HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Tesis Komunikasi: Mekanisme Kerja Media Planner di PT. SRENGENGE CIPTA IMAGI JOGJAKARTA

Judul Tesis : Mekanisme Kerja Media Planner di PT. SRENGENGE CIPTA IMAGI JOGJAKARTA

 

A. Latar Belakang

Memasuki era pasar bebas, persaingan di berbagai bidang terjadi secara ketat. Setiap perusahaan saling bersaing untuk menjadi yang terdepan dibidangnya, mulai dari perusahaan-perusahaan kecil yang baru akan muncul/launching hingga perusahaan-perusahaan yang sudah mapan, saling bersaing mempromosikan perusahaannya/produk dan jasanya agar dapat diterima ditengah-tengah masyarakat dan bahkan dunia. Kini pesaing tidak dating dari dalam negri/local saja melainkan dari seluruh penjuru dunia, sehingga kadang terjadi persaingan yang tidak sehat, dimana perusahaan satu berusaha menjatuhkan perusahaan yang lain dalam berpromosi/mengkampanyekan perusahaan/produknya demi tercapai tujuan mereka. Bisa sukses/tidaknya suatu perusahaan dapat dilihat dari kualitas SDM didalamnya, serta cara kerjanya yang professional yang terdapat di dalam diri setiap pegawai/karyawan dari perusahaan tersebut.

Agar produk/jasa dari suatu perusahaan itu dapat diterima dan bersaing ditengah-tengah masyarakat, dibutuhkan suatu promosi untuk memperkenalkan/memberitahukan/mengumumkan kepada masyarakat bahwa produk/jasa perusahaan ini ‘ada’. Untuk mewujudkan hal itu, dibutuhkan sarana, media promosi yang tepat dan bonafide yang dapat menginformasikan pada khalayak masyarakat (yang menjadi target sasaran/audience) tentang keunggulan-keunggulan/kebaikan-kebaikan kualitas dari produk/jasa perusahaan sehingga mampu menarik, membujuk, meyakinkan dan memberikan alasan yang kuat kepada masyarakat untuk menggunakan produk/jasa dari perusahaan tersebut (tujuan jangka pendek) dan bahkan mampu menumbuhkan/membentuk suatu loyalitas dari khalayak masyarakat untuk tidak berpaling pada produk/jasa dari perusahaan yang lain (tujuan jangka panjang). Pelaksanaan diatas sudah barang tentu bukanlah hal yang mudah dan bias terjadi dalam waktu singkat, diperlukan dana yang cukup besar, serta perencanaan yang matang tentang pemilihan media, tempat, waktu yang tepat, sehingga promosi/kampanye iklan dapat dilaksanakan secara efektif.

 

B. Tujuan Penelitian

  1. Mengetahui dunia kerja Media Planner
  2. Mendapat kan pengalaman bekerja di suatu perusahaan
  3. Merasakan atmosfer/suasana kerja yang disiplin dan profesional
  4. Mempraktekkan ilmu yang telah didapatkan selama kulia

 

C. Tinjauan Pustaka

Media Planner

“Media Planning is a blend of marketing and mass communication skill, because it deals with the biggest portion of the advertiser’s budget(cost for space ang time)”(Moriarti, 2000 : 194).

Media Buying

  1. Menegosiasikan harga penayangan/pemasangan pada media terpilih
  2. Memesan tempat/booking pada media terpilih
  3. Memeriksa tagihan media sesuai dengan yang dipesan
  4. Membuat laporan hasil penayangan/hasil pemasangan (Kasali, 1992 : 27).

Pemilihan Media

“Pemilihan media yang semakin banyak, serta selera masyarakat yang semakin berkembang menuntut pengembangan metode-metode baru dalam penghitungan efektifitas suatu kampanye“(Kasali, 1995 hal : 32)

 

D. Kesimpulan

Peranan departemen media itu sendiri adalah memberi masukan kepada departemen kreatif mengenai bentuk-bentuk kreatif (iklan) dan departemen AE untuk memberi tahu strategi-strategi yang akan digunakan untuk menawarkan produknya kepada klien yang memungkinkan dengan mempertimbangkan anggaran yang ada. Media Plan merupakan bagian dari sebuah departemen media di suatu biro iklan. Tugas seorang media plan adalah menyusun bauran media sedemikian rupa sehingga tercapainya suatu kampanye periklanan yang efisien dan efektif.

E. Saran

Demi kemajuan PT. Srengenge Cipta Imagi, penulis ingin menyampaikan beberapa saran antara lain : Untuk memberikan pembagian kerja yang jelas, memberikan tugas yang memang harus nyadi kerjakan oleh ahli nya agar pekerjaan dapat terselesaikan dengan baik dan tepat waktu, ini khusus nya untuk menambah seorang media planner agar tugas Business Dept tidak menumpuk-numpuk.

 

Contoh Tesis Komunikasi

  1. Strategi Public Relations dalam Maintain Customer Relationship Apartment Solo Paragon
  2. Public Relations Eksternal dan Citra Perusahaan (Studi Deskriptif Kualitatif Tentang Pelaksanaan Kegiatan Public Relations Eksternal di Pusat Grosir Solo Dalam Rangka Menciptakan Citra Perusahaan)
  3. Laporan Kuliah Kerja Media Mekanisme Kerja Media Planner di PT. Srengenge Cipta
  4. Perancangan Komunikasi Periklanan Oleh Departemen Kreatif PT BINTANG PRATAMA
  5. Aktivitas Kerja Public Relations Officer dalam Perusahaan Perhotelan

 

Leave a Reply

Alamat IDTesis Surabaya

Jl Gayungan VIII No 3, Surabaya (Carefour A Yani maju 100 m, ambil kiri ke arah Polsek Gayungan/Telkom Injoko)