HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Tesis Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran VCD dan Media Cetak terhadap Prestasi Belajar

Judul Tesis : Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran VCD dan Media Cetak terhadap Prestasi Belajar Biologi Ditinjau dari Motivasi Belajar pada Siswa SMP (Penelitian pada Siswa SMPN 1 di Kabupaten Banjarnegara Tahun 2008/2009 )

 

A. Latar Belakang Masalah

Peranan proses pembelajaran, prestasi tidak saja menjadi ukuran keberhasilan siswa dalam mengikuti suatu pelajaran tertentu, namun lebih dari itu prestasi belajar dapat dipakai sebagai umpan balik mengenai keberhasilan guru dalam melaksanakan pembelajaran. Peranan prestasi belajar juga dapat dipandang sebagai barometer keberhasilan siswa dalam mengikuti pelajaran dan keberhasilan guru dalam melaksanakan proses pembelajaran. Prestasi belajar sendiri dalam proses pembelajaran dipandang dari sudur kognitif, afektif dan psikomotor, sehingga dalam pelaksanaan pembelajaran diharapkan guru memperhatikan semua aspek tersebut.

Berdasarkan uraian tersebut yang telah dikemukakan menarik perhatian penulis sehingga dalam penelitian ini selanjutnya akan dibahas secara mendalam mengenai pengaruh penggunaan media pembelajaran VCD dan media cetak terhadap prestasi belajar Biologi ditinjau dari motivasi belajar.

 

B. Perumusan Masalah

  1. Apakah terdapat perbedaan pengaruh penggunaan media VCD dan media cetak terhadap prestasi belajar biologi ?
  2. Apakah terdapat perbedaan pengaruh antara motivasi belajar tinggi dan motivasi belajar rendah terhadap prestasi belajar biologi ?
  3. Apakah terdapat interaksi pengaruh antara penggunaan media pembelajaran dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar biologi ?

 

C. Kajian Teoritis

Pengertian Media Pembelajaran

Menurut Association of Education Communication Tecnology (AECT) pengertian media adalah segala bentuk yang dipergunakan untuk proses penyaluran informasi/pesan. (Arief S. Sardiman, Rahardjo, Anung Haryono, Rahardjito 2005:6). Disamping itu sebagai sistem penyampai atau pengantar, media yang sering diganti dengan kata mediator menurut Fleming dalam Arsyad adalah penyebab atau alat yang turut campur tangan dalam dua pihak dan mendamaikannya. Istilah mediator media menunjukkan fungsi dan peranannya yaitu mengatur hubungan yang efektif antara dua pihak utama dalam proses belajar siswa dan materin pelajaran.

Pengertian Video Compact Disc (VCD)

Video Compact Disc adalah media komunikasi Audio Visual yang digunakan untuk menyampaikan informasi dalam bentuk gambar dan suara. Tian Belawati (2003:6:1) menyatakan bahwa kaset video merupakan suatu medium yang sangat efektif untuk membantu proses pembelajaran.

Media Cetak

Media cetak saat ini memiliki kontribusi yang besar dalam proses pembelajaran. Salah satu alasan media cetak masih menjadi media utama di sekolah adalah, karena lebih mudah diperoleh dan lebih standar. Bates, Heinich dalam Tian Belawati (2003 : 9.3) mengungkapkan 5 (lima) sudut penilaian yang dapat digunakan untuk melihat aspek positif dari penggunaan media (bahan ajar) cetak :

  1. Dari sudut media
  2. Dari sudut pengajaran
  3. Dari sudut kualitas penyampaian
  4. Dari sudut penggunaan
  5. Dari segi ekonomis
  6. Pengertian Buku Teks

Basuki Wibawa dan Farida Mukti (1992 : 5), mengemukakan pengertian buku teks sebagai berikut “Buku teks adalah media pembelajaran yang umumnya digunakan di sekolah-sekolah pada saat ini, yang menggunakan urutan kegiatan pembelajaran, uraian, contoh dan latihan”.

Pengertian Prestasi Belajar

Zaenal Arifin (1990 : 2) menyatakan bahwa : “Prestasi berasal dari bahasa Belanda prestatic. Kemudian dalam bahasa Indonesia menjadi “Prestasi” yang berarti “hasil usaha”. Prestasi banyak digunakan dalam berbagai bidang. Berbagai bidang tersebut prestasi diartikan dengan kemampuan, ketrampilan dan sikap seseorang dalam menyelesaikan suatu hal.

 

D. Metode Penelitian

Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan eksperimen dengan rancangan factorial 2×2 dan penyajian data secara deskriptif analisis.

Populasi dalam penelitian ini adalah siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Kabupaten Banjarnegara.

Teknik pengambilan sampling menggunakan teknik Purposive Sample. Dalam penelitian ini yang menjadi sampel penelitian adalah siswasiswi kelas VIII SMP Negeri 1 Purwonegoro dan SMP Negeri 1 Mandiraja, setiap kelas ada 40 siswa yang di gunakan sebagai kelas kontrol dan satu kelas untuk kelas eksperimen berjumlah 40 siswa, Sedangkan teknik pengumpulan datanya menggunakan teknik angket dan tes.

Teknik analisis data yang digunakan Teknik Analisis Varians (ANAVA) Dua Jalur.

 

E. Kesimpulan

1. Terdapat perbedaan pengaruh antara penggunaan media VCD dan media cetak terhadap prestasi belajar biologi siswa SMP Negeri 1 kelas VIII di Kabupaten Banjarnegara. Hasil tersebut dibuktikan dengan uji F yang diperoleh Fhitung = 34,438 dan Ftabel = 4.091 dengan tingkat probabilitas sebesar 5 % dan derajat kebebasan dk = 1, sehingga Ho ditolak dan Ha diterima artinya terdapat perbedaan pengaruh yang berarti terhadap penggunaan media pembelajaran dengan menggunakan media cetak dan media VCD terhadap prestasi belajar biologi siswa kelas VIII SMP Negeri 1 di Kabupaten Banjarnegara. Hipotesis pertama yang menyatakan bahwa terdapat perbedaan pengaruh antara penggunaan media VCD dan media cetak terhadap prestasi belajar biologi siswa SMP Negeri 1 kelas VIII di Kabupaten Banjarnegara, diterima.

2. Terdapat perbedaan pengaruh antara motivasi belajar tinggi dan motivasi belajar rendah terhadap prestasi belajar biologi siswa SMP Negeri 1 kelas VIII di Kabupaten Banjarnegara. Hasil pengujian menunjukkan bahwa untuk pembelajaran dengan menggunakan media cetak diperoleh Fhitung = 124,796 dan harga Ftabel = 4,091 dengan tingkat probabilitas sebesar 5 % dan derajat kebebasan dk = 1, sehingga Ho ditolak dan Ha diterima, artinya terdapat perbedaan pengaruh yang berarti antara motivasi belajar tinggi dan motivasi belajar rendah terhadap prestasi belajar biologi siswa SMP Negeri 1 kelas VIII di Kabupaten Banjarnegara dengan menggunakan media pembelajaran media cetak. Hipotesis kedua yang menyatakan bahwa terdapat perbedaan pengaruh antara motivasi belajar tinggi dan motivasi belajar rendah terhadap prestasi belajar biologi siswa SMP Negeri 1 kelas VIII di Kabupaten Banjarnegara, diterima.

3. Tidak terdapat interaksi pengaruh media pembelajaran dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar biologi siswa SMP Negeri 1 kelas VIII di Kabupaten Banjarnegara. Hasil pengujian menunjukkan bahwa harga Fhitung < Ftabel, (0,467 > 4,091), sehingga Ho diterima dan Ha ditolak, artinya tidak terdapat interaksi pengaruh media pembelajaran dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar biologi siswa SMP Negeri 1 kelas VIII di Kabupaten Banjarnegara. Hipotesis ketiga yang menyatakan bahwa terdapat interaksi pengaruh media pembelajaran dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar biologi siswa SMP Negeri 1 kelas VIII di Kabupaten Banjarnegara, ditolak.

Incoming search terms:

Leave a Reply