HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Skripsi Psikologi: Bakat Siswa dan Persepsi Orang Tua dgn Pemilihan Jurusan Ilmu Sosial

Judul Skripsi : Hubungan Bakat Siswa dan Persepsi Orang Tua dengan Pemilihan Jurusan Ilmu Sosial Siswa Kelas XI SMA Negeri 3 Wonogiri Tahun Ajaran 2006/2007

 

A. Latar Belakang

Masih adanya beberapa siswa SMU Negeri 3 Wonogiri yang kurang tepat dalam memilih jurusan sesuai dengan minat dan bakatnya. Hal tersebut dikarenakan siswa memilih jurusan menuruti keinginan orang tuanya, sedangkan didalam pemilihan jurusan diharapkan siswa memilih dan menentukan jurusan sesuai dengan minat dan bakatnya. Sedikitnya siswa yang memilih jurusan Ilmu Sosial karena adanya anggapan dari orang tua dan siswa SMA Negeri 3 Wonogiri yang menganggap bahwa jurusan Ilmu Sosial bukan sebagai pilihan utama, sedangkan pada dasarnya semua jurusan di Sekolah Menengah Atas itu adalah baik.

Berdasarkan latar belakang masalah di atas menimbulkan keinginan penulis untuk meneliti tentang: HUBUNGAN BAKAT SISWA DAN PERSEPSI ORANG TUA DENGAN PEMILIHAN JURUSAN ILMU SOSIAL SISWA KELAS XI SMA NEGERI 3 WONOGIRI TAHUN AJARAN 2006/2007

 

B. Perumusan Masalah Skripsi

  1. Adakah hubungan antara bakat siswa dengan pemilihan jurusan Ilmu Sosial pada siswa kelas XI SMA N 3 Wonogiri tahun ajaran 2006/2007?
  2. Adakah hubungan antara persepsi orang tua dengan pemilihan jurusan Ilmu Sosial pada siswa kelas XI SMU N 3 Wonogiri tahun ajaran 2006/2007?

 

C. Landasan Teori

Pengertian Bakat

Anak berbakat adalah mereka yang memiliki kemampuan-kemampuan yang unggul maupun memberikan prestasi yang tinggi, dimana dapat dibedakan antara bakat sebagai potensi bawaan dan bakat yang telah terwujud dalam prestasi tinggi. Semua anak berbakat mempunyai potensi yang unggul, tetapi tidak semuanya telah berhasil mewujudkan potensi yang unggul tersebut secara optimal. Diperlukan pelayanan pendidikan khusus bagi anak berbakat adalah justru untuk membantu mereka mencapai prestasi sesuai dengan bakat-bakat mereka yang unggul. Cukup banyak anak berbakat yang prestasinya di sekolah tidak mencerminkan potensi intelektual mereka yang menonjol.

Pengertian Persepsi

Menurut Jallaludin Rahmad (2001: 51) ”Persepsi adalah pengalaman tentang obyek, peristiwa atau hubungan-hubungan yang diperoleh dengan menyimpulkan informasi dan menafsirkan pesan. Lebih lanjut Jallaludin Rahmad mengartikan persepsi sebagai suatu pengalaman baik mengenai objek maupun peristiwa. Berbeda lagi dengan Richard L. Daft (2002: 22) ”Persepsi (perception) adalah suatu proses yang digunakan orang untuk dapat memahami lingkungannya dengan cara menyeleksi, mengorganisasikan, dan menginterpretasikan informasi dari lingkungan”. Karena perbedaan individu dalam hal merasa dan bagaimana mereka mengorganisasikan dan menginterpretasikannya, persepsi bervariasi pada masing-masing orang dan berbeda dari kenyataan obyektifnya. Kebanyakan perbedaan dalam persepsi diantara masing-masing orang pada pekerjaan berhubungan dengan bagaimana mereka menyeleksi dan mengorganisasikan data yang tertangkap.

Persepsi Orang Tua

Dengan adanya peran orang tua yang memiliki persepsi tentang jurusan di SMA akan mempengaruhi pilihan siswa itu sendiri, sehingga pemilihan jurusan sangat memerlukan toleransi orang tua untuk menghargai minat dan bakat putraputrinya. Sebagian besar orang tua pastilah berfikir bahwa pendidikan yang diberikan kepada putra-putrinya harus benar-benar dapat dijadikan bekal di masa mendatang. Hal ini menimbulkan persepsi bahwa anak harus memilih jurusan yang popular dan dapat menjanjikan masa depan yang lebih baik. Hal ini kemudian dijadikan patokan para orang tua dalam memberikan pendapat dan pandangan pada putra-putrinya untuk mengambil keputusan mengenai jurusan yang akan dipilih.

 

D. Metode Penelitian Skripsi

Penelitian ini mengambil lokasi di jurusan Ilmu Sosial SMA Negeri 3 Wonogiri Jln. Kimangunsarkoro 1 Wonogiri.

Waktu yang digunakan dalam penelitian ini adalah 6 bulan terhitung mulai pengajuan judul sampai dengan penyusunan laporan hasil penelitian. da beberapa jenis metode yang digunakan dalam penelitian, yaitu Metode Historis, Metode Deskriptif dan Metode Eksperimen.

Adapun yang ditetapkan sebagai populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI jurusan Ilmu Sosial SMA Negeri 3 Wonogiri Semester II tahun ajaran 2006/2007, yang berjumlah 156 siswa.

Metode Pengumpulan Data pada penelitian ini yaitu Metode Angket/Kuisioner dan Metode Dokumentasi.

Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan rancangan uji statistik dengan teknik regresi linier ganda dua prediktor.

 

E. Kesimpulan

  1. Hipotesis yang berbunyi: “Ada hubungan yang positif antara bakat siswa dengan pemilihan jurusan Ilmu Sosial siswa kelas XI SMA Negeri 3 Wonogiri tahun ajaran 2006/2007” teruji kebenarannya. Hal ini ditunjukkan dari hasil perhitungan yang diperoleh yaitu rx 1 y > rtabel atau 0,44 > 0,312, pada taraf signifikansi 5%. Hasil ini menunjukkan ada hubungan yang positif antara bakat siswa dengan pemilihan jurusan Ilmu Sosial siswa kelas XI SMA Negeri 3 Wonogiri tahun ajaran 2006/2007.
  2. Hipotesis yang berbunyi: “Ada hubungan yang positif antara persepi orang tua dengan pemilihan jurusan Ilmu Sosial siswa kelas XI SMA Negeri 3 Wonogiri tahun ajaran 2006/2007” teruji kebenarannya. Hal ini ditunjukkan dari hasil perhitungan yang diperoleh yaitu rx 2 y > rtabel atau 0,333 > 0,312, pada taraf signifikansi 5%. Hasil ini menunjukkan ada hubungan yang positif antara persepsi orang tua dengan pemilihan jurusan Ilmu Sosial siswa kelas XI SMA Negeri 3 Wonogiri tahun ajaran 2006/2007.

 

Contoh Skripsi Psikologi

  1. Hubungan Antara Persepsi Karyawan terhadap Penerapan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3)
  2. Hubungan Antara Pola Pengasuhan dan Pola Kelekatan dengan Penyesuaian Sosial pada Remaja
  3. Hubungan Antara Konformitas dan Efikasi Diri Sosial dengan Harga Diri Pada Taruna Akademi Kepolisian
  4. Hubungan Bakat Siswa dan Persepsi Orang Tua dengan Pemilihan
  5. Pengaruh Senam Lansia terhadap Penurunan Tingkat Depresi pada Orang Lanjut Usia

 

Leave a Reply