HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Tesis Akutansi: Komparasi Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw & Metode Konvensional

Judul Tesis : Studi Komparasi Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dan  Pokok Bahasan Jurnal Khusus Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar pada Siswa Kelas II MAN Suruh

 

A. Latar Belakang

Dalam dunia pendidikan pada saat ini sudah banyak berubah dengan adanya penerapan kurikulum berbasis kompetensi (KBK) sebagai upaya meningkatkan kualitas belajar siswa, agar sesuai dengan tuntutan zaman. Dengan kurikulum berbasis kompetensi ( KBK ) diharapkan dapat membawa perubahan dari paradigma lama kearah paradigma baru yang lebih baik. Paradigma lama tersebut tidak bisa lagi dipergunakan. Teori, penelitian, dan pelaksanaan kegiatan belajar mengajar membuktikan bahwa guru sudah harus mengubah paradigma pengajaran.

Dua hal penting yang merupakan bagian dari tujuan pembelajaran akuntansi adalah pembentukan sifat yaitu pola yang berfikir kritis dan kreatif. Untuk itu suasana kelas perlu didesain sedemikian rupa sehingga siswa mendapat kesempatan untuk saling berinteraksi.dalam interaksi ini siswa akan membentuk komunitas yang memungkinkan mereka mencintai proses dan mencintai satu sama lain. Suasana belajar yang penuh dengan persaingan dan pengisolasian akan membentuk hubungan yang negatif dan mematikan semangat siswa. Hal ini akan menghambat pembentukan pengetahuan secara aktif. Oleh karena itu, pengajar perlu menciptakan suasana belajar sedemikian rupa sehingga siswa perlu bekerjasama secara gotong-royong.

 

B. Rumusan Masalah

  1. Diantara metode kooperatif tipe jigsaw dan metode konvensional manakah yang lebih efektif dan tepat diterapkan dalam pokok bahasan jurnal khusus pada siswa kelas II semester II Man Suruh Tahun pelajaran 2006/2007
  2. Apakah ada perbedaan hasil belajar akuntansi pada siswa, poko bahasan jurnal khusus antara metode pembelajaran kooperatif tipe JIGSAW dan metode pembelajaran konvensional pada siswa kelas II semester II MAN Suruh Tahun pelajaran 2006/2007

 

C. Landasan Teori

Pengertian Belajar

Belajar adalah suatu proses usaha yang dilakukan seseorang untuk memperoleh suatu perubahan. Tingkah laku yang baru secara keseluruhan , sebagai hasil pengalamannya sendiri dalam interaksi dengan lingkungannya (Slameto:2003:2).

Metode Konvensional

Metode konvensional merupakan metode pembelajaran yang berpusat pada guru dimana hampir seluruh kegiatan pembelajaran dikendalikan oleh guru.jadi guru memegang peranan utama dalam menentukan isi dan proses belajar termasuk dalam menilai kemajuan siswa ( Oemar hamalik, 1991 )

Tinjauan Pembelajaran kooperatif

Suatu model pengajaran dimana siswa belajar dalam kelompokkelompok kecil yang mempunyai tingkat kemampuan bebeda-beda. Pengajaran ini dikembangkan berdasarkan teori belajar kognitif – kontruktivisme. Salah satu teori Vigotsky, penekanan pada hakekat sosiokultural pembelajaran. Vygotsky yakin bahwa fungsi-funsi mental yang lebih tinggi pada umumnya muncul dalam percakapan atau kerja sama antar individu sebelum fungsi mental yang lebih tinggi itu terserap kedalam individu tersebut. Pnerapan ini berimplikasi dikehendakinya susunan kelas berbentuk pembelajaran kooperatif.

 

D. Metode Peneltian

Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas II semeter II MAN Suruh yang terdiri dari 3 kelas.

Sampel yang digunakan adalah kelas 2 IPS 2 sebagai kelompok eksperimen dan kelas kelas 2 IPS I sebagai kelompok kontrol.

Variabel dalam penelitian ini terdiri dari model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dan model pembelajaran konvensional sebagai variabel bebas dan hasil belajar siswa sebagai variabel terikat.

Metode pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi, tes dan wawancara.

Analisis data menggunakan t test.

 

E. Kesimpulan Tesis

  1. Ada perbedaan yang signifikan hasil belajar akuntansi pokok bahasan jurnal khusus antara metode pembelajaran yang digunakan yaitu pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dengan pembelajaran konvensional pada siswa kelas II MAN Suruh tahun pelajaran 2005/2006.
  2. Metode pembelajaran kooperatif tipe jigsaw lebih efektif daripada metode pembelajaran konvensional karena mampu meningkatkan hasil belajar akuntansi pokok bahasan jurnal khusus pada siswa kelas II MAN Suruh tahun pelajaran 2005/2006 mengarah pada ketercapaian belajar tuntas.

 

Contoh Tesis Akutansi

  1. Analisis Tingkat Kepuasan Siswa Dalam Mempelajari Akuntansi
  2. Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Terhadap Hasil Belajar Pokok Bahasan Laporan Keuangan
  3. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Prestasi Belajar Mahasiswa Prodi Pendidikan Akuntansi
  4. Kemadirian Belajar Akuntansi Dalam Implementasi Kurikulum 2004 Pada Siswa Kelas XI-IPS
  5. Komparasi Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Dan Metode Konvensional Pokok Bahasan Jurnal

 

Leave a Reply