HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Tesis S2 Magister Ilmu Hukum Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta

Program Magister Hukum Fakultas Hukum Universitas Sebelas Maret merupakan salah satu sekolah hukum terkemuka di Indonesia. Program Studi Magister Hukum menawarkan gelar Master dari berbagai disiplin (bidang keilmuan) untuk secara lebi memahami bidang hukum umum maupun spesialis.

Bidang hukum yang ditawarkan meliputi hukum Kebijakan Publik, Hukum Bisnis, Hukum Pidana Ekonom i, Hukum Kesehatan dan Hukum Ekonomi Syariah. Semua bidang ditangani oleh para Yuris (ahli hukum) yang sebagian besar terhubung dengan kelompok-kelompok penelitian (Research Group), yang dapat menjadi sumber-sumber akademik berharga bagi mahasiswa

Daftar Isi

  1. Visi
  2. Misi
  3. Fasilitas
  4. Profil Lulusan
  5. Program Studi Sarjana (S1) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta
  6. Program Studi Pasca Sarjana (S2) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta

Visi

Menjadi Fakultas Hukum terkemuka yang memiliki keunggulan di bidang hukum bisnis dan kebijakan publikd dengan menghasilkan lulusan yang profesional , bermoral, dan mampu bersaing di tingkat internasional untuk mewujudkan  supremasi hukum dan pembangunan budaya hukum masyarakat

Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan tinggi hukum yang dilandasi prinsip relevansi, iklim akademik yang kondusif, keberlanjutan, efisiensi dan produktivitas untuk menghasilkan lulusan yang memiliki keahlian profesi hukum yang tangguh dengan didukung kemampuan akademik yang berkualitas, bermoral, dan dapat dapat bersaing di tingkat internasional.
  2. Menyelenggarakan sistem pengelolaan organisasi lembaga pendidikan berdasarkan prinsip-prinsip good governance, mandiri dan bertanggungjawab.
  3. Mengembangkan sikap profesionalisme daya kritis dalam rangka meningkatkan kualitas sumber daya manusia melalui penelitian dan pengkajian persoalan di bidang hukum dan kehidupan masyarakat pada umumnya
  4. Membangun dan mengembangkan budaya hukum melalui pengabdian masyarakat sebagai bentuk tanggung jawab sosial untuk mewujudkan supremasi hukum dan kesejahteraan sosial

Fasilitas

  1. Ruang Kuliah, Setiap ruang perkuliahan dilengkapi AC, alat bantu/media pembelajaran yang terdiri meja kursi dosen, kursi belajar yang mencapai 20 s.d. 30 unit, whiteboard, overhead projector, microphone cable and wireless, sound system, aplikasi program powerpoint presentations, flash macro media, maupun multimedia dan sejenisnya, laptop berfasilitas wifi guna akses internet via hot spot area dan LCD Projector.

 

  1. Peralatan Ruang Kantor, Peralatan kantor tersedia sangat lengkap dan modern antara lain berupa pendingin ruangan (AC), personal computer (PC) yang terhubung dengan modem untuk akses internet, mesin faximile, printer multifungsi (print, scan, copy), scanner, mesin foto kopi, kursi dan meja tamu, almari arsip (file keeper), telepon dan lain-lain.

 

  1. Bahan Pustaka dan Sarana Lainnya, Perpustakaan Fakultas Hukum tersedia koleksi Buku Text 4600 judul, jumlah eksemplar sebanyak 13.849 buah dalam bahasa asing maupun Indonesia. Jurnal ilmiah 28 judul 355 eksemplar, Buletin/Majalah ilmiah 5 judul 415 eksemplar, Tesis 195 judul 195 eksemplar, Skripsi 2416 judul 2416 eksemplar, Buku Teks 4600 judul 13.849 eksemplar, CD 33 judul 361 eksemplar. Di samping itu tersedia jurnal elektronik on line (westlaw) yang menampung ratusan jurnal internasional bidang hukum.

Mahasiswa dapat mengakses ke perpustakaan di luar perpustakaan  UNS di atas yaitu, Perpustakaan Kota Surakarta, Provinsi Jateng,  Mahkamah Agung RI, Mahkamah Konstitusi, UII Jogjakarta, Ikatan Notaris Indonesia Pusat, UNDIP, UGM, UI, BPHN.

Perpustakaan yang berada di UNS memiliki sarana yang sangat lengkap seperti CCTV untuk keamanan koleksi, pendingin ruangan, meja kursi diskusi maupun personal, 5 unit personal computer (PC) yang terhubung internet, printer multi fungsi (print, scan, copy) dan hot spot area yang memudahkan mahasiswa terkoneksi internet.

  1. Peralatan Laboratorium, Program Magister Ilmu Hukum memiliki laboratorium yang sangat lengkap modern mutakhir serta sangat sesuai dengan kebutuhan untuk mendukung proses pembelajaran, penelitian, dan kegiatan akademik lainnya. Selain itu tersedia sarana ruang video conference dan peralatan pendukung IT dengan kapasitas 50 orang hasil kerjasama dengan Mahkamah Konstitusi. Sarana Video Conference dapat dipergunakan untuk perkuliahan jarak jauh oleh dosen tamu (expert) dan mengikuti praktek persidangan. Sarana Video Conference berfungsi sangat baik karena peralatan yang tersedia dalam kondisi baru dan secara intensif digunakan dalam proses pembelajaran. Dalam rangka pemeliharaan dan peningkatan mutu peralatan dialokasikan dana secara khusus oleh program studi dan hibah dari Mahkamah Konstitusi. Ruangan Video Conference memiliki luas 150 meter persegi, sarana AC (air conditioning), pengamanan yang memadai dan didukung teknisi yang sangat terampil.

 

  1. Fasilitas Komputer, Fasilitas komputer di Lab. Komputer dapat dimanfaatkan sebagai self access terminal oleh dosen dan mahasiswa pada jam kerja (pukul 08.00 – 16.00), tanpa dipungut biaya. Di samping itu tersedia fasilitas hot spot yang dapat dimanfaatkan untuk akses internet 24 jam bagi dosen dan mahasiswa.

 

Profil Lulusan

Lulusan Magister Ilmu Hukum  memiliki kompetensi dalam kapasitasnya sebagai :

 

Ilmuawan : Dosen, peneliti, konsultan

 

Birokrat : Pegawai pemerintah maupun swasta

 

Legislator : DPR maupun DPRD

 

Wirausahawan

 

  1. Pemberdaya sosial

 

  1. Praktisi : Pengacara, Saksi Ahli

 

Program Studi Sarjana (S1) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta

Prodi Ilmu Hukum

 

Program Studi Pasca Sarjana (S2) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta

Prodi Ilmu Hukum

 

 

Share and Enjoy !

0Shares
0 0 0

Leave a Reply

Open chat
Hallo ????

Ada yang bisa di bantu?