HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Tesis Komunikasi: Mekanisme Kerja Creative Design dlm Sebuah Event Organizer

Judul Tesis : Mekanisme Kerja Creative Design dalam Sebuah Event Organizer di CV. FRONT LINE INDONESIA

 

A. Latar Belakang

Pesatnya perkembangan dunia bisnis pada saat ini mengharuskan setiap pelaku usaha untuk bersaing dengan sangat ketat. Membanjirnya produk-produk baru mengakibatkan semakin ketatnya persaingan diantara para pelaku bisnis, masyarakat pun semakin selektif dalam memilih produk yang akan digunakanya. Semakin ketatnya persiangan membuat para pengelola bisnis melihat dengan sangat jelinya dengan keunggulan produk dalam perusahaannya, dan dapat memanfaatkan sebaik-baiknya setiap celah dan peluang pasar yang ada untuk memperoleh hasil yang maksimal, sehingga menempatkan produknya dalam posisi yang utama.

Untuk dapat mempertahankan posisinya, sebuah perusahaan dituntut untuk dapat menemukan inovasi baru sebagai strategi kreatifnya, salah satunya dalam bidang promosi produknya karena dengan melakukan promosi produk merupakan salah satu upaya mempertahankan keunggulan produk dan merebut pangsa pasar yang dituju. Meski tanpa disadari para insan di dunia periklananpun saling berusaha untuk bersaing kreatifitas secara positif untuk dapat memberikan suatu karya yang terbaik bagi para kliennya. Dengan demikian periklanan di Indonesia akan semakin maju dan berkembang terus dari masa ke masa, serta mampu menghasilkan para kreator-kreator di dunia karya seni iklan yang semakin baik dan berkualitas.

 

B. Tinjauan Penelitian

  1. Agar mahasiswa mampu menerapkan ilmu pengetahuan yang telah di dapatkan semasa Kuliah Kerja Media untuk di praktekkan ke dalam dunia kerja.
  2. Untuk lebih mengenal dan mengetahui tugas, tanggung jawab, dan cara kerja seorang creative design dalam dunia kerja nyata.
  3. Untuk mengembangkan kemampuan pribadi mahasiswa dalam kreatifitas, adaptasi, dan interaksi sesama rekan kerja dalam realita dunia kerja.

 

C. Landasan Teori Tesis

Definisi Periklanan

Dengan berkembangnya periklanan di Indonesia, kebutuhan komunikasi merupakan kebutuhan yang sangat penting, karena pada dasarnya periklanan merupakan media komunikasi untuk menyampaikan pesan dalam sebuah iklan. Sebuah perusahaan yang telah memiliki Brand image yang positif dan ternama dimata konsumennya merupakan sebuah hal yang sangat penting, karena sebuah citra perusahaan mampu mambangun sebuah loyalitas daripada konsumen. Pengamat sebuah perusahaan sangat tahu betul realita persaingan dalam dunia usaha ini semakin ketat, oleh karena itu membangun loyalitas konsumen merupakan hal yang sangat penting.

Pengertian Event Organizer

Menurut Suseno, (2005: 13-14). Membahas tentang sebuah Event Organizer atau yang sering kita dengar dengan sebutan EO, tidak lain memiliki pengertian sama dengan sebuah kepanitiaan dalam suatu acara.

 

Creative design

Creative design merupakan elemen penting dalam sebuah perusahaan periklanan maupun struktur organisasi EO, Creative menurut bahasa adalah menciptakan sesuatu yang baru tanpa ada contoh sebelumnya. Karena menghasilkan sesuatu yang bersifat kreatif itu bentuk akhirnya akan mempunyai ciri-ciri kebaruan dan keunikan meskipun unsur-unsur dasarnya sudah ada sebelumnya. karena dari sinilah sebuah ide atau gagasan hasil desain muncul yang nantinya akan ditawarkan kepada klien. Kreatifitas dan ide-ide inilah yang nanti akan mendukung keberhasilan branding activation, untuk menciptakan ingatan daripada konsumen. Seorang kreator juga dituntut untuk mampu menciptakan sebuah desain yang memiliki karakteristik dan kualitas yang bagus, karena dari terciptanya sebuah ingatan konsumen, hal ini akan membangun loyalitas daripada konsumen (Yulianto, 2006: 25).

 

D. Kesimpulan

  1. Untuk dapat lebih meningkatkan kreatifitas, yang mungkin penulis tidak mendapatkannya dari bangku perkuliahan.
  2. Dengan Sebuah desain seorang Creative design harus mampu mengkomunikasikan pesan dengan jelas, akurat, dan mudah dimengerti oleh konsumen.
  3. Seorang Creative design juga harus mampu mengkomunikasikan, mengenalkan, menanamkan sebuah brand image dalam benak konsumen melalui sebuah desain promosi, guna membangun loyalitas konsumen.

 

E. Saran

  1. Melihat kinerja divisi kreatif dalam CV. Front Line Indonesia selama ini, Penulis berharap agar CV. Front Line Indonesia dapat memberikan pengetahuan tentang apa tugas dan tanggung jawab seorang creative design dalam sebuah event organizer.
  2. Penulis juga berharap agar CV. Front Line Indonesia dapat memberikan sarana pekerjaan yang memadai untuk menunjang kinerja yang lebih cepat dan lebih baik dari seorang creative design.

 

Contoh Tesis Komunikasi

  1. Peran Kehumasan PT. PLN (Persero) Area Pelayanan dan Jaringan Surakarta dalam Sosialisasi Penghematan Listrik Kepada Masyarakat
  2. Peran Reporter dalam Produksi Berita Jogja di TVRI Stasiun D.I Yogyakarta
  3. Peranan Media Relations dalam Proses Rebranding The Sunan Hotel Solo
  4. Mekanisme Kerja Creative Design dalam Sebuah Event Organizer di CV. Front Line Indonesia
  5. Peran Public Relations dalam Meningkatkan Penjualan, Mutu dan Citra Produk di PT. Coca-Cola Botling Indonesia Central Java

 

Leave a Reply