HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Tesis Sistem Informasi: Analisis Pembangunan Sistem Informasi Manajemen

Judul Tesis : Analisis Pembangunan Sistem Informasi Manajemen (Studi Kasus di Bank XYZ)

 

A. Latar Belakang Masalah

Krisis ekonomi akibat macetnya kredit subprime mortgage di Amerika Serikat perlahan-lahan mulai pulih. Hal ini ditandai dengan kenaikan indeks saham sebesar 20% dalam mulai periode Maret sampai Mei 2009 ini. Selain itu pertumbuhan ekonomi selama triwulan I-2009 sebesar 4,37 persen (Infobank, 5 Mei 2009 halaman 37). Pemulihan perekonomian juga didukung oleh kestabilan pemerintahan yang sudah melalui pemilu dengan damai.

Untuk kalangan perbankan di Indonesia, kabar baik ini menghangatkan lagi persaingan antar bank yang pada awal tahun 2009 ini relatif sepi dari aktivitas. Lesunya perekonomian memang membuat sebagian besar bank memilih untuk berkonsolidasi ke dalam dan memotong biaya-biaya yang tidak perlu. Pilihan tersebut dinilai sebagai pilihan terbaik mengingat keadaan pasar sedang lesu dan tidak bergairah.

 

B. Rumusan Masalah

  1. Apakah metodologi pembangunan sistem di Bank XYZ pada saat ini telah sesuai dengan metodologi yang digunakan oleh umum?
  2. Apa saja perbaikan yang bisa dilakukan oleh Bank XYZ dalam membangun sebuah sistem informasi?

 

C. Landasan Teori Tesis

Definisi Sistem Informasi

Menurut Mulyadi dan Johny Setyawan (1999, halaman 34), sebuah sistem didefinisikan sebagai sebuah kelompok komponen-komponen yang saling berkaitan yang bekerja bersama untuk mencapai hasil yang diinginkan. Sistem informasi didefinisikan oleh Turban, Leidner, McLean dan Wetherbe (2007, halaman 16) sebagai pengumpulan, pemprosesan, analisis, dan penyebaran informasi untuk sebuah tujuan. Seperti pada sistem yang lain, sistem informasi memiliki input (data, instruksi) dan output (laporan, kalkulasi).

Para Pemain dalam Sistem Informasi

Sistem informasi memiliki beberapa pemain di dalamnya, yaitu : system owners (pemilik sistem), system users (pengguna sistem), system designers (perancang sistem), system builders (pembangun sistem) dan system analyst (penganalisa sistem). Pemilik sistem adalah orang yang bertanggung jawab dalam hal pendanaan, operasional, dan memelihara sistem informasi. Pemilik sistem ini biasanya adalah pimpinan perusahaan, atau pimpinan suatu departemen yang memiliki sebuah sistem informasi sendiri.

Pengendalian Internal Teknologi Informasi

Suatu organisasi membutuhkan suatu pemahaman mendasar dari risiko dan hambatan yang dimiliki oleh TI di semua tingkat yang ada di dalam perusahaan untuk mencapai pengelolaan yang efektif dan pengendalian yang memadai. Hal ini juga berarti bahwa untuk mencapai hal tersebut, maka akan melibatkan berbagai pihak yang ada di dalam perusahaan. Pengendalian internal merupakan kebijakan, prosedur, practices dan struktur organisasi yang diimplementasikan untuk mengurangi risiko. Pengendalian internal dibangun untuk memberikan suatu assurance yang reasonable kepada manajemen bahwa tujuan bisnis dapat dicapai dan risiko yang mungkin timbul akan dicegah, dideteksi dan dikoreksi.

 

D. Metode Penelitian

Metode pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan beberapa cara yaitu mengunduh di Internet, studi literatur dengan membaca buku-buku, Melakukan wawancara, interview, dan juga sebagai karyawan Bank XYZ. Adapun data-data yang diperlukan tersebut diantaranya adalah Data sekunder dan Data primer Tahapan yang dilalui dalam melakukan audit ini mengikuti tahapan yang terdapat dalam IT Assurance Road Map, IT Assurance Guideline (IT Governance Institute, 2007).

 

E. Kesimpulan

Analisa menggunakan dasar Metodologi COBIT yang dilakukan penulis membawa kesimpulan bahwa ada beberapa titik lemah yang bisa ditemukan dalam Proses Pembangunan Sistem di Bank XYZ.

 

Contoh Tesis Sistem Informasi

  1. Analisis Pembangunan Sistem Informasi Manajemen? Stuidi Kasus di Bank XYZ
  2. Analisis Pelaporan Sistem Informasi Pendidikan Tenaga Kesehatan (SEPTIC) di Institusi Pendidikan Tenaga Kesehatan Propinsi Sumatera Barat tahun 2000
  3. Analisis Pelaksanaan Pemungutan Pajak Peklame (Kajian Terhadap Sistem Informasi Pajak Reklame Kewenangand Dinas Pendapatan Daerah Kecamatan Propinsi DKI Jakarta)
  4. Analisis Pelaksanaan Sistem Informasi Manajemen Kepegawaian Kantor Pusat Depertemen Kesehatan Tahun 2003
  5. Analisis Implementasi Dan Pengembangan Sistem Informasi Akademik dan Kemahasiswaan (SIAK), Berorientasi Obyek Dengan Unified Modeling Language
  6. Analisis Implementasi Sistem Informasi Akademik Dan Kemahasiswaan Fakultas Ekonomi UI ditinjau dari Segi Penerapan Konsep Customer Relationship Management
  7. Analisis Pemanfaatan Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit Kanker Dharmais
  8. Analisis Kebutuhan Sistem Informasi Manajemen Keimigrasian Terhadap Efektivitas Pengawasan Orang Asing di Indonesia_ Kasus di Wilayah Hukum Kantor Imigrasi Bandung
  9. Analisis Pemanfaatan Sistem Informasi Manajemen RS.M. Ridwan Meuraksa Desember 2002 – Pebruari 2003
  10. Analisis Pelaporan Sistem Informasi Manajemen pada Badan Penyelenggara (BAPEL) JPKM di DKI Jakarta Tahun 2003
Incoming search terms:

Leave a Reply