HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Tesis Psikologi: Gambaran Citra Tubuh pd Remaja yg Obesitas

Judul Tesis : Gambaran Citra Tubuh pada Remaja yang Obesitas

 

Latar Belakang

Semua orang tentu saja ingin menampilkan sebuah tampilan fisik yang menarik, termasuk para remaja baik putra maupun putri. Bagi seorang remaja yang bentuk tubuhnya kurang ideal, sering sekali menolak kenyataan perubahan fisiknya sehingga mereka tampak mengasingkan diri karena merasa minder, dan bagi remaja yang menerima perubahan fisik yang terjadi pada dirinya, menganggap hal tersebut merupakan suatu hal yang wajar karena memang akan dialami semua orang yang melaluai masa pubertas (Hurlock, 1999). Banyak usaha yang dilakukan para remaja putri untuk membentuk tubuh yang ideal agar menjadi kurus (Dacey dan Kenny, 2001). Pada umumnya mereka melakukan diet, berolahraga, mealakukan perawatan tubuh, mengkonsumsi obat pelangsing dan lain-lain. Sejauh ini remaja putri lebih menyukai diet untuk menurunkan berat badan. Tidak berbeda dengan remaja putri, remaja putra pun sebagian mengalami masalah berat badan.

Bagi mereka yang memiliki bobot yang berlebihan dianggap akan memiliki permasalahan yang cukup berat untuk mendapatkan perhatian dari lawan jenis. Banyak remaja putera yang berharap dapat membuat tubuh mereka sedikit kekar atau berotot dan keinginan itu pada sebagian remaja putra disalurkan melalui kegiatan olahraga. Namun sayang bagi remaja yang kegemukan, olahraga merupakan kegiatan yang menyiksa (www.e-psikologi.com/remaja/130502.htm). Tubuh yang kurus, bagi wanita, tidak hanya menunjukkan wanita yang aktif, tetapi juga menyimbolkan kesuksesan dan status ekonomi yang tinggi (Rodin, Sillberstein, & Stringel – Moore, 1984). Wanita pada umumnya menginginkan tubuh yang langsing sebaliknya laki-laki pada umunya menginginkan tubuh yang berotot. Wanita merasa tidak bahagia dengan bentuk tubuhnya dan berusaha untuk menurunkan berat badannya meskipun mereka sudah memiliki badan yang ideal. Hal ini dapat disebabkan karena adanya figur ideal yang menjadi panutan yang diperoleh dari faktor luar seperti media. Media sangat mempengaruhi gambaran ideal akan sosok tubuh seseorang, baik itu laki-laki maupun wanita. Semakin sering melihat tubuh sempurna, maka semakin besar obsesi untuk bisa seperti model di majalah.

 

Rumusan Masalah

“Bagaimana gambaran citra tubuh remaja yang obesitas?”.

Landasan Teori

Obesitas

Pengertian  obesitas  dalam  psikologis  menurut  Wurtman  &  Wurtman  (1996) adalah simpanan energi yang berlebihan dalam bentuk lemak, yang berdampak buruk bagi kesehatan dan perpanjang usia.

 

Citra Tubuh

Menurut  kamus  psikologi  (Chaplin,  2005)  citra  tubuh  adalah  ide  seseorang mengenai  penampilannya  di  hadapan  orang  (bagi)  orang  lain.  Papalia,  Olds,  dan  Feldman  (2001)  menyatakan  bahwa  citra  tubuh  merupakan  gambaran  dan  evaluasi  Kinanti Indika : Gambaran Citra Tubuh Pada Remaja Yang Obesitas, 2010. mengenai  penampilan  seseorang.  Dacey  &  Kenny  (2001)  menyatakan  bahwa  citra  tubuh adalah keyakinan seseorang akan penampilan mereka di hadapan orang lain.

 

Remaja

Santrock  (2001)  menyatakan  bahwa  remaja  merupakan  suatu periode dalam perkembangan yang merupakan transisi antara masa kanak- kanak dan masa dewasa, melipiutu perubahan -perubahan biologis, kognitif dan psikososial.

 

Metode Penelitian

Penelitian  ini  bertujuan  untuk  mengetahui  gambaran  citra  tubuh  pada remaja  yang  obesitas.  Alat  ukur  yang  digunakan  adalah  skala  citra  tubuh  dengan  reliabilitas  (r)  =  0,933  yang  disusun  oleh  peneliti  berdasarkan  teori  citra  tubuh  terhadap  lima dimensi  citra  tubuh  yaitu  evaluasi  penampilan,  orientasi  penampilan,   kepuasan terhadap  bagian  tubuh,  kecemasan  menjadi  gemuk  dan  pengkategorisasian  ukuran tubuh. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif. Teknik sampling yang  digunakan  adalah incidental  sampling. Sampel  berjumlah  100  orang  remaja yang obesitas di Medan.

 

Kesimpulan

  1. Secara umum,  citra  tubuh  pada  remaja  yang  obesitas  lebih  banyak  berada  dalam  kategori    Perincian  citra tubuh pada remaja yang obesitas adalah 28 orang (28%)  termasuk  ke  dalam  kategori  negatif,  39  orang  (39%)  termasuk  ke  dalam kategori netral, dan 33 orang (33%) termasuk ke dalam kategori positif.
  2. Berdasarkan dimensi -dimensi  citra  tubuh  ,  citra  tubuh  pada  remaja  yang  obesitas  dapat disimpulkan bahwa:
    1. Secara umum,  citra  tubuh  pada  remaja  yang  obesitas  pada dimensi  evaluasi  penampilan berada dalam kategori netral.
    2. Secara umum,  citra  tubuh  pada  remaja  yang  obesitas  pada  dimensi  orientasi  penampilan berada dalam kategori netral.

 

Contoh Tesis Psikologi

  1. Aspek Hukum Perlindungan Konsumen Dalam Usaha Air Minum Depot (Amd) Isi Ulang Ditinjau Dari Undang- Undang Nomor 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen.
  2. Coping Stres Suami yang memiliki Istri Skizofrenia.
  3. Coping Stress pada Primary Caregiver Penderita Penyakit Alzheime.
  4. Gambaran Citra Tubuh Pada Remaja Yang Obesitas.
  5. Gambaran Coping Stres pada Wilayatul Hisbah yang Ditempatkan di Desa.

 

 

Incoming search terms:

Leave a Reply