HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Evaluasi Program Sertifikasi Guru

Evaluasi Program Sertifikasi Guru –  Dalam rangka meningkatkan kualitas guru sehingga mampu menghasilkan sumber daya manusia yang juga berkualitas maka pemerintah mengadakan program sertifikasi guru yang telah dilaksanakan mulai tahun 2007.

Secara rinci tujuan daripada program sertifikasi ini antara lain: pertama, menentukan kelayakan guru dalam melaksanakan tugas sebagai pendidik profesional, kedua, meningkatkan proses dan hasil pembelajaran kemudian ketiga, meningkatkan kesejahteraan guru serta keempat meningkatkan martabat guru; dalam rangka mewujudkan pendidikan nasional yang bermutu.

Mulai dari tahun 2007 hingga saat ini sudah banyak guru-guru yang telah menerima sertifikasi beserta tunjangan profesionalnya, sejak tahun itu pula bermunculan anggapan masyarakat akan banyaknya guru bersertifikasi yang tidak meningkat kompetensinya atau bahkan menurun. Oleh karena hal tersebut penelitian ini bertujuan untuk menilai dan mengukur sejauh mana sertifikasi guru dapat mencapai tujuannya yaitu dengan menilai kelayakan guru yang telah bersertifikasi, proses dan hasil pembelajaran guru bersertifikasi serta mengukur kesejahteraan guru itu sendiri. Dalam penelitian ini akan mengevaluasi dampak atau hasil program sertifikasi guru yang telah diberikan oleh guru yang bersangkutan.

Evaluasi program merupakan suatu kegiatan penilaian kebijakan pemerintah dengan melihat antara target yang telah ditentukan dengan hasil yang dicapai. Tujuan daripada evaluasi program sendiri yakni untuk menghindari kegagalan yang sama dalam menetapkan suatu kebijakan di masa yang akan datang. Dalam hal ini, untuk menilai hasil atau dampak pada program sertifikasi guru yang sudah berjalan maka peneliti memilih evaluasi impak, dimana evaluasi ini memfokuskan pada hasil akhir dari suatu kebijakan. Evaluasi impak berfungsi untuk menguji efektivitas suatu kebijakan dalam mencapai tujuan kebijakan. Jadi melalui evaluasi program akan dapat menilai apakah program sertifikasi guru yang sudah dilaksanakan sejak tahun 2007 dapat memberikan perubahan yang diinginkan atau bahkan hanya merugikan uang negara.

Pembahasan mengenai evaluasi dampak sertifikasi guru ini akan diukur dengan menggunakan enam (6) indikator sertifikasi guru. Adapun ke enam indikator untuk mengukur tersebut antara lain :

  • ketrampilan mengajar,
  • kompetensi profesional,
  • penguasaan teknologi,
  • menjadi teladan bagi peserta didik,
  • kualitas dan kuantitas lulusan, dan
  • terakhir kesejahteraan.
Incoming search terms:

Leave a Reply