HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Tesis Komunikasi: Mekanisme Kerja Reporter “Jabar Dalam Berita” di TVRI Jawa Barat

Judul Tesis : Mekanisme Kerja Reporter “Jabar Dalam Berita” di TVRI Jawa Barat

 

A. Latar Belakang

Berbicara mengenai informasi, media selalu menjadi salah satu hal yang sangat erat kaitannya. Saat ini, televisi menjadi media yang paling populer di masyarakat. Perkembangan televisi terjadi dengan sangat pesat, bukan saja semakin banyaknya stasiun televisi swasta nasional maupun lokal tetapi juga beragamnya acara yang ditayangkan. Maka dari itu, masyarakat diharapkan mampu menyeleksi acara yang diminati dengan bijak.

Televisi merupakan salah satu media yang dapat menyedot perhatian masyarakat dari sisi audio dan visual. Dengan semakin berkembangnya teknologi, semakin bervariasi pula acara-acara yang disajikan di televisi. Hal ini menciptakan hubungan yang akrab antara manusia dan televisi. Suatu fenomena bahwa usaha pertelevisian sangat menjanjikan karena banyaknya masyarakat yang setiap harinya menonton televisi. Hal ini disebabkan karena masyarakat saat ini lebih memilih televisi daripada media massa lainnya.

 

B. Tujuan Penelitian

  1. Memenuhi persyaratan kelulusan program Diploma III Komunikasi Terapan, jurusan Penyiaran Universitas Sebelas Maret Surakarta.
  2. Mengetahui langkah-langkah kerja reporter “Jabar Dalam Berita” di TVRI Jawa Barat dari perencanaan hingga on air.
  3. Memperoleh pengalaman dalam keterlibatan langsung memproduksi berita bersama redaktur TVRI Jawa Barat.

 

C. Landasan Teori

Pengertian PERS

Menurut UU No. 40 Tahun 1999 tentang Pers, pengertian pers adalah lembaga sosial dan wahana komunikasi massa yang melaksanakan kegiatan jurnalistik, meliputi mencari, memperoleh, memiliki, menyimpan, mengolah, dan menyampaikan informasi baik dalam bentuk tulisan, suara, gambar, suara dan gambar, serta data dan grafik, maupun dalam bentuk lainnya dengan menggunakan media cetak, media elektronika, dan segala jenis saluran yang tersedia.

REPORTER

Menurut Mark W. Hall dalam buku Broadcast Journalism (Andrew Boyd, New York Press, 1994), wartawan penyiaran adalah : “…a newsperson who works for a radio or television” “…seseorang yang bekerja untuk stasiun radio atau televisi.” Jadi, maksudnya adalah seseorang yang membuat suatu karya yang akan disiarkan melalui media radio atau televisi. Maka jelas di sini, bahwa yang dimaksud dengan wartawan televisi adalah seseorang yang profesinya di bidang pemberitaan dan bekerja pada stasiun televisi (reporter dan juru kamera) yang hasil liputannnya akan disiarkan melalui media televisi.

Pengertian Berita

Menurut J. B Wahyudi dalam bukunya yang berjudul Jurnalistik Televisi, Tentang dan Sekitar Siaran Berita TVRI (Alumni, Bandung, 1994), berita adalah uraian tentang peristiwa atau fakta dan atau pendapat, yang mengandung nilai berita, dan yang sudah disajikan melalui media massa periodik.

 

D. Kesimpulan Tesis

  1. Ketika peliputan, reporter dihadapkan oleh banyak permasalahan dan banyak bertemu orang-orang dari rakyat jelata sampai elit politik. Di sini, etika pers harus selalu diemban sebagai reporter. Kesulitan yang penulis hadapi dalam praktek lapangan peliputan adalah memahami suatu masalah yang sedang diliput untuk diangkat sebagai berita (dalam sekali peristiwa yang diliput, dapat menghasilkan berita lebih dari satu item) dan pendekatan secara personal kepada nara sumber yang ada. Hal inilah yang menjadi pelatihan dan pengembangan diri bagi penulis dalam hal beradaptasi dan bersosialisasi dengan lingkungan yang baru.
  2. Penulis sering membuat naskah berita dari suatu peristiwa yang diliput, press release, dan naskah sambutan ketika magang di TVRI Jawa Barat. Namun, penulis masih harus banyak belajar dengan cara melakukan konsultasi dengan redaktur TVRI dan terus berlatih untuk mendapatkan hasil yang lebih baik dalam pembuatan naskah berita. Dalam hal ini, penulis juga belajar mengenai tanggung jawab terhadap tugas yang diberikan, karena sebagian besar naskah yang dibuat penulis harus naik tayang sehingga harus dibuat dengan sebaik-baiknya dan selesai tepat pada waktunya.

 

E. Saran

  1. Tingkatkan jalinan kerja sama dengan menciptakan komunikasi yang sehat antar crew pemberitaan maupun dengan crew lainnya. Dengan adanya kerja sama team, pekerjaan akan terasa lebih ringan dan seringkali hasil kerja lebih memuaskan. Selain itu, suasana kerjapun akan terasa lebih hangat dan lebih bersahabat.
  2. Jangan pernah bosan untuk menerima mahasiswa yang melaksanakan praktek, karena bagaimanapun dengan menerima mahasiswa praktek, TVRI Jawa Barat telah ikut berpartisipasi mengenalkan dan mengembangkan dunia penyiaran.

 

Contoh Tesis Komunikasi

  1. Propaganda Barat Terhadap Islam dalam Film (Studi Tentang Makna Simbol dan Pesan Film Fitna
  2. Laporan Kuliah Kerja Media (KKM) 2009 Mekanisme Kerja Reporter “Jabar Dalam Berita” di TVRI JAWA
  3. Peranan Kreatif Desain dalam Divisi Event Organizer Solopro PT. AKSARA SOLOPOS
  4. Eksploitasi Tubuh Perempuan dalam Iklan (Studi Analisis Wacana Kritis Iklan Televisi Axe “Call Me”
  5. Tanggapan Khalayak Terhadap Program “ Pangkas Listrik 17.00 – 22.00 “

Leave a Reply