HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Pengertian Dan Definisi Kurikulum

Definisi Kurikulum Pengertian Dan Definisi Kurikulum

Definisi Kurikulum

KurikulumSetiap orang, kelompok masyarakat, atau bahkan ahli pendidikan dapat mempunyai penafsiran yang berbeda tentang pengertian kurikulum.

Kurikulum sebagai bahan acuan pelaksanaan kompetensi yang ada pada setiap mata pelajaran memilki arti yang sangat beragam.

Banyak ahli telah memaparkan bahwa pengertian dari kurikulum sendiri memilki arti dalam pandangan lama dan pandangan yang baru.

Dalam paradigma lama atau pandangan lama kurikulum disefinisikan sebagai kewajiban tau beban mata pelajaran yang harus ditempuh oleh siswa untuk mempelorel ijazah. Sedangkan padangan baru yang dialami oleh Indonesia memilki artian yaitu rencana belajar.

Menurut UU No. 20 tahun 2003 Bab 1 Pasal 1 ayat 19 kurikulum diartikan sebagai :

Seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi, dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu.

Sedangkan menurut Smith kurikulum didefinisikan sebagai rangkaian atau sederet pengalaman yang bersifat potensial untuk kebutuhan anak didik.

hal ini dilanjutkan oleh Harold B. Albertsycs ia mengatakan bahwa bahwa kurikulum tidak sebatas pada mata pelajran saja kaan tetapi juga meliputi keseluruhan kegiatan yang ada pada mata pelajaran tersebut. Definisi ini melihat manfaat kegiatan dan pengalaman siswa diluar mata pelajaran tradisional.

Demikian Pengertian dan definisi dari kurikulum, semoga bermanfaat sebagai tambahan refrensi dan juga ilmu bagi anda.

IDtesis merupakan solusi, konsultasi, dan refrensi bagi anda yang sedang mengalami kendala dalam Pembuatan Disertasi, Tesis, dan Skripsi

Leave a Reply