HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Tesis Pengaruh Pemanfaatan Media Pembelajaran OHP dan Komputer Menggunakan Program Power Point

Judul Tesis : Pengaruh Pemanfaatan Media Pembelajaran OHP dan Komputer Menggunakan Program Power Point terhadap Prestasi Belajar Fisika Ditinjau dari Motivasi Belajar Siswa Klas XII Sekolah Menegah Atas Negeri di Kecamatan Wonosari Kabupaten Gunungkidul

 

A. Latar Belakang

Fisika merupakansalah satu pelajaran yang pada umumnya kurang diminati siswa, karena fisika banyak konsep yang bersifat abstrak sehingga siswa sukar membayangkannya dan rumusrumus yang sebagian besar siswa menganggapnya rumit tentu sangat membosankan. Bila konsep-konsep yang bersifat abstrak itu dapat dibuat animasi yang dapat memperlihatkan seolaholah nyata dapat memotivasi dan siswa dapat merasa senang untuk belajar fisika. Oleh karena itu, perlu upaya untuk mengatasi permasalahan tersebut sehingga penguasaan konsep fisika lebih optimal dan siswa juga selalu merasa senang belajar fisika, tetapi pelaksanaan pembelajaran menggunakan waktu yang efisien. Salah satu metode yang dapat menarik adalah pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran OHP dan Komputer.

OHP adalah alat untuk memproyeksikan visual baik berupa huruf, lambang, gambar, grafik atau gabungannya pada lembaran bahan tembus pandang atau plastik yang dipersiapkan untuk diproyeksikan ke sebuah layar. Media berbasis Komputer, yaitu media yang berfungsi untuk menyalurkan pesan dari sumber ke penerima yang dituangkan ke dalam audio, visual, audiovisual. Komputer dapat menampilkan konsepkonsep fisika yang abstrak menjadi nyata dengan visualisasi statis maupun visualisasi dinamis.

Guru dapat membuat animasi dengan komputer tanpa menguasai bahasa pemrograman, guru cukup menggunakan program aplikasi yang sering disebut sistem authoring tool. Misalnya: program Power point, Tool Box, Neo Book, Authorware dan Director. Dengan memerhatikan keadaan di atas maka penulis perlu melakukan penelitian apakah pemanfaatan media pembelajaran OHP dan komputer menggunakan program power point pada mata pelajaran fisika dapat meningkatkan prestasi belajar fisika ditinjau dari motivasi belajar fisika di SMA Negeri Kecamatan Wonosari Kabupaten Gunungkidul.

 

B. Perumusan Masalah

  1. Apakah terdapat perbedaan pengaruh antara pemanfaatan media OHP dan komputer (menggunakan program power point) terhadap prestasi belajar fisika?
  2. Apakah terdapat perbedaaan pengaruh antara siswa yang memiliki motivasi tinggi dan siswa yang memiliki motivasi rendah terhadap prestasi fisika?
  3. Apakah terdapat interaksi pengaruh antara pemanfaatan media pembelajaran dan motivasi terhadap prestasi belajar fisika?

 

C. Landasan Teori

OHP (Over Head Projector)

OHP adalah alat untuk memproyeksikan visual baik berupa huruf, lambang, gambar, grafik atau gabungannya pada lembaran bahan tembus pandang atau plastik yang dipersiapkan untuk diproyeksikan ke sebuah layar(Azhar Arsyad, 2007 hal.42). Heinich dkk (Heinich, 1996 hal 140) menuliskan Pada intinya Overhead projector (OHP) merupakan alat yang sederhana terdiri dari kotak besar yang didalamnya terdapat lampu dengan sinar yang kuat, dan mengarah ke atas, dimana diatasnya terdapat transparansi (plastik bening tembus pandang) yang sudah di beri ilustrasi atau gambar atau tulisan, kemudian sinar itu diteruskan ke atas yang terdapat suatu sistem lensa dan cermin yang dapat diatur sehingga bisa memproyeksikan ke layar.

 

Program Komputer dan proyektor LCD Dalam Pembelajaran

Komputer berasal dari kata Compute, yang berarti menghitung. Jadi Komputer berarti alat penghitung, memang pada awalnya komputer adalah alat penghitung, namun perkembangan selanjutnya menjadi alat yang tidak hanya sekedar menghitung, tetapi juga menganalisis data, dan perkembangan yang paling akhir menjadi alat multi media yang canggih.

 

Program Power Point

Program Power point merupakan salah satu program authoring tool yang diproduksi oleh perusahaan pembuat software Microsoft komputer. Program Power point merupakan salah satu program aplikasi di bawah microsoft office sehingga tidak perlu menginstal lagi ke komputer karena sudah ada di dalam microsoft office program komputer. Sistem Authoring adalah sistem program yang memungkinkamn seorang guru menyusun materi ajar tanpa menguasai suatu bahasa pemrograman. Guru tinggal menggunakan program yang sudah jadi, bahan ajar dapat disusun denngan menggunakan fasilitasfasilitas yang ada di program itu.

 

Prestasi Belajar

Prestasi belajar merupakan cerminan tingkat keberhasilan siswa dalam menguasai bahan pelajaran yang sudah dipelajarinya. Dalam dunia pendidikan sangat penting untuk mengetahui prestasi belajar yang merupakan hasil yang telah dicapai siswa dalam belajar. Prestasi belajar tidak terlepas dari penilaian sebagai aktifitas dalam menentukan tinggi rendahnya prestasi belajar itu sendiri. Prestasi belajar dapat dideteksi melalui alat ukur berupa tes prestasi yang dirancang sesuai dengan tujuan pembelajaran.

 

Fisika

Menurut Tan Ik Gie (1998, hal 89) Fisika Sains adalah ilmu yang mempelajari gejala alam, Sains berasal dari kata Latin yang berarti ”mengetahui”. Sains terbagi atas beberapa cabang ilmu, diantaranya adalah fisika.

Fisika mempelajari gejala-gejala alam seperti gerak, kalor, cahaya, bunyi, listrik, dan magnet. Semua gejala ini adalah bentuk dari energi, sehingga fisika adalah ilmu yang terutama mempelajari hubungan antara materi dan energi.

 

D. Metodologi Penelitian

Penelitian ini dilakukan di SMA 1 Wonosari sebagai kelompok kontrol dan SMA 2 Wonosari Gunungkidul kelompok eksperimen klas XII tahun pelajaran 2008/2009.

Jenis Penelitian ini adalah eksperimen sedangkan desain penelitian yang digunakan adalah desain faktorial 2 x 2 dengan teknik analisis varian (ANAVA) 2 jalur.

 

E. Kesimpulan

  1. Ada perbedaan pengaruh antara kelompok siswa yang motivasinya tinggi jika dibandingkan dengan kelompok siswa yang motivasinya rendah.
  2. Ada perbedaan pengaruh antara pemanfaatan media OHP dan komputer (menggunakan program power point) terhadap prestasi belajar fisika.
  3. Ada pengaruh interaksi pemanfaatan media pembelajaran dan motivasi terhadap prestasi belajar fisika. Dari uji lanjut diperoleh bahwa siswa motivasi tinggi menggunakan komputer sama baiknya dengan siswa motivasi rendah media komputer, motivasi tinggi menggunakan komputer sama baiknya dengan siswa motivasi tinggi media OHP, juga siswa motivasi tinggi dengan menggunakan media OHP sama baiknya dengan siswa motivasi rendah media komputer. Tetapi siswa motivasi tinggi menggunakan komputer lebih baik dengan siswa motivasi rendah media OHP, motivasi rendah menggunakan komputer lebih baik dengan siswa motivasi rendah media OHP, juga siswa motivasi tinggi dengan menggunakan media OHP lebih baik dengan siswa motivasi rendah menggunakan media OHP.

Leave a Reply

Alamat IDTesis Surabaya

Jl Gayungan VIII No 3, Surabaya (Carefour A Yani maju 100 m, ambil kiri ke arah Polsek Gayungan/Telkom Injoko)