HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Tesis Administrasi: Kinerja Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kota Surakarta

Judul Skripsi : Kinerja Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kota Surakarta dalam Sertifikasi Guru 2007

 

A. Latar Belakang

Pemerintah melalui Departemen Pendidikan Nasional memiliki tugas, fungsi, dan kewajiban meningkatkan kualitas sumber daya manusia melalui pemberdayaan pendidikan baik formal maupun nonformal. UndangUndang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional menyebutkan bahwa Pendidikan Nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggunjawab.

Pembangunan dalam usaha memajukan dunia pendidikan di Indonesia tidak terlepas dari upaya pembenahan kurikulum, perbaikan sarana dan prasarana, penyesuaian peraturan, dan peran serta guru dalam membentuk sumber daya manusia melalui proses pendidikan itu sendiri. Menurut pakar pendidikan dan ahli filsafat, Prof. Dr. N. Driyarkara dalam Kompas (19 Agustus 2008), pendidikan merupakan perbuatan si pendidik itu sendiri, yang menekankan pada kesungguhan dan pentingnya masalah kepribadian yang baik, luhur, dan mulia bagi seorang guru. Dalam upaya ini, jelas bahwa guru memegang peran essensial yang tidak bisa digantikan. Sesuai dengan UndangUndang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen pasal 1 yang menyatakan bahwa guru adalah pendidik yang profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik pada pendidikan usia dini jalur pendidikan formal, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah.

 

B. Rumusan Masalah

  1. Bagaimana kinerja Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kota Surakarta dalam Sertifikasi Guru 2007?
  2. Faktor-faktor apakah yang menjadi penghambat kinerja Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kota Surakarta dalam Sertifikasi Guru 2007?
  3. Apa sajakah langkah/upaya yang dilaksanakan untuk meningkatkan kinerja Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kota Surakarta dalam melaksanakan Sertifikasi Guru tahun 2007?

 

C. Landasan Teori

Pengertian Kinerja

Kinerja menurut Otley dalam Mahmudi (2005: 6), mengacu pada sesuatu yang terkait dengan kegiatan melakukan pekerjaan yang meliputi hasil yang dicapai kerja tersebut. Menurut Rogers dalam Mahmudi (2005:6), mendefinisikan kinerja sebagai hasil kerja itu sendiri (outcomes of work), karena hasil kerja memberi keterkaitan yang kuat terhadap tujuantujuan strategik organisasi, kepuasan pelanggan, dan kontribusi ekonomi.

Akuntabilitas

Akuntabilitas publik sebagai indikator yang menunjukkan seberapa besar kebijakan dan kegiatan organisasi publik konsisten dengan kehendak masyarakat serta dapat dianggap benar dan sesuai dengan nilai dan norma yang berkembang dalam masyarakat. Indikator ini dipilih untuk mengetahui kesesuaian antara pelaksanaan sertifikasi guru 2007 oleh Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kota Surakarta dengan nilai dan norma yang berkembang dalam masyarakat serta pertanggungjawabannya kepada publik.

Sertifikasi Guru

Sertifikasi menurut UndangUndang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru Dan Dosen, adalah proses pemberian sertifikat pendidik untuk guru dan dosen. Sertifikasi guru dalam Pedoman Penetapan Peserta Dan Pelaksanaan Sertifikasi Guru Dalam Jabatan (2007: 3) adalah proses pemberian sertifikat pendidik untuk guru yang telah memenuhi standar kompetensi guru.

 

D. Metode Penelitian

Penelitian dilakukan menggunakan metode kualitatif dengan memanfaatkan data primer dan sekunder yang diperoleh melalui wawancara, observasi, dan telaah dokumen.

Data diolah menggunakan model analisis data interaktif untuk memperoleh makna data yang sebenarnya dengan melakukan validitas data melalui triangulasi data.

 

E. Kesimpulan

  • Responsivitas

Responsivitas Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kota Surakarta dalam sertifikasi guru 2007 masih kurang optimal mengingat banyaknya permasalahan/kasus seperti kurangnya perhatian dalam pemberian informasi, karena pemberitahuan hanya melalui surat edaran resmi untuk sosialisasi maupun pemanggilan Diklat yang sering terlambat bahkan menyebabkan adanya peserta sertifikasi tidak lulus Diklat, dan minimnya tenggang waktu menyusun persyaratan bagi peserta sertifikasi serta pemberkasan arsip yang kurang baik.

  • Responsibilitas

Responsibilitas dalam kinerja Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kota Surakarta dalam sertifikasi guru 2007 dapat dinyatakan cukup baik dalam menyelenggarakan peranan dan tugas sesuai dengan peraturan yang berlaku. Halhal dan kondisi yang berada di luar peraturan ataupun yang belum diatur sebelumnya melalui peraturan perundangan yang ada diatasi dengan berpegang pada peraturan yang berlaku dan menyesuaikan kebutuhan, seperti dengan menggantikan calon peserta yang tidak dapat mengikuti sertifikasi guru karena telah pensiun maupun meninggal dunia dengan peserta lain sesuai dengan rangking guru seSurakarta dengan melihat pada persyaratan yang harus dipenuhi sebagai calon peserta sertifikasi guru 2007.

  • Akuntabilitas

Akuntabilitas dalam penyelenggaraan sertifikasi guru 2007 oleh Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kota Surakarta dirasa masih rendah karena Dinas belum dapat memberikan pelayanan optimal pada publiknya yaitu guru peserta sertifikasi guru 2007. Hal ini disebabkan karena kurangnya sarana dan prasarana pendukung, dan kurangnya jumlah sumber daya manusia yang memadai untuk menyelenggarakan operasionalisasi sertifikasi guru 2007, model pertanggungjawaban yang kurang jelas atas sistem pengaduan masyarakat yang tidak berjalan dengan baik, bahkan terdapat sikap menutupnutupi persoalan yang ada dari publiknya yang semakin menghambat bagi penyelesaian masalah dan menyebabkan rendahnya kinerja Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kota Surakarta dalam sertifikasi guru 2007.

 

Contoh Tesis Administrasi

  1. Efektivitas Kerja Pegawai di Dinas Lalu Lintas Angkutan Jalan Kota Surakarta
  2. Kinerja Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kota Surakarta dalam Sertifikasi Guru 2007
  3. Hubungan Gaya Kepemimpinan Demokratis Kapolres Dan Pelatihan Dengan Peningkatan Disiplin Kerja Anggota Kepolisian Resor Wonogiri
  4. Kinerja PT.PLN (Persero) UPJ Surakarta Kota dalam Memberikan Pelayanan Prima
  5. Pemberdayaan Masyarakat dalam Pemanfaatan Alokasi Dana Desa

 

Incoming search terms:

Leave a Reply