HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp), 0857.0.1111.632(IM3), email:IDTesis@gmail.com BBM:2B7D0DB6

Profesionalisme Guru dan Peningkatan Mutu Pendidikan Di Era Otonomi Daerah

Profesionalisme Guru - Hasil telaah penelitian Tesis Ravik, (2005), tentang Profesionalisme Guru Dan Peningkatan Mutu Pendidikan Di Era Otonomi Daerah, menyatakan bahwa: dalam rangka mencapai mutu yang tinggi dalam bidang pendidikan, peranan guru sangatlah penting bahkan sangat utama. Untuk itu, maka profesionalisme guru harus ditegakkan dengan cara pemenuhan syarat-syarat kompetensi yang harus dikuasai oleh setiap guru, baik di bidang penguasaan keahlian materi keilmuan maupun metodologi. Guru harus bertanggungjawab atas tugas-tugasnya dan harus mengembangkan kesejawatan dengan sesama guru melalui keikutsertaan dan pengembangan organisasi profesi guru.

Para guru harus menjadikan orientasi mutu dan profesionalisme guru sebagai etos kerja mereka dan menjadikannya sebagai landasan orientasi berperilaku dalam tugas-tugas profesinya untuk mencapai kondisi guru yang profesional. Karenanya, maka kode etik profesi guru harus dijunjung tinggi.

Profesi guru belum dalam posisi yang ideal seperti yang diharapkan, namun harus terus diperjuangkan menuju yang terbaik. Pada saat diberlakukannya otonomi daerah dan desentralisasi pendidikan yang bersamaan dengan tumbuh dan berkembangnya teknologi informasi yang sangat pesat, dipahami bahwa banyak tantangan sekaligus peluang yang harus dihadapi untuk dapat diselesaikan oleh para guru dan lembaga penyelenggara pendidikan. Tantangan dan peluang tersebut antara lain:

  • berubahnya peran guru dalam manajemen proses belajar mengajar,
  • kurikulum yang terdesentralisasi,
  • pemanfaatan secara optimal sumber-sumber belajar lain dan teknologi informasi,
  • usaha pencapaian layanan mutu pendidikan yang optimal, dan
  • penegakan profesionalisme guru dengan sertifikasi guru.
Para guru mempunyai tantangan untuk dapat beradaptasi dengan sebaik-baiknya dalam situasi transisi, agar dapat memperkecil dampak negatif dan memperbesar dampak positifnya.

Menyikapi hal-hal demikian, tidak lain maka para guru haruslah dapat mengembangkan suatu perilaku adaptif agar berhasil mengemban profesinya di era otonomi daerah dan era global ini. Para guru adalah tulang punggung pendidikan di Indonesia, karena guru adalah “soko guru” pendidikan, mudah- mudahan peningkatan mutu pendidikan di era otonomi daerah segera akan tercapai.

Tags: ,
Leave a Reply

Current day month ye@r *

Alamat :

Jl Veteran Gang Satria UH II / 1060 Muja-Muju Kecamatan Umbulharjo Yogyakarta (Belakang Pegadaian Syariah Jln Veteran)

HP AS : 0852.2588.7747 

HP IM3 : 0857.0.1111.632