HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Tesis S2 Magister Manajemen Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta

Universitas Sebelas Maret biasa disingkat sebagai UNS adalah salah satu universitas negeri di Indonesia yang berada di Kota Solo. Universitas yang giat membangun ini, menyediakan berbagai paket pendidikan diploma, sarjana, pascasarjana, dan doktoral.

Daftar Isi

  1. Akreditasi Magister Manajemen
  2. Sejarah Magister Manajemen Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta
  3. Visi
  4. Misi
  5. Tujuan
  6. Prestasi
  7. Program Studi Sarjana (S1) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta
  8. Program Studi Pasca Sarjana (S2) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta

 

Akreditasi Magister Manajemen

Terakreditasi A

 

Sejarah Magister Manajemen Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta

Awal berdirinya Program Pascasarjana (PPs) Universitas Sebelas Maret (UNS) dimulai dari pembukaan Program Kegiatan Pengumpulan Kredit (KPK) Program Studi Pendidikan Sejarah yang menginduk pada Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Negeri Jakarta tahun 1986. Program KPK tersebut berada di bawah pengelolaan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) UNS.

 

Pada akhir tahun 1997 dibuka Program Studi Linguistik berdasarkan Surat Keputusan (SK) Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No. 414/DIKTI/Kep/1997. Tahun 1998 dibuka Program Studi Ilmu Lingkungan berdasarkan SK Dirjen Dikti Depdikbud RI No. 161/DIKTI/Kep/1998.

 

Pembukaan dua program studi tersebut mengawali berdirinya PPs UNS di tahun 1998. Pada awalnya, atas kebijaksanaan Rektor, PPs UNS hanya dikoordinasikan oleh seorang koordinator PPs. Sejak tahun 1999 PPs UNS telah berdiri lima program studi, yaitu Program Studi Teknologi Pendidikan, Program Studi Pendidikan Kependudukan dan Lingkungan Hidup (PKLH), Program Studi Ilmu Keolahragaan, Program Studi Kedokteran Keluarga, dan Program Studi Magister Manajemen. Dengan bertambahnya lima program studi tersebut, Rektor UNS merestrukturisasi organisasi PPs UNS dengan menunjuk seorang Direktur PPs, seorang Asisten Direktur (Asdir I) bidang akademis, dan seorang Asdir II bidang administrasi dan keuangan sebagai pengelola inti PPs UNS.

 

Sesuai perubahan SOTK UNS (Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No 82 tahun 2014 PPs UNS dikelola oleh Direktur didampingi Wakil Direktur Bidang Akademik dan Wakil Direktur Bidang Keuangan dan Umum.

 

 

 

Perkembangan Program Studi

Padatahun 1999, PPs UNS telah memiliki lima program studi,  yaitu Program Studi Teknologi Pendidikan, Program Studi Kependudukan dan Lingkungan Hidup (PKLH), Program Studi Ilmu Keolahragaan, Program Studi Kedokteran Keluarga, dan Program Studi Magister Manajemen. Pada tahun 2009 PPs program studi di PPs  UNS telah berkembang menjadi  28 program studi  S2 (magister) dan 7 program studi S3 (doktor). Tahun 2012 PPs berkembang lagi dengan8 program studi S3 (doktor). Sampai tahun 2015UNS menyelenggarakan38 program studi S2 (magister) dan 11 program studi S3 (doktor), dengan rincian yang dikelola PPs UNS 25 program studi S2 dan 6 program studi S3 (Keputusan Rektor UNS nomor 718/UN27/PP/2015),  yang dikelola Fakultas Ekonomi dan Bisnis 3 program studi S2 dan 1 program studi S3, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan mengelola 8 Program studi S2 dan 3 Program studi S3, Fakultas Hukum mengelola 2 program studi S2 dan 1 program studi doktor.

 

Visi

Menjadi lembaga pengembangan IPTEKS yang bereputasi di tingkat internasional.

 

Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan yang bermutu dan berinovasi.
  2. Menyelenggarakan penelitian yang menghasilkan inovasi dalam pengembangan keilmuan.
  3. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat, terutama sebagai tindak-lanjut penerapan hasil penelitian
  4. Menyelenggarakan Tri Dharma Perguruan Tinggi untuk memenuhi kebutuhan SDM bangsa dalam bidang tertentu

 

Tujuan

  1. Terciptanya lingkungan yang mendorong warga kampus mengembangkan kemampuan diri secara optimal
  2. Dihasilkannya lulusan yang bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berbudi luhur, cerdas, terampil, mandiri, sehat jasmani, rohani, dan sosial
  3. Terciptanya wahana pengembangan IPTEK yang berdaya guna dan berhasil guna
  4. Terwujudnya desiminasi hasil pendidikan dan pengajaran serta penelitian kepada masyaarkat sehingga terjadi transformasi berkelanjutan untuk kehidupan yang lebih sejahtera
  5. Terbangunnya pengembangan nilai-nilai luhur budaya nasional sebagai salah satu landasan berpikir, bersikap, dan berperilaku dalam kehidupan
  6. Terwujudnya pranata kehidupan yang beradab menuju terciptanya masyarakat yang tertib dan damai
  7. Terciptanya kehidupan berbangsa dan bernegara yang berdaulat, bersatu, adil, dan makmur
  8. Terwujudnya Universitas Sebelas Maret sebagai universitas bereputasi internasional (internationally reputable university).

 

Prestasi

Dikaitkan dengan apa yang telah dilakukan, dihasilkan dan disumbangkan UNS kepada bangsa Indonesia sampai dengan hari ini. Di bidang “Penguasaan IPTEK”, khususnya dalam bidang pembelajaran dan penelitian, secara bertahap UNS telah menghasilkan berbagai prestasi, antara lain: Berhasil mengembangkan mobil hemat bahan bakar. UNS telah berhasil dan sukses mengembangkan mobil Samudra Generasi II rakitan Tim Bengawan mahasiswa Fakultas Teknik UNS yang di beberapa kejuaraan berhasil meraih prestasi bergengsi sebagai juara di tingkat Internasional. Tim tersebut berhasil meraih juara 2 (Runner Up) kategori Gasoline Urban Concept kompetisi hemat bahan bakar Shell Eco-Marathon (SEM) Asia di Manila. Mobil ini mampu bersaing dan mengalahkan Tim dari luar negeri (Phillipines, India, Qatar dan Pakistan). Penguatan riset Mobil Listrik Nasional (MOLINA) dengan battery Lithium “Sinar UNS”.

 

Perpaduan antara hasil publikasi karya ilmiah dosen di jurnal internasional dengan penguatan TIK berdampak langsung terhadap pengakuan ranking institusi UNS berupa, antara lain:

 

Peringkat 691 dunia atau peringkat 5 Indonesia menurut versi 4 International Colleges and Universities (4ICU).

Peringkat 367 dunia atau 6 Indonesia dalam ranking web of repositories atau peringkat 1.223 dunia atau peringkat 6 Indonesia dalam versi pemeringkatan webometric ranking web of universities.

Beberapa bukti bahwa UNS telah dikelola secara baik dan benar dengan beberapa perolehan prestasi gemilang, antara lain adalah:

 

Akreditasi Unggul (A) dengan “nilai terbaik ketiga” untuk Akreditasi Institusi Perguruan Tinggi (AIPT) yang diberikan oleh Badan Akreditasi Nasional PT.

Opini “Wajar Tanpa Pengecualian (WTP)” dari Badan Pemeriksa Keuangan RI selama 5 tahun berturut-turut. UNS dengan pengelolaan PK-BLU berupaya untuk menerapkan kaidah-kaidah good governance dan clean governance melalui kebijakan remunerasi.

Peringkat 155 dunia atau 8 Indonesia sebagai “Green Campus” versi UI GreenMetric.

Sertifikasi ISO 9001-2008 untuk layanan administrasi di semua layanan administrasi UNS.

Proyek Pinjaman Hibah Luar Negeri/ Loan untuk Pengembangan Rumah Sakit Pendidikan UNS, yang dibiayai dari Islamic Development Bank (IDB) dan Saudi Fund Development (SFD) dengan total anggaran lebih dari Rp. 400 Milyar Rupiah.

Memperoleh pengakuan Ditjen Dikti dalam pemeringkatan “Student Performmatrics” sebagai ranking 2 PTN se Indonesia. Pemeringkatan tersebut didasarkan pada akumulasi prestasi mahasiswa di berbagai kegiatan bidang ko dan ekstra kurikuler. Prestasi ini merupakan pengakuan bahwa Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) di UNS telah dikelola secara sehat.

 

Program Studi Sarjana (S1) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta

Program Studi Akuntansi

Program Studi Manajemen

Program Studi Ekonomi Pembangunan

 

Program Studi Pasca Sarjana (S2) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta

Program Magister Linguistik

Program Magister Ilmu Lingkungan

Program Magister Manajemen

Program Magister Kedokteran Keluarga

Program Magister Teknologi Pendidikan

Program Magister Ilmu Keolahragaan

Program Magister Ilmu Hukum

Program Magister Ilmu Ekonomi

Program Magister Ekonomi

 

 

 

Share and Enjoy !

0Shares
0 0 0

Leave a Reply

Open chat
Hallo ????

Ada yang bisa di bantu?