HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Penelitian Ilmu Sosial Vs Ilmu Natura

Penelitian ilmu sosial merupakan suatu proses yang secara kontinyu kritis dan terorganisasi untuk mengadakan analisa dan memberikan intrepetasi terhadap fenomena sosial yang mempunyai hubungan yang saling berkaitan.  Sementara yang diteliti dalam ilmu natura adalah fenomena alam.

Untuk mendapatkan informasi lebih lengkap tentang produk kami silahkan klik link berikut : Jasa Pembuatan Tesis Jasa Pembuatan Skripsi Jasa Pembuatan Makalah Jasa Olah Data

 

 

Atau menghubungi nomor kontak berikut 0852.2588.7747 (AS)  email IDTesis@gmail.com

Dalam Wikipedia disebutkan bahwa ilmu sosial (social science) atau ilmu pengetahuan sosial (social studies) adalah sekelompok disiplin akademis yang mempelajari aspek-aspek yang berhubungan dengan manusia dan lingkungan sosialnya. Ilmu ini berbeda dengan seni dan humaniora karena menekankan penggunaan metode ilmiah dalam mempelajari manusia, termasuk metode kuantitatif dan kualitatif. Istilah ini juga termasuk menggambarkan penelitian dengan cakupan yang luas dalam berbagai lapangan meliputi perilaku dan interaksi manusia di masa kini dan masa lalu. Lebih lanjut lagi dalam wikipedia disebutkan terdapat beberapa cabang dari ilmu sosial, yakni:

  • Antropologi, yang mempelajari manusia pada umumnya, dan khususnya antropologi budaya, yang mempelajari segi kebudayaan masyarakat.
  • Ekonomi, yang mempelajari produksi dan pembagian kekayaan dalam masyarakat
  • Geografi, yang mempelajari lokasi dan variasi keruangan atas fenomena fisik dan manusia di atas permukaan bumi
  • Hukum, yang mempelajari sistem aturan yang telah dilembagakan
  • Linguistik, yang mempelajari aspek kognitif dan sosial dari bahasa
  • Pendidikan, yang mempelajari masalah yang berkaitan dengan belajar, pembelajaran, serta pembentukan karakter dan moral
  • Politik, yang mempelajari pemerintahan sekelompok manusia (termasuk negara)
  • Psikologi, yang mempelajari tingkah laku dan proses mental
  • Sejarah, yang mempelajari masa lalu yang berhubungan dengan umat manusia
  • Sosiologi, yang mempelajari masyarakat dan hubungan antar manusia di dalamnya.

Dalam Nazir (1988) dijelaskan bahwa secara umum dapat disimpulkan bahwa peneliti-peneliti dalam ilmu sosial selalu mendapatkan dirinya berkecimpung dalam masalah aktivitas maupun melibatkan dirinya dalam meneliti catatan aktivitas manusia, dan si peneliti bukan seorang pengamat yang imparsial tetapi pengamat yang berada dalam objek yang membuat proses dan fenomena sosial itu sendiri. Variabel-variabel fenomena sosial sulit sekali diukur secara kuantitatif, dan si peneliti sosial tidak dapat mengadakan perlakuan-perlakuan  terhadap atribut-atribut yagn sedang diteliti. Peneliti-peneliti ilmu sosial susah sekali mengadakan percobaan-percobaan dalam kerjanya sehingga pengelompokan-pengelompokan dengan perlakuan dan kontrol tidak mungkin dilakukan secara cukup akurat.

Sedangkan ilmu alam, dalam Wikipedia dijelaskan bahwa ilmu alam (natural science) atau ilmu pengetahuan alam adalah istilah yang digunakan untuk merujuk pada rumpun ilmu dimana objeknya adalah benda-benda alam dengan hukum-hukm yang pasti dan umum, berlaku kapanpun dan dimanapun. Selanjutnya disebutkan bahwa ilmu alam mempelajari aspek-aspek & nonmanusia tentang bumi dan alam sekitarnya. Ilmu-ilmu alam membentuk landasan bagi ilmu terapan, yang keduanya dibedakan dari ilmu sosial, humaniora, teologi, dan seni.

Secara garis besar, ruang lingkup ilmu alam meliputi:

–          Fisika, dalam wikipedia disebutkan fisika mempelajari gejala alam yang tidak hidup atau materi dalam ruang lingkup ruang dan waktu. Dalam ilmu ini, yang dipelajari  antara lain, gelombang, medan magnet, listrik, bunyi, cahaya, dan lain sebagainya.

–          Kimia, menurut wikipedia merupakan ilmu yang mempelajari mengenai komposisi, struktur dan sifat zat atau materi dari skala atom hingga molekul serta perubahan atau trasnformasi serta interaksi mereka untuk membentuk materi yang ditemukan sehari-hari. Ilmu kimia memiliki beberapa cabang, seperti: a) kimia analitik,merupakan analisis cuplikan bahan untuk memperoleh pemahaman tentang susunan kimia dan strukturnya; b) biokimia, yang mempelajari tentang senyawa kimia, reaksi kimia, dan interaksi kimia yang terjadi dalam organisme hidup; c) kimia anorganik, yang mengkaji sifat-sifat dan reaksi senyawa anorganik; d) kimia organik, yang mengkaji struktur, sifat, komposisi, mekanisme, dan reaksi senyawa organik; e) kimia fisik, yang mengkaji dasar fisik sistem dan proses kimia khususnya energitika dan dinamika sistem dan proses tersebut.

–          Biologi, menurut wikipedia ilmu biologi atau ilmu hayat merupakan ilmu yang mempelajari aspek fisik kehidupan. Dalam ilmu ini mempelajari tentang organisme, zoologi, mikrobiologi, dan lain sebagainya.

Incoming search terms:

Leave a Reply