HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Pengertian Kurikulum Menurut Para Ahli

Peran Kurikulum dalam Pendidikan

Kurikulum dan pendidikan adalah dua hal yang erat berkaitan, tidak dapat dipisahkan satu dengan yang lain. Sistem pendidikan yang dijalankan tidak mungkin tanpa melibatkan keikutsertaan kurikulum.

Kurikulum merupakan alat yang sangat penting bagi keberhasilan suatu pendidikan. Tanpa kurikulum yang sesuai dan tepat akan sulit untuk mencapai tujuan dan sasaran pendidikan yang diinginkan. Oleh karena itu kurikulum selalu berubah dan berkembang sesuai dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi yang sedang terjadi.

Pengertian kurikulum memiliki berbagai tafsiran yang dirumuskan oleh pakar-pakar dalam bidang pengembangan kurikulum sejak dulu sampai dewasa ini. Tafsiran kurikulum berbeda-beda antara satu dengan yang lain sesuai dengan pandangan dari pakar bersangkutan.

Pengertian Kurikulum menurut Para Ahli

Adapun pengertian kurikulum menurut para ahli sebagai berikut:

  1. Menurut Subandijah kurikulum adalah sesuatu yang sangat menentukan (atau paling sedikit dapat meramalkan) hasil pengajaran yang sangat diharapkan. Kurikulum harus dapat meramalkan kejadian dimasa yang akan datang, tidak hanya melaporkan keberhasilan belajar peserta didik.
  2. Dakir mendefinisikan kurikulum adalah suatu program pendidikan yang berisikan berbagi bahan ajar dan pengalaman belajar yang diprogramkan, direncanakan dan dirancangkan secara sistemik atas dasar norma-norma yang berlaku yang dijadikan pedoman dalam proses pembelajaran bagi tenaga kependidikan dan peserta didik untuk mencapai tujuan pendidikan.
  3. Menurut Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional dalam bab 1 pasal 1 ayat (19) mendefinisikan kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi, dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu.

Dari beberapa pengertian di atas dapat disimpulkan bahwa kurikulum adalah seperangkat rencana mengenai bahan pelajaran dan pengalaman belajar sebagai pedoman proses belajar mengajar untuk mencapai tujuan pendidikan. Kurikulum sebagai alat yang penting dalam proses pendidikan berperan terhadap perubahan dan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Setiap lembaga pendidikan baik formal maupun nonformal dalam penye-lenggaraan proses belajar mengajar berlandaskan kurikulum.

Fungsi Kurikulum

Menurut Winarno Surachmad dalam Burhan Nurgiyantoro fungsi kurikulum ditinjau dari tiga segi, yaitu :

  • Fungsi Bagi Sekolah Yang Bersangkutan

Untuk sekolah yang bersangkutan, kurikulum memiliki setidaknya dua fungsi. Pertama sebagai alat untuk mencapai tujuan-tujuan pendidikan yang diinginkan, yaitu bahwa kurikulum suatu sekolah pada dasarnya merupakan suatu alat atau usaha untuk mencapai tujuan-tujuan pendidikan yang diinginkan oleh sekolah yang bersangkutan. Fungsi kedua sebagai pedoman dalam mengatur kegiatan pendidikan sehari-hari. Kurikulum mutu sekolah berisi uraian tentang jenis-jenis program, strategi pelak-sanaan, penanggung jawab, sarana dan pra-sarana.

  • Fungsi Bagi Sekolah Tingkat di Atasnya

Fungsi kurikulum bagi sekolah pada tingkatan di atasnya sebagai pemeliharaan keseimbangan proses pendidikan. Dengan mengetahui kuri-kulum yang digunakan oleh suatu sekolah tertentu, sekolah pada tingkatan di atasnya dapat mengadakan penyesuaian di dalam kurikulumnya. Di samping itu, kurikulum juga berfungsi untuk penyiapan tenaga guru. Bila suatu sekolah berfungsi menyiapkan tenaga guru bagi sekolah yang berada di bawahnya, maka perlu sekali sekolah mengetahui kurikulum sekolah yang berada dibawahnya.

  • Fungsi Bagi Masyarakat

Kurikulum suatu sekolah berfungsi pula bagi masyarakat dan pihak pemakai lulusan sekolah tersebut. Masyarakat dapat memberikan bantuan guna memperlancar pelaksanaan program pendidikan yang membutuhkan kerja sama dengan pihak orang tua atau masyarakat. Selain itu, masyarakat dapat ikut memberikan kritik dan saran yang membangun dalam rangka penyempurnaan program pendidikan agar serasi dengan kebutuhan masyarakat dan lapangan kerja.

Demkian artikel yang membahas mengenai pengertian kurikulum, fungsi kurikulum, artikel ini dibuat dengan tujuan agar wawasan anda semakin bertambah, dan semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi anda.

Untuk mendapatkan daftar lengkap contoh skripsi akuntansi lengkap / tesis akuntansi lengkap, dalam format PDF, Ms Word, dan Hardcopy, silahkan memilih salah satu link yang tersedia berikut :

Incoming search terms:

Leave a Reply