HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Skripsi Komunikasi: Mekanisme Kerja Reporter di PT. CIPTA TPI

Judul Skripsi :  Mekanisme Kerja Reporter di PT. CIPTA TPI

 

A. Latar Belakang

Fungsi jurnalistik adalah menginformasikan fakta yang ada ditengah masyarakat atau pendapat yang mengandung nilai berita, serta memberikan penjelasan masalah melalui narasumber berkompeten untuk menjelaskan ketidakpastian yang ada. Meski dalam media audio visual, unsur visual lebih dominan namun unsur verbal atau audio diperlukan untuk mendukung visual. Oleh karena itu diperlukan kerja sama yang baik antara reporter dan kamerawan dalam meliput suatu kejadian.

Pada kesempatan ini penulis mengambil subyek mekanisme kerja reporter di PT. Cipta TPI dengan alasan, penulis mendapat kesempatan magang sebagai reporter berita di perusahaan tersebut dan sebagai mahasiswa komunikasi terapan, konsentrasi penyiaran, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik ( FISIP ) Universitas Negeri Sebelas Maret ( UNS ) Surakarta yang secara formal telah mendapat bekal ilmu jurnalistik, maka penulis ingin terjun secara langsung untuk menerapkan serta memraktekan ilmu yang telah didapat melalui praktek kerja lapangan ( PKL ).

 

B. Tujuan

  1. Untuk mengetahui proses produksi berita di divisi pemberitaan di PT. Cipta TPI.
  2. Menambah pengalaman penulis dengan cara belajar menjadi reporter
  3. Mengetahui dan mengamati mekanisme kerja reporter di PT. Cipta TPI.

 

C. Tinjauan Pustaka

Berita

Dalam pengertian umum, berita berarti kabar yakni pemberitahuan oleh seseorang kepada orang lain mengenai sesuatu hal atau kejadian. Sedangkan dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia dikemukakan berita adalah cerita atau keterangan mengenai kejadian atau peristiwa yang hangat. 1 Orang pers mengartikan NEWS sebagai singkatan dari North, East, West dan South. Yang artinya berita adalah laporan peristiwa dari mana – mana dari berbagai tempat diseluruh dunia. Pendapat tersebut tidaklah salah, hanya merupakan satu aspek saja. Beberapa ahli mengemukakan definisi yang barangkali mendekati kelengkapan.

Jenis – Jenis Berita

Berita dikategorikan menjadi tiga bagian, ketiga kategori tersebut berdasarkan pada jenis peristiwa dan cara penggalian data. Tiga jenis berita tersebut adalah :

  1. Hard news (berita berat)
  2. Soft news (berita ringan)
  3. Investigative News

Menulis Berita

Menulis berita televisi hampir sama dengan menulis berita surat kabar, majalah dan radio yaitu terdiri dari judul, lead in dan tubuh berita. Kalau menulis berita surat kabar, majalah dan radio, reporter dapat langsung menulis sesuai data yang dimiliki. Namun, seorang reporter televisi tidak hanya berdasarkan data yang dimiliki tetapi juga harus memikirkan gambar yang dimiliki. Jadi seorang reporter televisi harus mengetahui gambar – gambar apa saja yang diambil oleh juru kamera baru menuliskannya. Karena agar naskah berita selaras dengan gambar yang tersedia. Untuk bahasa penulisannya, pada prinsipnya adalah bahasa lisan.

 

D. Kesimpulan

  1. Tugas reporter adalah mencari, meliput, mengumpulkan, menyelidiki, menyeleksi, mengolah dan menjadikan berita berita hingga berita itu siap
  2. Syarat utama menjadi reporter bukanlah karena kecantikan, kegagahan, keluwesan, rasa ingin tahu, melainkan kegigihan, ketekunan dan vitalitas. Sedang – sedang pun kecerdasan, asal vitalitasnya tinggi akan menjadi seorang reporter yang top karena mereka dapat mengerjakan yang biasa – biasa saja dengan cara yang luar biasa.

 

E. Saran

Pada penempatan urutan berita utama sebaiknya ditempatkan pada bagian awal siaran berita dengan tujuan bahwa pemirsa dapat mengetahui bahwa bagian awal berisi tentang laporan utama.

Dari pihak fakultas penulis ingin memberi saran, mengenai kelengkapan fasilitas laboratorium yang dirasa kurang memadai sehingga menghambat proses pembelajaran di perkuliahan. Mengingat sebagai calon Broadcaster dituntut untuk terampil menguasai peralatan Broadcast, disamping pula pengelolaan laboratorium yang lebih memberikan keleluasaan bagi para mahasiswa untuk lebih terampil untuk menguasai peralatan tersebut.

 

Contoh Skripsi Komunikasi

  1. Strategi Kreatif Perancangan Iklan pada Toko Cubuss Computer
  2. Proses Kerja Desain Layout PT. Dian Mentari Pratama Communications
  3. Mekanisme Kerja Reporter Di Pt. Cipta Tpi
  4. Tugas Humas di Kantor Sekretariat Kabupaten Klate
  5. Aktivitas Menonton Televisi dan Peningkatan Motivasi (Pengaruh Aktivitas Menonton Siaran Sepakbola di Televisi terhadap Peningkatan Motivasi Berlatih pada siswa SSB Ksatria Surakarta dengan Lingkungan Sebagai Variabel Moderating)

 

Incoming search terms:

Leave a Reply