HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Pembahasan Lengkap Teori Strategi Pemasaran Produk menurut Para Ahli dan Contoh Tesis Strategi Pemasaran Produk

Gambaran dari Strategi Pemasaran Produk

Pengertian Strategi Pemasaran

Menurut Kotler dan Amstrong (2008), pengertian strategi pemasaran adalah logika pemasaran dimana unit bisnis berharap untuk menciptakan nilai dan memperoleh keuntungan dari hubungannya dengan konsumen.

Pembahasan Lengkap Teori Strategi Pemasaran Produk menurut Para Ahli dan Contoh Tesis Strategi Pemasaran Produk

 

Menurut Kurtz (2008), pengertian strategi pemasaran adalah keseluruhan program perusahaan dalam menentukan target pasar dan memuaskan konsumen dengan membangun kombinasi elemen dari marketing mix; produk, distribusi, promosi, dan harga.

Menurut Philip Kotler, pengertian strategi pemasaran adalah suatu mindset pemasaran yang akan digunakan untuk mencapai tujuan pemasaran, dimana di dalamnya terdapat strategi rinci mengenai pasar sasaran, penetapan posisi, bauran pemasaran, dan budget untuk pemasaran.

Tujuan Strategi Pemasaran

Tujuan dari strategi pemasaran antara lain:

  1. Meningkatkan kualitas koordinasi kepada tim pemasaran
  2. Mengukur hasil pemasaran menurut standard prestasi yang berlaku
  3. Memberikan dasar yang masuk akal didalam setiap mengambil keputusan
  4. Meningkatkan kemampuan dalam beradaptasi apabila terjadi perubahan dalam pemasaran


Jenis-Jenis Strategi Pemasaran

Assauri (2008:163) mengemukakan ada tiga jenis strategi pemasaran yang dapat dilakukan perusahaan yakni

  1. Strategi pemasaran yang tidak membeda-bedakan pasar (Undifferentiated marketing)
  2. Strategi pemasaran yang membeda-bedakan pasar (Differentiated marketing) dan
  3. Strategi pemasaran yang terkonsentrasi (Concentrated marketing)

Teori-teori dari gambar Strategi Pemasaran Produk

5 Konsep Strategi Pemasaran

  • Segmentasi Pasar

Setiap konsumen pasti memiliki kebutuhan dan kebiasaan yang berbeda. Perusahaan harus melakukan klasifikasi pasar yang sifatnya heterogen menjadi satua-satuan pasar yang bersifat homogen.

  • Market Positioning

Tidak ada perusahaan yang bisa menguasai seluruh pasar. Itulah alasannya mengapa perusahaan harus punya pola spesifik untuk mendapatkan posisi kuat dalam pasar, yaitu memilih segmen yang paling menguntungkan.

  • Market Entry Strategy

Ini adalah strategi perusahaan untuk bisa masuk pada segmen pasar tertentu. Bebebrapa cara yang sering dilakukan adalah:

Membeli Perusahaan Lain

Internal Development

Kerjasama Dengan Perusahaan Lain

  • Marketing Mix Strategy

Marketing Mix (baca: Pengertian Marketing Mix) adalah kumpulan dari beberapa variabel yang telah digunakan perusahaan untuk mempengaruhi tanggapan konsumen. Beberapa variabel tersebut diantaranya;

  • Product
  • Price
  • Place
  • Promotion
  • Participant
  • Process
  • People Physical Evidence
  • Timing Strategy

Pemilihan waktu dalam melakukan pemasaran juga sangat penting untuk diperhatikan. Perusahaan perlu melakukan berbagai persiapan yang baik di bidang produksi, dan menentukan waktu yang tepat untuk mendistribusikan produk ke pasar.

Jenis strategi pemasaran

Pembahasan Lengkap Teori Strategi Pemasaran Produk menurut Para Ahli dan Contoh Tesis Strategi Pemasaran Produk

Selain jenis-jenis yang telah disebutkan diatas, masih ada beberapa macam atau jenis strategi pemasaran, yakni:

Strategi Kebutuhan Primer

Strategi untuk merancang kebutuhan primer adalah:

  • Menambah jumlah yang memakai
  • Meningkatkan volume pembeli

 

Strategi Kebutuhan Selektif

Strategi kebutuhan selektif dengan cara:

Mempertahankan Jumlah Pelanggan Seperti:

  • Menjaga kepuasan pelanggan
  • Memudahkan proses pembelian
  • Mengurangi ketertarikan atau jelang untuk peralihan merk.

Contoh Tesis yang membahas tentang Strategi Pemasaran Produk

Contoh Tesis 1 : Analisis Strategi Pemasaran dalam Meningkatkan Volume Penjualan Produk pada PT. Proderma Sukses Mandiri

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi pemasaran pada PT. Proderma Sukses Mandiri khususnya bauran pemasaran (Marketing Mix) yang diterapkan perusahaan. Kemudian untuk mengetahui hasil analisa Kekuatan (Strenght), Kelemahan (Weakness), Peluang (Opportunities), dan Tantangan (Threat) serta gambaran strateginya sehingga dapat diaplikasikan untuk peningkatan penjualan produk. Dengan menggunakan Teknik penelitian SWOT, Matriks, EFAS, dan IFAS serta diagram cartecius. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, yaitu studi kasus yang menghasilkan data-data deskriptif yang dituangkan dalam kata-kata. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini penulis melakukan kunjungan langsung ke PT. Proderma Sukses Mandiri untuk melakukan wawancara pribadi dengan Direktur Utama Bapak Sumarwoto dan dilengkapi dengan data-data penjualan beberapa tahun kebelakang. Kesimpulan dari analisis yang dilakukan pada strategi pemasaran PT. Proderma adalah perusahaan telah menjalankan strategi pemasaran dengan benar dan tepat dan pada perhitungan analisis SWOT yang dituangkan pada diagram cartesius proderma berada di posisi kuadran 1 yaitu Growth. Yang mana perusahaan dapat mengembangkan, mempertahankan dan meningkatkan kualitas produk agar masyarakat terus percaya pada produk Proderma. Lalu perusahaan telah memenuhi karakter dan paradigma pemasaran syariah dengan memenangkan mind share, market share dan heart share. Meskipun dari sisi variabel produk pada marketing mix nya, produk PT. Proderma sedang dalam pengurusan sertifikat halal dari MUI. Tetapi dalam sisi kegiatan proses pemasaran nya perusahaan jujur dengan apa yang ditawarkan dan tidak berlebihan.

 

Contoh Tesis 2 : Analisis Strategi Pemasaran Produk Opak di Home Industri Kelompok Usaha Bersama Kucai Jaya Kalibeber Wonosobo

 

Berkenaan dengan strategi bisnis yang dilakukan oleh Kelompok Usaha Bersama Kucai Jaya Kalibeber Wonosobo, maka peneliti tertarik untuk mempelajari strategi pemasaran produk opak di Home Industri Kelompok Usaha Bersama Kalibeber Wonosobo yang berdasarkan nilai-nilai syari?ah yang diterapkan dalam pemasarannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran produk yang dilaksanakan Kelompok Usaha Bersama Kucai Jaya Kalibeber Wonosobo dan untuk mengetahui nilai-nilai syari?ah yang diyakini pengusaha Kucai Jaya Kalibeber Wonosobo. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field research) yang bersifat kualitatif. Data primer adalah data yang diperoleh dari ketua, sekretaris, para anggota KUB Kucai Jaya, dan Pihak LPTP. Data sekunder adalah data yang diperoleh dari dokumen pencatatan penjualan kelompok dan anggota KUB Kucai Jaya. Metode pengumpulan data yang digunakan penulis adalah observasi, wawancara, dan dokumen. Dalam menganalisis data penulis menggunakan metode deskriptif kualitatif.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa KUB Kucai Jaya menerapkan strategi pemasaran syari?ah yaitu segmenting (segmentasi pasar), targeting (target pasar), dan positioning (penetapan posisi pasar). Nilai-nilai syari?ah yang diterapkan KUB Kucai Jaya yaitu shiddiq (jujur), amanah (dapat dipercaya), tabligh (menyampaikan), dan fathonah (cerdas).

 

Contoh Tesis 3 : Strategi Pemasaran pada Perusahaan “X”

 

Pada awalnya industri jasa layanan telekomunikasi di Indonesia merupakan industri yang highly regulated dan dimonopoli oleh badan usaha milik negara (BUMN). Setelah adanya perubahan terhadap Undang-Undang Telekomunikasi selain pelepasan monopoli di industri tersebut dampak lainnya adalah dilepaskannya penetapan harga dari Pemerintah. Penetapan biaya jasa layanan telekomunikasi yang selama ini diatur oleh Pemerintah akan diserahkan kepada mekanisme pasar. Akibat dari perubahan kebijakan tersebut dan didukung oleh perkembangan teknologi telekomunikasi seluler dengan masuknya teknologi GSM 1800, GSM 2G, 2,5G dan saat ini 3G maka, industri jasa layanan telekomunikasi di Indonesia mulai maju dengan pesat dengan munculnya pemain-pemain baru pada industri ini seperti PT. Excelkomindo, Mobile 8 dan Bakrie Telkom.

Melihat potensi pasar Indonesia dengan 220 juta penduduk, tarif harga yang tinggi dan masih rendahnya tingkat penggunaan jasa ini menarik perusahaan “X” untuk memasuki pasar jasa layanan telekomunikasi seluler di Indonesia. Perusahaan “X” dengan pengalamannya sebagai operator jasa layanan telekomunikasi seluler di beberapa negara Eropa dan Asia Pasifik masuk ke pasar jasa layanan telekomunikasi seluler Indonesia dengan memposisikan diri sebagai perusahaan yang inovatif dengan harga yang terjangkau untuk mendapatkan 1 (satu) juta pelanggan pada tahun pertama perusahaan tersebut beroperasi.

Karya akhir ini akan membahas faktor-faktor kesuksesan dan keunggulan yang dimiliki oleh perusahaan “X”. Kemudian hal yang menarik adalah proses segmentasi, targeting dan positioning yang dilakukan oleh perusahaan “X” dalam menganalisa pasar dan industri telekomunikasi di Indonesia. Adapun metode penelitian yang dipergunakan dalam penulisan karya akhir ini adalah riset kualitatif dengan melakukan pengumpulan data melalui in depth interview dengan general manager product perusahaan “X” untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan yang sulit dan mendapatkan pemahaman yang lebih jelas mengenai strategi dari perusahaan tersebut.

 

Contoh Tesis 4 : Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Volume Penjualan Gas Elpiji 3 Kg pada PT. Putra Sinbar Gas di Kabupaten Sinjai

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis strategi pemasaran berupa produk, harga, promosi dan distribusi untuk meningkatkan volume penjualan gas elpiji 3 kg, serta untuk mengetahui dan menganalisis manakah yang dominan dari strategi pemasaran yang meningkatkan volume penjualan gas elpiji 3 kg pada PT. Putra Sinbar Gas di Kabupaten Sinjai. Penelitian ini bersifat survey dengan penelitian kuantitatif. Populasi dan sampel penelitian data kegiatan pemasaran dalam kurun waktu enam tahun (2009-2014). Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan telaah dokumen. Analisis data yang digunakan adalah Regresi Linier Berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pemasaran yang terdiri dari produk, harga, promosi dan distribusi berpengaruh positif dan signifikan terhadap peningkatan penjualan gas elpiji 3 kg pada PT. Putra Sinbar Gas Kabupaten Sinjai. Diantara strategi pemasaran tersebut, distribusi yang dominan berpengaruh terhadap penjualan gas elpiji 3 kg pada PT. Putra Sinbar Gas Kabupaten Sinjai berdasarkan hasil analisis statistik nilai koefisien regresi (B) yang menunjukkan nilai tertinggi diantara variabel bebas lainnya.

 

Contoh Tesis 5 : Analisis Strategi Pemasaran pada Produk Tamara (Tabungan Mandiri Sejahtera) di BMT El-Labana Semarang

 

BMT El-Labana Semarang merupakan lembaga keuangan syari?ah yang berada di Semarang. BMT ini menyediakan pelayanan terhadap anggotanya dalam bentuk produk funding yang diperlukan untuk menyimpan dana dan produk lending yang diperlukan bagi anggota yang kekurangan dana. Diantara produk yang ditawarkan pihak BMT El-Labana Semarang, produk TAMARA yang paling diminati oleh anggota dikarenakan produk ini bisa diambil sewaktuwaktu. Sehingga perlu juga adanya strategi dalam pemasaran produk tersebut.

Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah apa model strategi pemasaran yang dilakukan BMT El-Labana Semarang. Penelitian dilakukan di BMT El-Labana Semarang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Metode ini merupakan prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari pihak-pihak yang bersangkutan dalam penelitian ini.

Dari hasil penelitian, strategi pemasaran BMT El-Labana Semarang menggunakan konsep 4P, yaitu : Product (produk), BMT menawarkan produk TAMARA dengan jujur dan terhindar daei unsur gharar. Price (harga), setoran yang ditentukan pihak BMT tidak memberatkan anggota karena telah disesuaikan dengan kondisi masyarakat. Place (tempat/saluran distribusi), tempat yang strategis dan nyaman sehingga petugas merasa leluasa dalam memberikan pelayanan kepada anggota maupun calon anggota. Promotion (promosi), cara ini dilakukan BMT untuk menawarkan produknya kepada anggota dengan melalui penjualan pribadi. Sedangkan untuk model strategi pemasaran yang dilakukan BMT El-Labana Semarang yaitu dengan sistem jemput bola yang sangat memudahkan anggotanya, menjalin kerjasama dengan mitramitra baru dengan berdasarkan prinsip syari?ah, serta melalui media pemasaran seperti mencetak brosur, pengajian, bakti sosial, sosialisasi ke arisan Dasa Wisma.

Contoh Tesis 6 : Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Volume Penjualan Gas Elpiji 3 Kg pada Pt. Putra Sinbar Gas di Kabupaten Sinjai

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis strategi pemasaran berupa produk, harga, promosi dan distribusi untuk meningkatkan volume penjualan gas elpiji 3 kg, serta untuk mengetahui dan menganalisis manakah yang dominan dari strategi pemasaran yang meningkatkan volume penjualan gas elpiji 3 kg pada PT. Putra Sinbar Gas di Kabupaten Sinjai. Penelitian ini bersifat survey dengan penelitian kuantitatif. Populasi dan sampel penelitian data kegiatan pemasaran dalam kurun waktu enam tahun (2009-2014). Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan telaah dokumen. Analisis data yang digunakan adalah Regresi Linier Berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pemasaran yang terdiri dari produk, harga, promosi dan distribusi berpengaruh positif dan signifikan terhadap peningkatan penjualan gas elpiji 3 kg pada PT. Putra Sinbar Gas Kabupaten Sinjai. Diantara strategi pemasaran tersebut, distribusi yang dominan berpengaruh terhadap penjualan gas elpiji 3 kg pada PT. Putra Sinbar Gas Kabupaten Sinjai berdasarkan hasil analisis statistik nilai koefisien regresi (B) yang menunjukkan nilai tertinggi diantara variabel bebas lainnya.

 

Contoh Tesis 7 : Analisis Strategi Pemasaran Restoran Agricafe di Kota Bogor

Perubahan gaya hidup masyarakat kea rah yang serba cepat dan praktis menjadikan usaha dibidang kuliner khususnya restoran tidak pernah sepi peminat, salah satu restoran yang berada di pusat Kota Bogor yaitu Restoran Agricafe. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengidentifikasi kegiatan pemasaran yang telah diterapkan oleh Restoran Agricafe (2) mengidentifikasi faktor-faktor yang dipertimbangkan untuk merumuskan strategi pemasaran Restoran Agricafe (3) merumuskan dan merekomendasikan prioritas strategi pemasaran di masa yang akan datang. Kegiatan pemasaran Restoran Agricafe menggunakan konsep bauran pemasaran (marketing mix) tujuh P, yaitu: 1) faktor produk 2) faktor harga 3) faktor Distribusi 4) faktor Promosi 5) faktor Proses 6) faktor Orang dan 7) faktor Fisik.

 

Contoh Tesis 8 : Analisis Strategi Pemasaran dalam Upaya Peningkatan Penjualan Produk Tradisional Krupuk Gadung di Kecamatan Ngrayun Ponorogo

Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif yaitu mendeskripsikan mengenai produk krupuk gadung di Kecamatan Ngrayun kemudian menentukan strategi-strategi yang tepat untuk memasarkan produk tersebut. Yaitu dengan cara mencari dan menganalisis mengenai kekuatan dan kelemahan dari produk tersebut serta peluang dan ancaman yang ada sehingga dapat mengambil kesimpulan yang bijak dari penelitian tersebut.

Penelitian ini berlatar belakang bahwa di Kecamatan Ngrayun banyak dijumpai tumbuhan gadung dan juga pembuat kerupuk gadungnya, sehingga potensi umbi gadung ini memiliki nilai ekonomis yang cukup untuk menambah pendapatan keluarga. Sehingga diperlukan strategi-strategi untuk pemasarannya agar produk kerupuk gadung Ngrayun ini dapat dikenal oleh masyarakat. Tujuan dari penelitian ini adalah mengidentifikasi kekuatan, kelemahan yang ada didalam industri serta peluang dan ancaman dari luar yang menjadi faktor eksternal industri, kemudian menentukan strategi-strategi alternatif yang baik bagi industri.

Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatatif, yang menjadi responden atau bahan penelitian adalah pelaku-pelaku usaha kerupuk gadung di Kecamatan Ngrayun. Teknik pengumpulan data antara lain dengan menggunakan wawancara terstruktur untuk mendapatkan data yang relevan sehingga data yang didapatkan akurat. Hasil dari penelitian ini adalah mendapatkan alternatif-alternatif strategi yang dapat digunakan untuk memompang penjualan produk, antara lain adalah dengan 1) membuat produk yang memiliki harga jual yang rendah namun memiliki keunikan, sehingga dapat menekan pasar untuk mendapatkan konsumen yang fanatik, 2) menerapkan strategi-strategi alternatif dari hasil penelitian.

 

Contoh Tesis 9 : Strategi Pemasaran Produk Pembiayaan dalam Pencapaian Target di PT. Bank Muamalat, Tbk Kcp Sm.Raja Medan

Perbankan syariah merupakan salah satu jenis kegiatannya didasarkan pada prinsip syariah, yang terbebas dari riba. Akan tetapi, dalam perkembangannya mengalami hambatan, terutama dalam pemasarannya. Sehingga diperlukan strategi yang tepat, agar perbankan syariah dapat diterima oleh masyarakat. PT Bank Muamalat Indonesia merupakan bank syariah yang pertama kali di dirikan dalam perbankan syariah. Penulisan tugas akhir ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran produk yang diterapkan oleh PT Bank Muamalat Indonesia cabang pembantu Sm.Raja Medan. Strategi pemasaran yang tepat dan terarah merupakan kunci sukses pemasaran suatu produk.Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kasus yaitu mengambil satu obyek tertentu. Data yang diperoleh melalui dua sumber, yaitu data yang diperoleh dengan wawancara langsung dengan unit pemasaran pada PT Bank Muamalat Indonesia Tbk cabang pembantu Sm.Raja Medan, dan data yang diperoleh dari sumber lain yang berkaitan dengan penelitian, baik dari sumber buku maupun sumber lainnya.Hasil penelitian ini adalah bahwa PT Bank Muamalat Indonesia Tbk cabang pembantu Sm.Raja Medan telah melaksanakan strategi pemasaran dengan menggunakan marketing mix yang meliputi place,price, product, dan promotion. Hambatan-hambatan yang dihadapi PT Bank Muamalat Indonesia Tbk cabang pembantu Sm.Raja Medan dalam pemasaran produk adalah kurangnya pengetahuan yang mendalam masyarakat mengenai bank syariah, kurangnya sumber daya manusia pemasaran yang kompeten dan ketetapan system dari pusat yang ketat. Saran yang dapat penulis berikan bagi PT Bank Muamalat Indonesia Tbk cabang pembantu Sm.Raja Medan adalah lebih meningkatkan pelayanan serta kualitas produk agar tetap mampu bersaing dan lebih meningkatkan manajemen mutu, sumber daya manusia, system kerja, dan mampu menciptakan strategi yang kompetitif.

 

Contoh Tesis 10 : Strategi Pemasaran Produk Kursi Sofa dalam Perspektif Ekonomi Islam (Studi Pada Toko Utama Sofa Kelurahan Bende, Kota Kendari)

 

Hasil penelitian ditemukan bahwa Strategi Pemasaran Produk kursi Toko Utama Sofa Kendari adalah dengan cara mengenali konsumen, kemudian perusahaan melakukan promosi seperti pemasangan spanduk, penyebaran brosur serta memanfaatkan media sosial seperti facebook, dan yang lainnya sebagai sarana untuk promosi dan pengenalan produk kepada konsumen agar dapat meningkatkan penjualan. pemilihan lokasi, karena lokasi adalah salah satu faktor penunjang besar untuk banyak mendapatkan pengunjung. Perusahaan juga menjalin hubungan yang baik dengan para pelanggan yang sudah lama menjadi konsumen di perusahaan ini.

 

Perusahaan beranggapan bahwa, pelanggan lama akan memberikan rekomendasi kepada beberapa orang untuk mencoba produk yang ada dalam perusahaan tersebut. Kemudian ditinjau dari perspektif Ekonomi Syariah Mengenai pemasarannya sudah memenuhi persyaratan pemasaran karena adanya transparansi dan tidak adanya paksaan kepada para konsumen karena konsumen berbelanja sesuai kualitas dan kebutuhannya saja. Sementara ditinjau dari strategi-strategi dalam memasarkan produknya yang diterapkan telah sesuai dengan syariah karena telah memenuhi syarat jual beli dalam islam yakni diantaranya jujur dalam melakukan jual beli, adil dalam melakukan penjualan produk seperti tidak membedakan antara konsumen yang satu dengan konsumen yang lainnya, bersikap melayani dengan rendah hati.

 

 

Leave a Reply

×
Hallo ????

Ada yang bisa di bantu?