasi dibagian pencahayaan Lapangan. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan manajemen mutu pada proyek pekerjaan truss penggantung lampu Stadion Utama Glora Bung Karno.

Pendekatan Penelitian

Di dalam penelitian ini, Metode yang digunakan yaitu metode self assesment dengan cara melakukan observasi langsung kelapangan dan melakukan wawancara dengan project manager. Penerapan manajemen mutu terhadap pekerjaan truss penggantung lampu harus dilakukan mulai dari perencanaan proyek, Pelaksanaan, Penyimpanan, pengawasan dan serah terima. Penelitian ini menggunakan data primer dan sekunder.

Hasil Penelitian

Dari hasil penelitian ini, dapat ditarik kesimpulan bahwa pelaksanaan renovasi truss penggantung lampu untuk pencahayaan lapangan pada Stadion Glora Bung Karno sudah memenuhi syarat. Hal ini bisa dilihat dari hasil penelitian yang penulis lakukan dimana didapatkan hasil rata-rata 96% pelaksaanan menejemen mutu dijalankan oleh kontraktor.

Pengaruh Kompensasi, Disiplin Kerja, Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Toko Abc Karanganyar

Intisari

Kompensasi, disiplin terhadap pekerjaan dan motivasi kerja merupakan faktor penting dalam upaya mengembangkan sumber daya manusia dalam meningkatkan kinerja karyawan. Penelitian ini bertujuan untuk menggali pengaruh kompensasi, disiplin terhadap pekerjaan dan motivasi kerja terhadap kinerja.

Pendekatan Penelitian

Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dari kuesioner. Responden dalam penelitian ini adalah 45 orang yang merupakan karyawan toko ABC Karanganyar. Validitas dan reliabilitas, regresi linier, determinasi, dan hipotesis diuji dengan program SPSS versi 16.0.

Hasil Penelitian

Hasil penelitian menunjukkan dari pengujian hipotesis secara parsial dan simultan, variabel kompensasi, disiplin kerja dan motivasi kerja berpengaruh terhadap kinerja karyawan.

Peranan Metode Balance Score Card Dalam Meningkatkan Efektifitas Dan Efisiensi Untuk Menghadapi Persaingan Bisnis

Intisari

Balance score card yang diperkenalkan oleh Norton dan Kaplanyear 1992 membawa angin segar bagi perusahaan atau organisasi bisnis untuk diterapkan dan diterapkan ke dalam perusahaan guna mencapai hasil yang diinginkan dan diharapkan sebagai pencapaian tujuan, target, kinerja, akan ada efisiensi dan efektifitas pencapaian dan visi dan strategi dapat diterapkan sehingga dalam hal ini sensitivitas bisnis terhadap lingkungan dapat dicapai sehingga kualitas, layanan, kreativitas, inovasi dan keunggulan kompetitif dapat diciptakan. oleh karena itu, kartu skor keseimbangan harus diterapkan secara konsisten, dan terfokus serta perbaikan berkelanjutan yang berkelanjutan.

 

Pengaruh Karakteristik Produk Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Pengunjung Pada Perpustakaan Proklamator Bung Karno Kota Blitar

Intisari

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh karakteristik produk baik secara langsung maupun tidak langsung terhadap loyalitas melalui kepuasan pengunjung pada Perpustakaan Proklamator Bung Karno Kota Blitar.

Pendekatan Penelitian

Populasi dalam penelitian ini berjumlah 13.798 orang. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 122 responden dan pengambilan sampelnya menggunakan metode accidental sampling. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan metode analisis jalur (path analysis).

Hasil Penelitian

Hasil penelitian menunjukkan bahwa karakteristik produk memiliki pengaruh langsung yang positif terhadap loyalitas pengunjung. Penelitian ini juga membuktikan bahwa karakteristik produk dapat memberikan pengaruh tidak langsung terhadap loyalitas pengunjung, melalui kepuasan pengunjung.Kata Kunci: Karakteristik produk, kepuasan pengunjung, loyalitas pengunjung

 

Analisis Pengaruh Faktor-Faktor Kedisiplinan Terhadap Prestasi Kerja Pekerja Operasional Pada Pt Trimarina Jaya Di Surabaya

Intisari

Dalam penelitian ini menggunakan analisis secara kuantitaf. Model analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah model Regresi Linier Berganda dengan menggunakan OLS (Ordinary Least Squares). Variabel yang digunakan adalah Prestasi Kerja (Y) sebagai variabel terikat dan Kedisiplinan (X) sebagai variabel bebas dengan indikator sebagai berikut: Ancaman (X1), ketegasan terhadap pelaksanaan kedisiplinan (X2), Tujuan dan kemampuan (X3), keteladanan pimpinan (X4).

Hasil Penelitian

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Secara simultan keempat indikator dari variabel kedisiplinan mempunyai pengaruh terhadap Prestasi Kerja. (2) Pengujian secara parsial menunjukkan ketegasan dalam pelaksanaan kedisiplinan mempunyai pengaruh dominan terhadap Prestasi Kerja.

Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kinerja Musyrif/Musyrifah Di Pondok Pesantren Assalam

Intisari

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh motivasi, disiplin, kemampuan, etos kerja, lingkungan kerja dan variabel mana yang paling dominan pengaruh terhadap kinerja musyrif di pondok pesantren Assalam.

Pendekatan Penelitian

Populasi dan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah musyrif dan musyrifah di Pondok Pesantren Assalam. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini digunakan analisis statistik dengan program SPSS yang meliputi uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, regresi linier berganda, uji F, uji t, dan koefisien determinacy (R2).

Hasil Penelitian

Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh motivasi dalam meningkatkan kinerja musyrif. Hasil koefisien pemeriksaan determinacy (R2) yang menunjukkan mereka adalah motivasi, disiplin, kemampuan, etos kerja, dan lingkungan kerja dapat menjelaskan kinerja variabilitas musyrif secara setara 64,3%, dan model sudah lolos dari asumsi klasik yang diuji.

 

Pengaruh Komunikasi Dan Motivasi Terhadap Kinerja Karyawan Pt Bess Finance Banjarmasin

Intisari

Penelitian  ini  bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis (1) Pengaruh komunikasi terhadap kinerja karyawan, (2) Pengaruh motivasi terhadap kinerja karyawan, (3) Pengaruh  komunikasi dan motivasi terhadap kinerja karyawan.

Pendekatan Penelitian

Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif analitis dengan  pendekatan kuantitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode survey. Responden dalam penelitian ini adalah seluruh karyawan PT. BESS Finance Banjarmasin yang  berjumlah 64 orang. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner. Analisis data yang digunakan adalah dengan uji regresi dengan menggunakan program SPSS for windows 21.

Hasil Penelitian

Hasil pengujian hipotesis yang pertama menunjukkan bahwa komunikasi memiliki pengaruh yang signifikan tehadap kinerja karyawan PT. BESS Finance Banjarmasin, Hasil hipotesis kedua menunjukkan bahwa motivasi memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kinerja karyawan PT. BESS Finance Banjarmasin. Hasil hipotesis yang ke tiga menunjukkan bahwa komunikasi dan motivasi secara simultan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kinerja karyawan PT. BESS Finance Banjarmasin.

 

Hubungan Perilaku Kepemimpinan Partisipatif Kepala Sekolah, Iklim Organisasi Dan Efikasi Diri Guru Dengan Perilaku Guru Dalam Menerapkan Pendidikan Karakter Pada Sma Negeri Di Wilayah Medan Utara

Intisari

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Hubungan antara perilaku kepemimpinan partisipatif kepala sekolah dengan perilaku guru dalam menerapkan pendidikan karakter pada SMA Negeri di wilayah Medan Utara 2) Hubungan antara iklim organisasi dengan perilaku guru dalam menerapkan pendidikan karakter pada SMA Negeri di wilayah Medan Utara (3) Hubungan antara efikasi diri guru dengan perilaku guru dalam menerapkan pendidikan karakter pada SMA Negeri di wilayah Medan Utara (4) Hubungan antara perilaku kepemimpinan partisipatif kepala sekolah, iklim organisasi dan effikasi diri guru secara bersama-sama dengan perilaku guru dalam menerapkan pendidikan karakter pada SMA Negeri di wilayah Medan Utara.

Pendekatan Penelitian

Metode penelitian ini adalah kuantitatif jenis deskriptif studi korelasional. Populasi target adalah seluruh guru SMA Negeri yang berada di wilayah Medan Utara, yang terdiri dari SMAN 9, SMAN 16, SMAN 19, dan SMAN 20.Untuk menentukan jumlah sampel digunakan teknik Stratified Proportional Random Sampling, serta tabel Kreicjie dan Morgan. Berdasarkan jumlah populasi tersebut, maka jumlah sampel sebesar 114 orang. Teknik analisis yang digunakan adalah teknik korelasi, regresi sederhana dan ganda. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis statistik deskriptif dan inferensial yang meliputi analisis korelasi dan regresi.

Hasil Penelitian

Hasil penelitian menunjukkan bahwa Perilaku Kepemimpinan Partisipatif Kepala Sekolah, Iklim Organisasi dan Efikasi Diri Guru dengan Perilaku Guru dalam Menerapkan Pendidikan Karakter tergolong kedalam kategori sedang.Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara Perilaku Kepemimpinan Partisipatif Kepala Sekolah dengan Perilaku Guru dalam Menerapkan Pendidikan Karakter, koefesien korelasi 0,239.Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara Iklim Organisasi dengan Perilaku Guru dalam Menerapkan Pendidikan Karakter, koefesien korelasi 0,422.Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara Efikasi Diri Guru dengan Perilaku Guru dalam Menerapkan Pendidikan Karakter, koefesien korelasi 0,340.Terdapat hubungan yang positif dan signifikan secara bersama-sama Perilaku Kepemimpinan Partisipatif Kepala Sekolah, Iklim Organisasi dan Efikasi Diri Guru dengan Perilaku Guru dalam Menerapkan Pendidikan Karakter pada SMA Negeri di wilayah Medan Utara, nilai koefisien korelasi ganda sebesar 0,531. Pengujian dilakukan pada taraf signifikansi dengan dk = 112 dan pada α = 0,05, ini berarti bahwa untuk meningkatkan Perilaku Guru dalam Menerapkan Pendidikan Karakter dibutuhkan Perilaku Kepemimpinan Partisipatif Kepala Sekolah, Iklim Organisasi dan Efikasi Diri Guru yang baik. Hasil penelitian ini dapat bermanfaat bagi Dinas Pendidikan kota Medan, kepala sekolah, dan guru, untuk meningkatkan perilaku guru dalam menerapkan pendidikan karakter, serta peneliti lainnya untuk memperdalam informasi terhadap penelitian lain yang relevan.

Membangun Nilai-Nilai Kepemimpinan melalui Brainware Management

Intisari

Kontruksi masyarakat masa depan adalah sernakin transparan karena terjadinya revolusi komunikasi, dan sernakin fokus karena manusia rnengalami proses pemantapan (compression) dan saling berketergantungan (interdependensi). sehingga kehidupan manusia benar-benar mengalami multiplikasi. Ada tujuh fokus perhatian yang saling berkaitan dengan gagasan pembentukan masyarakat masa depan yang penuh dengan keragaman, konflik, ancaman, dan peluang

Pengaruh Komitmen Karyawan Perusahaan Daerah Air Minum Kabupaten Tulungagung Terhadap Prestasi Kerja

Intisari

Komitmen pemberi kerja adalah penyebab yang sangat penting dari perusahaan yang menyatakan bahwa mereka berhasil karena memotivasi dan menyarankan dari majikan, itu benar-benar menjadi cara yang baik untuk perusahaan. Jika komitmen telah memungkinkan untuk mencapai tujuan. Pengamatan ini telah dilakukan di sebuah perusahaan yang ditempatkan di Distrik Perusahaan Air Dringking Kabupaten Tulungagung sejak 12 Januari hingga 25 April 2002. Pengamatan ini untuk: (1) Untuk mengetahui komitmen yang dihadapi para pengusaha DDWC di Tulungagung . (2) Untuk mengetahui secara parsial pengaruh komitmen terhadap prestasi kerja pengusaha DDWC di Tulungagung (3) Untuk mengetahui pengaruh dominan dari variabel yang dihasilkan dalam komitmen.

Pendekatan Penelitian

Metode observasi adalah studi kasus dan teknik pengambilan sampel adalah stratified sampling. Tanggal dari tanggal primer dan tanggal sekunder. Tanggal primer dianalisis dengan regresi berganda dan Korelasi, dan eksperimen yang dilakukan untuk eksperimen (pengujian dengan cara bersama) dan eksperimen (pengujian dengan cara parsial). Produk dari pengamatan adalah (1) komitmen mempengaruhi prestation pemberi kerja dalam pekerjaan untuk DDWC di Tulungagung dengan koefisien korelasi 70,6%, dan koefisien determinasi 50% (2) Pengaruh terbesar sebagai parsial berhadapan dengan pekerjaan. Prestasi ditunjukkan oleh variabel loyalitas dengan memberikan kontribusi 83% terhadap prestasi kerja.

Pengaruh Gaya Kepemimpinan Terhadap Kinerja Pustakawan Pada Perpustakaan Perguruan Tinggi Negeri Di Surabaya

Intisari

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mengetahui pengaruh gaya kepemimpinan terhadap kinerja dan keinginan pustakawan penelitian tahu seberapa besar pengaruh gaya kepemimpinan di perpustakaan nirlaba. Penelitian ini juga ingin tahu yang mana Gaya kepemimpinan lebih dominan digunakan di perpustakaan universitas di surabaya.

Pendekatan Penelitian

Penelitian ini menguji dan menguji reliabilitas hasilnya bisa dikatakan valid dan dapat diandalkan. Pengukuran variabel untuk menguji hipotesis menggunakan uji F dan uji penentuan (R2). Untuk hasil uji-F yang diperoleh dalam penelitian ini dihitung nilai F = 2.955 dan nilai F tabel = 2.74 dan nilai signifikansi 0,039 <0,05.

Hasil Penelitian

Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan (nyata) antara gaya kepemimpinan (demokratis, otoriter dan gratis) pada kinerja pustakawan di perpustakaan universitas negeri di Indonesia surabaya. Sementara hasil perhitungan koefisien determinasi (R2) menunjukkan variasi dari variabel dependen yang dapat dijelaskan oleh variabel independen bersama-sama pada 0,118. Yaitu variabel sebanyak 11,8% Kinerja pustakawan dapat dijelaskan oleh variabel gaya kepemimpinan. Sisanya, 88,2% dijelaskan oleh yang lain variabel luar variabel dianalisis dalam penelitian ini.

Pengaruh Pengendalian Internal Terhadap Kualitas Laporan Keuangan (Studi Empiris Pada Badan Layanan Umum Terintegritas Di Kota Jakarta)

Intisari

Otonomi daerah adalah hak, wewenang dan kewajiban daerah otonom untuk mengatur dan mengurus urusan pemerintahan sendiri dan kepentingan masyarakat setempat sesuai dengan peraturan perundang-undangan (UU 32/2004). Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2004 tentang Perbendaharaan Negara pasal 68 dan 69 menyatakan bahwa Instansi pemerintahan yang tugas pokok dan fungsinya memberi pelayanan kepada masyarakat dapat menerapkan pola pengelolaan keuangan yang menonjolkan produktivitas, efisien dan efektivitas Hal ini membuka koridor bagi penerapan basis kinerja di lingkungan pemerintah. Namun dalam Badan Layanan Umum terintegrasi di Kota Jakarta terdapat kelemahan laporan keuangan yang dihasilkan, yang dikhawatirkan kelemahan tersebut berdampak pada kerugian Negara. Pengendalian Internal dalam instansi berperan penting pada kualitas laporan keuangan, pada umumnya pengendalian internal mempunyai peranan yang sangat penting untuk mengarahkan operasi instansi dan mengurangi kemungkinan terjadinya kesalahan atau kecurangan.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh pengendalian internal terhadap kualitas laporan keuangan pada Badan Layanan Umum terintegrasi di Kota Jakarta. Faktor yang diuji dalam penelitian ini adalah pengendalian internal sebagai variabel independen sedangkan kualitas laporan keuangan sebagai variabel dependen.

Pendekatan Penelitian

Metode penelitian yang digunakan adalah metode explanatory. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh staf akuntansi pelaporan keuangan pada Badan Layanan Umum terintegrasi di Kota Jakarta. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 120 pegawai. Sampel dalam penelitian ini adalah 120 staf akuntansi pelaporan keuangan Badan Layanan Umum terintegrasi di Kota Jakarta. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier sederhana. Program yang digunakan dalam menganalisis data menggunakan Statistical Package for Social Sciences (SPSS) Ver. 20.00. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial dan simultan pengendalian internal berpengaruh signifikan terhadap kualitas laporan keuangan Badan Layanan Umum.

Kinerja Keuangan Dan Efisiensi Proses Internal Sebelum Dan Sesudah Penerapan Ppk-Blud Pada Rsud Kab.Klungkung

Intisari

Penelitian ini dilakukan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Klungkung sebagai salah satu Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) yang telah menerapkan Pola Pengelolaan Keuangan Badan Layanan Umum Daerah (PPK-BLUD). Penelitian ini menguji perbedaan kinerja RSUD Kabupaten Klungkung sebelum dan sesudah menjadi PPK-BLUD. Penelitian ini menggunakan data sekunder seperti kinerja keuangan dan efisiensi kinerja proses internal, diproksi dengan kinerja pendapatan, pengeluaran, rasio saat ini, rasio kas, rasio cepat, Bed Occupancy Ratio (BOR), Rata-Rata Lama Menginap (ALOS), Putar Over Interval (TOI) dan Bed Turn Over (BTO). Pengujian statistik menggunakan uji statistik non-parametrik dari Kolmogorov-Smirnov, jika data berdistribusi normal kemudian dilanjutkan dengan paired sample t-test pada masing-masing variabel.

Hasil Penelitian

Hasil pengujian seluruh proxy menggunakan Uji paired sample t-test menunjukkan tidak ada perbedaan kinerja keuangan dan efisiensi proses internal sebelum dan sesudah implementasi CO-BLUD. Hal ini disebabkan oleh manajemen RSUD Kabupaten Klungkung yang belum secara optimal menerapkan peraturan yang diatur dalam Permendagri No. 61 tahun 2007.

Pengaruh Kualitas Pelayanan Mmc (Muhammadiyah Medical Centre) Terhadap Kepuasan Mahasiswa (Analisis Regresi Tingkat Kepuasan Mahasiswa Fki Ums)

Intisari

Dalam upayanya memberikan fasilitas pelayanan kesehatan kepada civitas akademia, UMS menyediakan MMC yang bertujuan memberikan kepuasan pelayanan kesehatan atau pengobatan 24 jam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kualitas pelayanan (Xtotal) yang terdiri dari Reliability, Responsiveness, Assurance, Emphaty, Tangibles terhadap tingkat kepuasaan Mahasiswa FKI UMS.

Hasil Penelitian

Hasil penelitian dengan perhitungan regresi sederhana diperoleh persamaan regresi Y = a + bX, Y = (2,189) + 0,224. Konstanta (a): (2,189) berarti apabila tidak ada variabel kualitas pelayanan MMC maka nilai kepuasan mahasiswa akan mengalami penurunan sebesar 2,189 point. b = 0,224: berarti apabila variabel kualitas pelayanan MMC terus ditingkatkan misalkan meningkatkan 1 point maka variabel ini berpengaruh terhadap kepuasan mahasiswa sebesar 0,224. Hasil uji t bahwa thitung sebesar 9,450, sehingga nilai thitung (9,450) > ttabel (1,98), maka ada pengaruh yang signifikan antara kualitas pelayanan MMC terhadap kepuasan mahasiswa. Besarnya pengaruh variabel kualitas pelayanan MMC terhadap kepuasan mahasiswa adalah sebesar 49% sedangkan sisanya sebesar 51% (100%-49%) dipengaruhi oleh variabel lain di luar penelitian ini.

Analisis Gaya Kepemimpinan Ganjar Pranowo Dalam Mewujudkan Efektifitas Kinerja Birokrasi Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga Dan Cipta Karya Provinsi Jawa Tengah Periode 2013-2017

Intisari

Kinerja birokrasi yang belum menunjukkan konsistensinya dalam melakukan pelayanan publik akan berdampak pada tidak optimalnya dalam mencapai tujuan yang ingin dicapai dalam suatu organisasi. Sesuai dengan salah satu prinsip good governance yaitu efektivitas, seorang birokrat tentu saja memprioritaskan efektivitas kinerja untuk melayani masyarakat. Metode kualitatif adalah metode yang digunakan dalam penulisan penelitian ini. Dengan menggunakan metode kualitatif ini bertujuan agar penulis dapat memperoleh data secara langsung dengan cara uraian berupa kata-kata dan bahasa dan penggalian melalui cara dialogis dengan maksud agar penulis mengetahui tentang situasi ilmiah di luar. Gaya kepemimpinan yang melekat pada Ganjar Pranowo adalah gaya kepemimpinan eksekutif eksekutif, yaitu Ganjar menerapkan pemanfaatan teknologi di Departemen Pekerjaan Umum Jalan Raya dan Cipta Karya Provinsi Jawa Tengah. Pemanfaatan teknologi bertujuan untuk meningkatkan layanan terutama dalam pembangunan jalan di Jawa Tengah.

Dimensi Politik Strategi Pembangunan Ekonomi Indonesia

Intisari

Seperti pada saat Pemerintahan Baru Indonesia menggantikan Pemerintahan Kolonial, dan seperti Pemerintahan Orde Baru menggantikan Pemerintahan Orde Lama, maka cara penggantian pemerintahan selalu diikuti dengan penilaian terhadap kinerja pemerintahan sebelumnya yang tidak mampu mengatasi krisis. Tidak kurang pula banyaknya wanti-wanti yang memperingatkan jangan sampai gaya dan cara yang telah ditempuh oleh Pemerintah Orde Baru tersebut mewarnai pemerintahan yang sekarang ini. Reformasi harus total! Begitulah kira-kira suara-suara yang paling sering terdengar. Kenyataan sejarah menunjukkan lain. Tidak semua unsur krisis adalah hasil dari kesalahan rezim yang lalu. Rezim yang lalu tentu tidak lepas dari kekurangan dan kesalahan. Sebaliknya, hasil-hasil positif pada masa lalu tidak dapat diabaikan begitu saja, bahkan perlu untuk dilanjutkan oleh rezim yang baru dan yang akan datang.

Pengaruh Gaya Kepemimpinan Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Kantor Desa Cilopadang Kecamatan Majenang

Intisari

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh gaya kepemimpinan dan motivasi kerja pada kantor Desa Cilopadang. Pengumpulan data menggunakan data primer yang diperoleh dari penyebaran kuesioner dan data primer yang didapat dari kantor Desa Cilopadang. Metode sampel yang digunakan yaitu purposive sampling (pemilihan sampel dengan kriteria tertentu). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pegawai kantor Desa Cilopadang yang berjumlah 42 orang. Hasil kuesioner tersebut telah diuji validitas dan realibilitas dan juga telah diuji asumsi klasik berupa asumsi normalitas, multikolonieritas dan heterokedastisitas. Metode analisis data menggunakan teknik regresi linier berganda.

Hasil Penelitian

Hasil penelitian menunjukkan bahwa hipotesis yang diajukan baik secara parsial maupun simultan diterima karena menunjukkan hasil uji hipotesis yang signifikan parsial dan signifikan simultan. Dari penelitian ini, kesimpulan yang dapat di ambil baha ketika gaya kepemimpinan dan motivasi kerja dilakukan uji secara bersama-sama terdapat pengaruh yang signifikan antara gaya kepemimpinan dan motivasi kerja terhadap kinerja pegawai kantor desa cilopadang yaitu dengan tingkat signifkan sebesar 0,046. Jika dilakukan uji persial, motivasi memiliki pengaruh yang signiikan terhadap kinerja pegawai dengan tingkat signifikan 0,044. Sedangkan gaya kepemimpinan memiliki pengaruh yang lemah terhadap kinerja pegawai yaitu dengan tingkat signiikan 0,575.

Strategi Pengembangan Jasa Pariwisata Kota Bengkulu

Intisari

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui strategi apa yang tepat untuk rencana pengembangan jasa/produk pariwisata Kota Bengkulu ditinjau dari pengambil keputusan, pelaku usaha, masyarakat dan konsumen. Serta implikasinya berdasarkan demografi responden, analisis SWOT, analisis Isi, dan fasilitas, pelayanan dan ide pengembangan. Objek penelitiannya adalah sector pariwisata Kota Bengkulu.

Pendekatan Penelitian

Sample diambil dengan menggunakan metode convenience sampling. Jumlah sampel tidak ditentukan. Penelitian ini menggunakan data primer yang diambil dari hasil wawancara, observasi dan penyebaran kuesioner, selain itu data juga diambil dari data sekunder (studi kepustakaan). Data yang diperoleh dianalisa dengan menggunakan analisis kualitatif berupa analisis SWOT dan content analysis.

Hasil Penelitian

Hasil penelitian menunjukan bahwa dalam menerapkan strategi pengembangan pengambil keputusan dapat merapkan strategi pertumbuhan yang berdasarkan strategi fasilitas, pelayanan dan ide. Ksan positif dari kalangan pemerintah, pelaku usaha, masyarakat dan konsumen dapat menjadi kekuatan dalam mengoptimalkan pengembangan jasa bagi sektor pariwisata Kota Bengkulu. Hasil penelitian juga menunjukan bahwa di Kota Bengkulu dapat dikembangkan wisata buatan asalkan ditata dengan sedemikian rupa agar memilki cirri khas jika dibandingkan pada daerah lainnya, selain itu wisata budaya Kota Bengkulu dapat berkembang jika event Kota Bengkulu telah terjadwal rapi. Kesemua ciri khas yang dimiliki dapat diinformasikan melalui media ektronik, maka dari itu Kota Bengkulu harulah memiliki suatu Website yang dapat selalu up to date dalam penyampaian informasi yang dibutuhkan wisatawan.

Analisis Pengaruh Pemberian Insentif Terhadap Produktivitas Kerja Karyawan Dalam Perspektif Ekonomi Syariah (Studi Pada Pt. Bumiputera Syariah Bandar Lampung)

Intisari

Insentif adalah penghargaan atas dasar prestasi kerja yang tinggi yang merupakan rasa pengakuan dari pihak organisasi terhadap prestasi kerja karyawan pada organisasi. Metode insentif yang adil dan layak merupakan daya penggerak yang merangsang terciptanya pemeliharaan karyawan. Karena dengan pemberian insentif karyawan merasa mendapat perhatian dan pengakuan terhadap produktivitas kerja yang dicapai, sehingga semangat kerja dan loyalitas karyawan akan lebih baik.

Pelaksanaan pemberian insentif dimaksudkan perusahaan terutama untuk meningkatkan prestasi dan mempertahankan karyawan yang mempunyai produktivitas tinggi untuk tetap bekerja pada perusahaan. Insentif itu sendiri merupakan rangsangan yang diberikan kepada karyawan dengan tujuan untuk mendorong karyawan dalam bertindak dan berbuat sesuatu untuk tujuan perusahaan.

Pendekatan Penelitian

Hal ini berarti insentif merupakan suatu bentuk motivasi bagi karyawan agar dalam diri mereka timbul semngat yang lebih besar untuk berprestasi bagi perusahaan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana sistem pemberian insentif pada PT. Bumiputera Syariah Bandar Lampung dan Bagaimana pengaruh insentif yang dikeluarkan PT. Bumiputera Syariah Bandar Lampung terhadap produktivitas kerja karyawan. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui sistem pemberian insentif yang digunakan PT. Bumiputera Syariah Bandar Lampung dan apakah pemberian insentif berpengaruh pada produktivitas kerja karyawan. Objek penelitian adalah PT. Bumiputerra Syariah Bandar Lampung. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kualitatif dengan teknik wawancara dan kuesioner yang diajukan dan diberikan kepada pimpinan dan karyawan PT. Bumiputera Syariah Bandar Lampung. Sumber data yang digunakan adalah data primer berupa wawancara, dokumentasi dan kuesioner.

Hasil Penelitian

Berdasarkan uraian dan pembahasan di atas, dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut: Sistem pemberian insentif yang dilakukan oleh pihak perusahaan PT. Bumiputera Syariah Bandar Lampung sudah cukup baik. Dimana insentif yang diberikan kepada karyawan sesuai dengan tingkat resiko dan hasil pekerjaan yang dicapai oleh karyawan. Serta Upaya yang dilakukan PT. Bumiputera Syariah Bandar Lampung dalam pemberian insentif sudah dapat meningkatkan produktivitas kerja bagi karyawannya. Dan pemberian insentif pada PT. Bumiputera Syariah sudah sesuai dengan prinsif Ekonomi Syariah yang mana setiap karyawan akan mendapatkan balasan dari hasil pekerjaannya yang berupa insentif.

Share and Enjoy !

0Shares
0 0 0

Leave a Reply

Open chat
Hallo ????

Ada yang bisa di bantu?
Powered by