HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Tesis Strategi Komunikasi: Evaluasi Strategi Komunikasi Pemasaran pd Majalah Pernikahan

Judul Tesis : Evaluasi Strategi Komunikasi Pemasaran pada Majalah Pernikahan (Studi Kasus: Majalah Le Mariage)

 

A. Latar Belakang Tesis 

Media massa merupakan hal yang tidak terlepaskan dari kehidupan manusia modern. Media massa merupakan hasil produk teknologi modern sebagai saluran dalam komunikasi massa untuk mendapatkan berbagai macam informasi. Dengan demikian, media massa merupakan alat komunikasi yang bisa menyebarkan pesan secara serempak, cepat kepada audience yang luas dan heterogen. Kelebihan media massa dibanding dengan jenis komunikasi lain adalah ia bisa mengatasi hambatan ruang dan waktu. Bahkan media massa mampu menyebarkan pesan hampir seketika pada waktu yang tak terbatas. Kehadiran media massa membuat dunia dirasakan semakin kecil. Hal ini diperkuat oleh pendapat Marshall McLuhan mengenai keadaan dunia yang seolah-olah semakin kecil karena dunia saat ini bagaikan desa global (global village).

Media komunikasi modern memungkinkan berjuta-juta orang di seluruh dunia untuk saling berhubungan hampir ke setiap pelosok dunia (Littlejohn, 1989:252, dalam Ardianto, Komala, Karlinah, 2007). Terlebih sekarang dengan bermunculannya media sosial melalui internet semakin mempermudah mendapatkan informasi bahkan bersosialisasi dengan siapa saja dan dimana saja.

 

B. Perumusan Masalah

  1. Bagaimana implementasi atau pelaksanaan strategi komunikasi pemasaran yang digunakan majalah Le Mariage untuk mencapai target pembaca dan pemasang iklan?
  2. Rekomendasi apa yang diberikan terhadap strategi komunikasi pemasaran majalah Le Mariage untuk mencapai target atau meningkatkan target penjualan baik kepada pembaca maupun pemasang iklan sampai saat ini?

 

C. Kerangka Pemikiran

Majalah

Majalah dibedakan menurut kategorinya, sejak awal majalah sudah menentukan siapa yang akan menjadi sasaran khalayak yang dituju, siapa yang akan menjadi pembacanya. Seiring perkembangan jaman majalah muncul kian beragam dan spesifik, seperti contohnya majalah berita, majalah keluarga, majalah olahraga, majalah wanita, majalah remaja wanita, majalah pria, majalah remaja pria, majalah agama, majalah hobi, majalah musik, majalah pernikahan, dan lain sebagainya. Mengacu pada sasaran khalayaknya yang spesifik, maka fungsi utama media pun berbeda satu dengan yang lainnya.

 

Ekonomi Media

Ekonomi media membantu kita untuk memahami hubungan ekonomi antara pelaksana media (produsen) dengan khalayaknya, pengiklan dan masyarakat. Media massa adalah institusi ekonomi, terlibat dalam produksi dan penyebaran konten yang ditargetkan terhadap konsumen. Konsumen menunjukkan preferensi untuk konten media melalui pertukaran uang dan waktu di pasar berbagai media, konten tidak hanya dirancang untuk menarik konsumen, tetapi juga untuk menarik pengiklan yang ingin akses ke konsumen. Sehingga perusahaan media dan konten yang mereka hasilkan dipengaruhi oleh konsumen dan pengiklan. Dengan demikian, media konten jelas terkait dengan ekonomi (Albarran, 1996).

Pengertian Komunikasi Pemasaran

Kunci utama dari definisi ini adalah diperlukan kesamaan pemikiran yang dikembangkan antara pengirim dan penerima jika diharapkan komunikasi. Kesamaan pemikiran ini membutuhkan adanya hubungan saling berbagi (sharing) antara pengirim pesan dengan penerima. Dalam komunikasi pemasaran bisa diartikan penerima pesan adalah pelanggan atau calon pelanggan suatu produk atau jasa dan pengirim pesan adalah perusahaan penyedia barang atau jasa tersebut atau para pengiklan.

 

D. Metode Penelitian

Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif untuk melakukan analisis dan formulasi.

Peneliti yang menggunakan metode kualitatif berbicara menggunakan bahasa “kasus dan konteks” (Neuman, 2000).

Pengumpulan data penelitian kualitatif bukanlah mengumpulkan data melalui instrumen seperti halnya penelitian kuantitatif di mana instrumennya dibuat untuk mengukur variabel-variabel penelitian.

Teknik pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti untuk memperoleh informasi maupun data yang berkaitan dengan topik penelitian adalah menggunakan wawancara mendalam, Observasi, dokumentasi dan kepustakaan.

 

E. Kesimpulan

Untuk iklan, kegiatan promosi yang dilakukan Le Mariage selama ini masih hanya melalui below the line yang terdiri dari banner, poster, dan pamphlet. Belum ada iklan melalui above the line seperti di televisi, radio, pers, atau jasa iklan luar ruangan seperti billboard. Akan lebih efektif jika Le Mariage memasang iklan sendiri tidak hanya memasang logo pada setiap event-event yang diikuti seperti pada pameran pernikahan yang selama ini dilakukan. Le Mariage selama ini juga belum pernah menggelar event sendiri, dalam artian mereka sebagai tuan rumah penyelenggaranya. Kegiatan promosi yang paling efektif dalam artian paling terlihat keuntungannya yaitu pada personal selling. Penjualan langsung yang dilakukan ketika Le Mariage mengikuti pameran-pameran pernikahan, membuka booth dan menjual majalah mereka secara langsung. Selain dijual secara paket dengan harga lebih murah, Le Mariage dapat berinteraksi dan mempersuasi secara langsung para pembacanya. Pembeli juga dapat melihat terlebih dahulu isi dari majalah, tentu hal ini tudak mungkin dapat dilakukan di tempat-tempat distribusi penjualan Le Mariage, karena dijual dengan kondisi diwrap. Ketika dapat melihat isi majalah terlebih dahulu, para pembaca akan menjadi lebih tertarik karena menemukan referensi dan inspirasi yang sedang dicari. Tentunya harga yang lebih murah karena dijual secara paket juga lebih menarik para pembeli.

 

Contoh Tesis Strategi Komunikasi

  1. Evaluasi Strategi Komunikasi Pemasaran pada Majalah Pernikahan (Studi Kasus Majalah Le Mariage)
  2. Evaluasi Strategi Komunikasi Pemasaran Majalah Wanita Waralaba (Franchise) (Suatu Studi Kasus Promotional Mix pada Majalah Wanita Cosmopolitan dan Her World pada Tahun 2003)
  3. Evaluasi Strategi Komunikasi Program Pendidikan Masyarakat Lalu Lintas pada Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya
  4. Evaluasi Strategi Komunikasi Pemasaran Melalui Media Sosial (Studi Kasus Kampanye Media Sosial Tirajeans (Guess What Happens Next))
Incoming search terms:

Leave a Reply