HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Sertifikasi Guru Terhadap Peningkatan Profesionalisme

Contoh Tesis- Analisis Dampak Program Sertifikasi Guru Terhadap Peningkatan Profesionalisme Dan Mutu Pendidikan Di Era Otonomi Daerah

Sertifikasi Sertifikasi Guru Terhadap Peningkatan Profesionalisme

 

A.  Latar Belakang

Guru memiliki peran yang strategis dalam bidang pendidikan, bahkan sumber daya pendidikan lainnya memadai sering kali kurang berarti apabila tidak disertai kualitas guru yang memadai. Guru memegang peranan kunci terhadap maju mundurnya sebuah pendidikan dalam satuan pendidikan. Guru merupakan ujung tombak dalam upaya peningkatan kualitas layanan dan hasil pendidikan.

Pemerintah bersama komponen bangsa lainya telah bersepakat tentang peranan penting Guru dan hal ini dibuktikan dengan melahirkan Undang- Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen, dan Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Pendidikan Nasional menyatakan bahwa guru adalah tenaga profesional.

B.  Perumusan Masalah

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah sebagai berikut :

  1. Apakah ada keterkaitan program sertifikasi terhadap pengembangan profesionalisme guru di Sragen?
  2. Apakah ada keterkaitan program sertifikasi guru terhadap pengembangan mutu pendidikan di Sragen?
  3. Apakah ada keterkaitan pengembangan profesionalisme guru terhadap pengembangan mutu pendidikan di Sragen?

C.  Hasil Penelitian

Program sertifikasi mempunyai keterkaitan terhadap pengembangan profesionalisme guru SMP/MTs di Sragen, Program sertifikasi guru mempunyai keterkaitan terhadap mutu pendidikan SMP/MTs di Sragen, dan Pengembangan profesionalisme guru mempunyai keterkaitan terhadap mutu pendidikan  SMP/MTs di Sragen.

D.  Saran Penelitian 

Berdasarkan peneltian yang telah dilakukan maka beberapa saran yang penulis sampaikan berkenaan dengan pelaksanaan sertifikasi guru SMP/MTs di Kabupaten Sragen adalah :

  1. Pemerintah hendaknya memberikan pengawasan  optimal kepada guru penerima tunjangan profesi agar bekerja lebih optimal melalui Pengawas Sekolah/Madrasah.
  2. Pemerintah hendaknya mendorong kepada guru untuk lebih inofatif dalam pengembangan profesinya melalui kegiatan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP).
  3. Pemerintah hendaknya memberikan sarana prasarana yang memadai termasuk peningkatan kualitas guru melalui pemberian beasiswa pendidikan bagi guru, workshop dan diklat dalam upaya peningkatan mutu pendidikan.
  4. Para guru hendaknya menyadari bahwa sertifikasi guru dan pemberian tunjangan profesi guru hanyalah merupakan sarana/alat dalam upaya peningkatan mutu pendidikan di Indonesia.
Incoming search terms:

Leave a Reply