HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Tesis S2 Magister Ilmu Hukum Universitas Warmadewa

Program Studi Ilmu Hukum Fakultas Hukum Universitas Warmadewa merupakan salah satu program studi yang dikembangkan di Universitas Warmadewa sebagai suatu Perguruan Tinggi Swasta yang ada di Bali. Program Studi Ilmu Hukum Fakultas Hukum Universitas Warmadewa berstatus Terakreditasi dengan Peringkat B berdasarkan Keputusan    Badan    Akreditasi    Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) Departemen Pendidikan Nasional RI  No. 364/BAN-PT/SK/Akred/S/IX/2014 tentang Hasil Akreditasi Program Studi Ilmu Hukum Fakultas Hukum Universitas Warmadewa; serta telah memiliki Perpanjangan Ijin Penyelenggaraan Program Studi berdasarkan       Surat Koordinator Koordinasi Perguruan Tinggi Swasta Wilayah VIII Bali Nusra Nomor: 14646/D/T/K-VIII/2013 perihal Perpanjangan Ijin Program Studi Ilmu Hukum Jenjang S-1 di Universitas Warmadewa.

Sebagai lembaga Pendidikan Tinggi Hukum, Program Studi Ilmu Hukum Fakultas Hukum Universitas Warmadewa mempunyai tujuan melaksanakan Pendidikan Ilmu Hukum agar dapat menyiapkan peserta didik sebagai calon intelektual yang berkualitas dan mandiri, memiliki kemampuan akademik, keterampilan kemahiran hukum yang memadai dan dapat menerapkan ilmu pengetahuan hukum secara profesional sejalan dengan kemajuan zaman dan nilai-nilai luhur bangsa.

Daftar Isi

  1. Sejarah Magister Ilmu Hukum Universitas Warmadewa
  2. Visi
  3. Misi
  4. Tujuan
  5. Sasaran
  6. Profil Lulusan
  7. Program Studi Sarjana (S1) Universitas Warmadewa
  8. Program Studi Pasca Sarjana (S2) Universitas Warmadewa

 

Sejarah Magister Ilmu Hukum Universitas Warmadewa

Sejak berdirinya 1984, sistem pendidikan Fakultas Hukum Universitas Warmadewa memakai Sistem Kredit Semester, dimana kuliah dilakukan dalam satu masa kuliah (satu semester) dengan penilaian sebanyak 2 kali yaitu satu kali ujian tengah semester dan satu kali ujian akhir semester.

 

Sistem Kredit yang diterapkan pada waktu itu belumlah penuh, karena mahasiswa diberikan mengambil kredit tanpa memperhitungkan Indeks Prestasi (IP) melainkan dipaketkan setiap semester. Mahasiswa diperkenankan menempuh ulang mata kuliah yang tidak lulus pada semester berikutnya dimana mata kuliah yang bersangkutan ditawarkan dengan tidak mengurangi pengambilan kredit pada paket semester tersebut.

 

Pada tahun 1986 sistem kredit yang diterapkan sedikit mengalami penyempurnaan dimana penawaran mata kuliah tetap dipaketkan, tetapi mahasiswa yang menempuh ulang atau perbaikan pada semester mana mata kuliah tersebut ditawarkan harus diperhitungkan atau sudah termasuk jumlah kredit yang dipaketkan tahun/semester tersebut. Disamping itu juga sudah menggunakan kelengkapan sistem kredit yaitu Kartu Rencana Studi yang lengkap sebagaimana Sistem Kredit Semester di Fakultas Hukum Universitas Warmadewa diharapkan akan semakin sempurna karena pengambilan kredit tidak lagi tergantung semata-mata pada apa yang dipaketkan melainkan dengan IP.

 

Pada tahun 1993 kurikulum pendidikan tinggi hukum mengalami perkembangan yang mengacu pada sistem pendidikan nasional. Ini berarti memerlukan penyesuaian dan pemantapan, baik dalam kelembagaan maupun proses belajar mengajar.

 

Dengan diberlakukannya Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor: 232/U/2000 tentang Pedoman Penyusunan Kurikulum Pendidikan Tinggi dan Penialaian Hasil Belajar Mahasiswa serta Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor: 045/U/2002 tentang Kurikulum Inti Pendidikan Tinggi, maka Program Studi Ilmu Hukum Fakultas Hukum Universitas Warmadewa telah melakukan penyesuaian Kurikum pada tahun 2003 berdasarkan Keputusan Rektor Universitas Warmadewa No. l389/UNWAR/PD-02/2003 tertanggal 2 Mei 2003 tentang Kurikulum Program Studi Ilmu Hukum Fakultas Hukum Universitas Warmadewa

 

Pada tahun 2008, Program Studi Ilmu Hukum Fakultas Hukum Universitas Warmadewa telah melakukan penyempurnaan kembali Kurikulum yang berlaku pada tanggal 3 Mei 2008 yang kemudian diberlakukan berdasarkan Keputusan Rektor Universitas Warmadewa No. 1915/UNWAR/PD-10/VII/2008 tertanggal 10 Juli 2008 tentang Kurikulum Program Studi Ilmu Hukum Fakultas Hukum Universitas Warmadewa Tahun 2008. Pada tahun 2012 telah dikeluarkan Peraturan Presiden Nomor 8 Tahun 2012 tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia serta Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 73 Tahun 2013 tentang Penerapan Kerangka Kualifikasi Nasional lndonesia Bidang Pendidikan Tinggi. Sebagai tindak lanjut dari diberlakukannya ketentuan tersebut maka pada tanggal 8 Pebruari 2013 telah dilakukan penyempurnaan Kurikulum Program Studi Ilmu Hukum Fakultas Hukum Universitas Warmadewa yang diberlakukan berdasarkan Keputusan Rektor Universitas Warmadewa No. 428/UNWAR/PDlO/lV/2013 tertanggal 19 April 2013 tentang Kurikulum Program Studi llmu Hukum Fakultas Hukum Universitas Warmadewa Tahun 2013.

 

Penyempurnaan akhir dari Kurikulum Program Studi Ilmu Hukum Fakultas Hukum Universitas Warmadewa dilakukan melalui Semiloka pada tanggal 21-23 Mei 2016 dan diberlakukan berdasarkan Keputusan Rektor Universitas Warmadewa No. ll33/UNWAR/PDlO/VII/20l6 tertanggal 1 Juli 2016 tentang Kurikulum Program Studi Ilmu Hukum Fakultas Hukum Universitas Warmadewa Tahun 2016 sebagai upaya penyesuaian dengan diberlakukannya Peraturan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia Nomor 44 Tahun 2015 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi.

 

Visi

Visi Program Studi Ilmu Hukum adalah “Menghasilkan lulusan yang berkualitas secara akademik dan profesional di bidang hukum, berwawasan lingkungan kepariwisataan, serta memiliki daya saing tinggi di era global tahun 2019”.

 

Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan hukum yang dapat menguasai hukum positif, guna mengembangkan penalaran dan kemampuan profesional di bidang hukum.
  2. Menyelenggarakan penelitian hukum berbasis lingkungan kepariwisataan yang  dapat  memberi kontribusi terhadap  pengembangan ilmu hukum dan kebutuhan masyarakat.
  3. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat guna memberikan pelayanan dan meningkatkan kesadaran hukum masyarakat.
  4. Mengembangkan kerjasama dengan instansi pemerintah dan swasta di dalam dan di luar negeri  untuk meningkatkan kualitas kegiatan Tridharma.
  5. Mengembangkan tata kelola good faculty governance berbasis teknologi informasi dan komunikasi (TIK) sesuai tuntutan zaman berlandaskan prinsip Tri Hita Karana dan spirit Sapta Bayu.

Tujuan

  1. Menghasilkan sarjana hukum yang menguasai konsep, prinsip, dan kaidah dasar ilmu hukum dan memiliki kemampuan dalam melakukan penalaran hukum dan pemecahan masalah hukum di masyarakat.
  2. Meningkatkan kuantitas dan kualitas penelitian serta karya ilmiah hukum berbasis lingkungan kepariwisataan yang dapat memberi kontribusi terhadap pengembangan ilmu hukum dan kebutuhan masyarakat.
  3. Meningkatkan kuantitas dan kualitas pengabdian kepada masyarakat yang diarahkan pada pemecahan masalah – masalah hukum baik melalui cara litigasi maupun non litigasi.
  4. Mengembangkan kerjasama dengan instansi pemerintah dan swasta di dalam dan di luar negeri untuk meningkatkan kualitas kegiatan Tri Dharma.
  5. Meningkatkan tata kelola yang efektif dan efisien dengan didukung teknologi informasi dan komunikasi (TIK) berlandaskan prinsip Tri Hita Karana dan spirit Sapta Bayu.

Sasaran

Strategi pencapaian program studi ilmu hukum ini memiliki keterkaitan yang sangat erat dengan sasaran di mana strategi pencapaian merupakan realisasi dari sasaran program studi yang dapat dijabarkan sebagai berikut :

 

  1. Sasaran nomor 1 direalisasikan melalui strategi pencapaian nomor 1 dan nomor 2 yaitu : Penyempurnaan Kurikulum berlandaskan SN-PT mengacu KKNI; merancang dan melaksanakan instrument, serta metode pembelajaran yang berpusat pada mahasiswa (Student Centre Learning/SCL).
  2. Sasaran nomor 2 direalisasikan melalui strategi pencapaian nomor 3 s/d 6 yaitu : Mengefektifkan pemanfaatan E-learning dalam proses pembelajaran; Mengefektifkan monitoring dan evaluasi pembelajaran sebagai implemetasi sistem penjaminan mutu; Tercapainya IPK lulusan 3,5 minimal 75% ; Menumbuhkembangkan suasana dan budaya akademik yang kondusif.
  3. Sasaran nomor 3 direalisasikan melalui strategi pencapaian nomor 7 s/d 14 yaitu : Meningkatkan kuantitas dan kualitas penelitian hukum berbasis lingkungan kepariwisataan; Meningkatkan diseminasi hasil penelitian hukum; Meningkatkan jumlah hasil penelitian dan karya ilmiah hukum yang terpublikasikan; Mengefektifkan penerbitan jurnal; Meningkatkan kemampuan Dosen dalam meraih dana hibah penelitian; Terealisasinya artikel yang tecatat dalam lembaga sitasi; Meningkatkan pembuatan prosiding dari berbagai kegiatan ilmiah Dosen; Melibatkan mahasiswa dalam kegiatan penelitian dosen.
  4. Sasaran nomor 4 direalisasikan melalui strategi pencapaian nomor 15 s/d 19 yaitu : Meningkatkan intensitas dan jangkauan pengabdian kepada masyarakat; Meningkatkan kemanfaatan hasil pengabdian kepada masyarakat; Meningkatkan peran LBH dalam memberikan pelayanan dan bantuan hukum kepada masyarakat secara litigasi maupun non litigasi; Meningkatkan kemampuan Dosen dalam meraih dana hibah pengabdian; Melibatkan mahasiswa dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat.
  5. Sasaran nomor 5 direalisasikan melalui strategi pencapaian nomor 20 s/d 21 yaitu : Optimalisasi implementasi kerjasama yang telah dibangun ; Ekstensifikasi kerjasama dengan instansi pemerintah dan instansi swasta baik dari dalam maupun luar negeri.
  6. Sasaran nomor 6 direalisasikan melalui strategi pencapaian nomor 22 s/d 26 yaitu : Memperkuat kelembagaan dan sistem pengelolaan; Membangun kepemimpinan yang kuat berdasarkan Asta Brata; Meningkatkan kualifikasi kompetensi Dosen ke S3 50% dan Guru Besar 10 %; Meningkatkan kualifikasi kompetensi tenaga kependidikan ke S2 dan melalui pelatihan – pelatihan; Memantapkan disiplin dan motivasi kerja.
  7. Sasaran nomor 7 direalisasikan melalui strategi pencapaian nomor 27 s/d 30 yaitu : Meningkatkan kualitas pelayanan akademik yang berbasi TlK ; Meningkatkan efektifitas pelaksanaan SIM-T ; Meningkatkan kapasitas dan efektifitas pemanfaatan Internet/Web ; Optimalisasi pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam pelaksanaan kegiatan Tri Dharma.

 

Profil Lulusan

Lulusan berkualitas yang hendak dicapai program studi adalah lulusan yang memiliki pengetahuan dan keterampilan hukum yang memiliki daya saing tinggi sesuai tuntutan zaman, yaitu sarjana hukum yang menguasai konsep, prinsip dan kaidah dasar ilmu hukum; memiliki kemampuan dalam melakukan penalaran hukum; serta  memiliki kemampuan dalam melakukan pemecahan masalah-masalah hukum khususnya hukum lingkungan melalui cara litigasi dan non litigasi.

 

Program Studi Sarjana (S1) Universitas Warmadewa

Prodi Ilmu Hukum

 

Program Studi Pasca Sarjana (S2) Universitas Warmadewa

Prodi S2 Ilmu Hukum

 

 

Share and Enjoy !

0Shares
0 0 0

Leave a Reply

Open chat
Hallo ????

Ada yang bisa di bantu?
Powered by