HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Skripsi Administrasi: Implementasi Rencana Strategis DLLAJ Kota Surakarta

Judul Skripsi : Implementasi Rencana Strategis Dinas Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (DLLAJ) Kota Surakarta Tahun 2007

 

A. Latar Belakang

Di Indonesia masalah infrastruktur transportasi menjadi masalah yang seringkali menghambat masyarakat dalam melakukan segala kegiatannya. Pada moda transportasi air berulang kali terjadi kapal pengangkut penumpang tenggelam sehingga meminta banyak korban jiwa, transportasi udara juga sering terjadi kecelakaan pesawat sampai-sampai belum lama ini pemerintah mencabut ijin operasi salah satu maskapai penerbangan tanah air. Belum cukup, pada moda transportasi darat juga tidak ingin ketinggalan “berpartisipasi” dalam masalah tersebut, hal ini terlihat dari banyaknya korban yang timbul akibat kecelakaan di jalan. Banyak hal yang ikut berperan menyebabkan terjadinya berbagai masalah tersebut, mulai dari usia alat-alat transportasi yang dipakai, jalan yang tidak layak, lemahnya penegakan aturan dan pengawasan dari aparat, serta dari para penggunanya pula. Sebagai contoh menurut penuturan Tulus Abadi, pengurus harian Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI), korban tewas yang ditimbulkan karena rusaknya kondisi jalan di Indonesia mencapai 3000 jiwa per tahun. Sementara itu di sektor lalu lintas jalan raya sendiri secara keseluruhan mencapai 30% dari jumlah 30.000 jiwa korban kecelakaan lalu lintas per tahun.

Banyak hal yang ikut berperan menyebabkan terjadinya berbagai masalah tersebut, mulai dari usia alat-alat transportasi yang dipakai, jalan yang tidak layak, lemahnya penegakan aturan dan pengawasan dari aparat, serta dari para penggunanya pula. Menurut Tim Nasional Evaluasi Keselamatan dan Keamanan Transportasi (Timnas EKKT), berdasarkan evaluasi yang dibentuk pada awal 2007 yang dilakukan secara menyeluruh terhadap moda transportasi darat, laut, udara, serta kereta api menyimpulkan bahwa sektor transportasi di Indonesia memiliki kelemahan yang mendasar karena sistemnya tidak berjalan secara optimal. (Tempo, 14 April 2007)

 

B. Rumusan Masalah

  1. Bagaimana implementasi rencana strategis yang dilakukan oleh Dinas Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (DLLAJ) Kota Surakarta pada tahun 2007?
  2. Hambatan apa saja yang dihadapi oleh Dinas Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (DLLAJ) Kota Surakarta dalam implementasi rencana strategi ?

 

C. Tinjauan Pustaka

Pengertian Manajemen Strategis

Manajemen strategis adalah suatu cara untuk mengendalikan organisasi secara efektif dan efisien, sampai kepada implementasi garis terdepan, sedemikian rupa sehingga tujuan dan sasarannya tercapai. (Salusu, 1996: 493)

 

Implementasi strategi

Implementasi strategi adalah sejumlah total aktivitas dan pilihan yang dibutuhkan untuk dapat menjalankan sebuah perencanaan strategis. Implementasi strategi merupakan proses berbagai strategi dan kebijakan berubah menjadi tindakan melalui pengembangan program, anggaran, dan prosedur. (Hunger dan Wheelen, 2003: 296).

 

Pengertian Dinas Lalu Lintas dan Angkutan Jalan

Dinas Lalu Lintas dan Angkutan Jalan menurut Peraturan Daerah Nomor 6 tahun 2001 tentang Susunan Organisasi dan Tata Kerja Perangkat Daerah Kota Surakarta, adalah unsur pelaksana Pemerintah Kota Surakarta yang menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang kegiatan lalu lintas dan angkutan jalan. Dinas Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Kota Surakarta dipimpin oleh seorang Kepala Dinas yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Kepala Daerah Kota Surakarta yaitu Walikota.

 

D. Metode Penelitian

Penelitian ini dilakukan di lingkungan DLLAJ Kota Surakarta.

Penelitian menggunakan metode deskriptif kualitatif dimana penelitian ini berusaha untuk menjelaskan suatu fakta atau realita sebenarnya di lapangan.

Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, dokumentasi, dan observasi.

Validitas data menggunakan teknik trianggulasi data. Kemudian analisis data dilakukan dengan menggunakan model analisis data interaktif.

 

E. Kesimpulan Skripsi

  1. Sampai tahun 2008, dari 12 (dua belas) rencana strategi/ program kerja yang telah dibuat oleh DLLAJ Kota Surakarta sebagian besar, yaitu 9 (sembilan) sudah dapat dilaksanakan dan hanya 3 program kerja yang belum bias
  2. Pelaksanaan rencana strategi DLLAJ Kota Surakarta diwujudkan melalui program kerja tahunan disertai rincian anggaran dan petunjuk pelaksanaan yang terwujud dalam Rencana Kerja Tahunan (RKT). Beberapa program kerja yang terlaksana pada tahun 2007, antara lain : pengadaan kendaraan operasional, pembuatan DED pembangunan terminal, pengadaan APILL ATCS, pembuatan median jalan, pengecatan dan pemeliharaan marka jalan, lomba tertib lalu lintas, kajian mengenai busway, bintek kelalulintasan, peningkatan SDM, pelayanan uji kendaraan, serta lelang tempat parkir yang diselenggarakan setiap tahun.
  3. Beberapa pelaksanaan program kerja yang telah dilaksanakan dan dapat menjawab isu-isu strategis yang ada dapat dilihat sebagai berikut :
    1. Berkaitan dengan peningkatan kualitas SDM setiap tahun ada pegawai yang mengikuti diklat maupun pelatihan untuk meningkatkan keterampilan dan pengetahuan.
    2. Peningkatan sarana dan prasarana lalu lintas untuk mendukung pelayanan publik pengguna jalan sudah dilakukan diantaranya dengan melakukan pemasangan APILL ATCS yang terintegrasi dan disertai dengan kamera CCTV (Circuit Close Television) serta dapat terlaksana juga pembangunan median jalan.

 

Contoh Skripsi Administrasi

  1. Evaluasi Pelaksanaan Program Pemberantasan Buta Aksara Unit Pelaksana Teknis Daerah Dinas Pendidikan Kecamatan Sukoharjo Kabupaten Sukoharjo (Studi Kasus Desa Bulakrejo tentang Pemberantasan Buta Aksara oleh Unit Pelaksana Teknis Daerah Dinas Pendidikan Kecamatan Sukoharjo Kabupaten Sukoharjo Tahun 2007/2008)
  2. Dampak Perubahan Organisasi terhadap Kinerja Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Serta Unit Pelaksana Teknis Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi di Kabupaten Magelang
  3. Hubungan Antara Pendidikan dan Latihan dengan Pengembangan Karier Pegawai di Kantor Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Boyolali
  4. Implementasi Rencana Strategis Dinas Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (DLLAJ) Kota Surakarta Tahun 2007
  5. Peranan Balai Besar Rehabilitasi Sosial Bina Daksa (BBRSBD) Prof. DR. Soeharso Surakarta

 

Leave a Reply