HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Tesis Komunikasi: Proses Kerja Reporter di Kompas TV Berita Televisi Online

Judul Tesis : Proses Kerja Reporter di Kompas TV Berita Televisi Online

 

A. Latar Belakang

Siaran televisi di Indonesia dimulai pada tahun 1962, saat itu masyarakat Indonesia disuguhi tontonan realita yang begitu memukau. Meskipun hanya siaran berupa hitamputih, tapi siaran pertama televisi di Indonesia itu menjadi momentum yang bersejarah. Televisi sebagai media informasi lengkap dengan segala kelebihannya, tidak selalu menjadi yang utama jika dibandingkan dengan media massa lainnya seperti media cetak dan radio.

Zaman terus berubah, tingkatan transisi teknologi juga mengalami perubahan. Perkembangan internet merambah sampai ke seluruh pelosok dunia. Media informasi zaman sekarang bisa dikatakan tidak terlepas dari penggunaan jasa layanan internet. Dunia jurnalistik juga tidak terlepas dari peran media informasi sekarang ini. Hal-hal yang berupa pemberitaan mengenai berbagai kejadian yang terjadi di seluruh penjuru dunia menggunakan media informasi, entah itu internet, televisi, koran, ataupun radio.

 

B. Tujuan

  1. Untuk mengetahui proses produksi berita di bagian peliputan dan penulisan naskah di Kompas TV.
  2. Menambah pengalaman penulis dengan cara belajar menjadi seorang reporter sekaligus mempelajari proses kerja reporter di Kompas TV.
  3. Menyerap ilmu-ilmu yang didapat selama magang atau KKM di Kompas TV.

 

C. Landasan Teori

Reporter

Reporter adalah sebutan bagi salah satu profesi yang digunakan dalam bisnis media masa, baik itu media cetak ataupun elektronik. Sebutan ini di Indonesia lebih dispesifikasikan untuk radio dan televisi. Media cetak cenderung menggunakan istilah wartawan. Akan tetapi keduanya dapat dipakai, karena ruang lingkup tugasnya secara umum adalah sama.

Berita

Secara umum berita merupakan sebuah kabar atau pemberitahuan informasi oleh seseoarang kepada orang lain mengenai sesuatu hal atau sebuah kejadian. Dalam terjemahan bahasa Inggris berita adalah NEWS, dan masyarakat barat mengartikan nya dengan singkatan dari North, East, West, dan South.

Reporter di Indonesia

Reporter di Indonesia berbeda jika dibandingkan dengan reporter di Negara lain. Tanggung jawab serta eksistensi para reporter adalah yang diutamakan. Pembagian tugas reporter di stasiun televisi yang besar dan kecil juga berbeda.. jika di sebuah stasiun televisi besar dan bertaraf nasional biasanya reporter hanya bertugas sebagi pelapor penyampai informasi dengan tulisan dari penulis berita atau (newswriter). Akan tetapi untuk sebuah stasiun televisi kecil biasanya tidak memerlukan seorang penulis berita, artinya reporter sendiri yang sekaligus menulis berita yang diliputnya. Dengan demikian termasuk reporter Kompas TV, yang notabene memang berawal dari sebuah perusahaan media cetak mengemban tugas ganda di dalam meliput berita dan menulis naskah berita.

 

D. Kesimpulan

Perkembangan kehidupan memang berlangsung begitu cepat. Banyak sekali hal yang berpengaruh dan menjadi focus orang banyak. Setiap perubahan pasti akan membawa dampak entah itu positif ataupun negatif. Kelangsungan hidup manusia dalam banyak hal ditentukan oleh bagaimana manusia merespon perubahan tersebut. Dan disitulah makna penting berita, yaitu sebagai informasi yang memberitahukan dampak suatu perubahan atau peristiwa yang terjadi, lalu menggerakkan pemirsanya untuk menanggapi hal yang diberitakan.

Di dalam pelaksanaan Kuliah Kerja Media ini penulis senantiasa mendapatkan pengalaman yang sungguh besar manfaatnya, sebelumnya hanya sering menghadap orangorang biasa. Namun dalam KKM ini, penulis yang menjadi bagian sebagai reporter Kompas TV mendapat kesempatan untuk bertemu dengan orangorang penting di Negara ini. Berbagai halangan seperti, penulis yang kebingungan mengenal lalu lintas dan tempattempat di Kota sebesar Jakarta dalam waktu yang singkat, dan terutama saat kamera penulis rusak pada saat melakukan liputan di gedung KPK, yang sempat membuat sedikit putus asa dan frustasi ketika itu. Akan tetapi penulis tetap berusaha sebagaimana mestinya dan professional dalam menghadapi resiko pekerjaan.

 

E. Saran

  1. Melakukan evaluasi meskipun singkat terhadap kinerja para pihak yang magang, sejauh Dubbing Publish / On Air mana hasil kerja mereka selama magang. Bisa berupa arahan, saran, atau krtitik setelah melaksanakan suatu pekerjaan.
  2. Adanya penghargaan, bisa berupa gaji/ honor yang sesuai kepada pihak magang supaya hasil kerja mereka dihargai.

 

Contoh Tesis Komunikasi

  1. Sistem Kerja Biro Iklan Media Lini Bawah di PT. Cipta Warna Pesona (D’ Network)
  2. Strategi Promosi yang dilakukan Koran Jitu dalam Mencari dan Mempertahankan Klien
  3. Trend Mode Remaja dalam Iklan (Studi Analisis Semiotik tentang Trend Mode Remaja dalam Iklan-Iklan pada Majalah Gadis, Aneka Yess dan Cosmo Girl)
  4. Komunikasi Pemasaran “Telkomsel flash” (Studi Deskriptif Kualitatif Tentang Aktivitas Bauran)
  5. Perannan Public Relations dalam Pengelolaan Kesekretariatan PT. Telkom Kandatel Yogyakarta

 

Leave a Reply