HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Tesis Penerimaan Konsumen: Faktor Pengaruh Penerimaan Konsumen trhdp Penggunaan FSMS

Judul Tesis : Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Penerimaan Konsumen terhadap Penggunaan Fedex Ship Manager Software (FSMS)

 

A. Latar Belakang

Pengiriman barang menjadi salah satu bagian penting dalam kehidupan. Perbedaan sumber daya dan kebutuhan manusia yang beragam menjadikan kebutuhan akan sebuah barang menjadi sangat berbeda antar satu wilayah dengan wilayah lainnya. Perbedaan inilah yang menyebabkan perpindahan sebuah barang dari satu tempat ke tempat lain sangat dibutuhkan. Pengiriman barang dari satu tempat ke tempat lain bukan perkara mudah, dibutuhkan kecepatan, ketepatan, dan jaringan yang luas dalam mengirim barang agar dapat sampai ke tempat tujuan.

Perkembangan zaman dan mobilitas manusia yang kini tidak lagi dibatasi oleh batas-batas wilayah (borderless world) membuat pengiriman barang lintas negara menjadi sangat dibutuhkan. FedEx Corp. melalui bendera FedEx Express hadir untuk menangkap peluang tersebut dengan menyediakan pengiriman internasional secara cepat (express) dengan batasan waktu yang jelas. Berdiri pada tahun 1971 di Memphis, Amerika Serikat, FedEx saat ini menjadi salah satu pemain besar jasa pengiriman express internasional dengan cakupan layanan ke lebih dari 200 negara yang didukung lebih dari 600 pesawat kargo dan menangani lebih dari 3,5 juta paket setiap harinya (FedEx Annual Report, 2011).

 

B. Perumusan Permasalahan

  1. Faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi penerimaan konsumen FedEx Indonesia dalam penggunaan FedEx Ship Manager Software?
  2. Bagaimana hubungan faktor-faktor yang mempengaruhi penerimaan konsumen FedEx Indonesia dalam penggunaan FedEx Ship Manager Software?

 

C. Tinjauan Pustaka Tesis

Teknologi dan Supply Chain Management

Perkembangan teknologi yang pesat beberapa dekade ini mendorong berbagai industri untuk mulai mengaplikasikan teknologi untuk membantu proses bisnis menjadi lebih baik, tidak terkecuali pada sisi SCM sebuah perusahaan. Berbagai teknologi telah diterapkan untuk membantu SCM seperti: Radio Frequency Identification (RFID), Barcode, Electronic Data Interchange, sampai dengan teknologi e-commerce untuk menjangkau para pihak yang terkait di dalamnya. Teknologi-teknologi ini tidak hanya membantu pihak perusahaan untuk lebih cepat dan akurat dalam mengawasi pergerakan barang tetapi juga membuat proses bisnis di dalam SCM menjadi lebih efisien dan efektif (Heikkila, 2002; Karkkainen, 2003; Sabbaghi & Vaidyanathan; 2008).

Teknologi

Teknologi pada dasarnya diciptakan untuk membantu manusia dalam mengerjakan suatu hal. Walaupun begitu teknologi tidak begitu saja dapat diterima secara luas oleh masyarakat. Banyak teknologi gagal dan tidak mendapat tempat di masyarakat. Menurut Geels dan Smit (2000), ada beberapa aspek yang mempengaruhi teknologi tidak diterima oleh masyarakat, yaitu: tidak memenuhi ekspektasi pengguna, eksistensi sistem lama yang masih sulit digantikan oleh teknologi baru, dan faktor sosial dari sisi manusia termasuk adanya perubahan budaya (cultural change). Seiring berjalannya waktu banyak penelitian yang dikembangkan untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang dapat membuat sebuah teknologi diterima oleh penggunanya, dan pembahasan pada bagian ini difokuskan untuk membahas penelitian-penelitian terdahulu yang membahas tentang penerimaan sebuah teknologi oleh penggunanya.

Penerapan Teori Penerimaan Teknologi

Pengukuran penerimaan pengunaan sebuah sistem dalam industri logistik sudah dilakukan dengan berbagai metode technology acceptance. Pendekatan yang sering digunakan untuk mengukur penerimaan sebuah sistem dalam industri logistik adalah pendekatan TAM. Walaupun begitu beberapa penelitian sejenis sebelumnya melakukan modifikasi dengan mengombinasikan metode TAM dengan metode technology acceptance lain sehingga didapatkan model penelitian yang sesuai dengan kondisi yang dibutuhkan.

 

D. Metode Penelitian

Pemilihan populasi penelitian ini dilakukan dengan menggunakan data bulan Januari 2012, dimana konsumen Fedex yang dipilih menjadi bagian dari populasi adalah yang melakukan pengiriman melalui Fedex dengan mempergunakan aplikasi FSMS minimal lima kali dalam sebulan dalam proses pengirimannya.

Proses penarikan sample adalah proses pemilihan jumlah angka yang tepat untuk mewakili semua elemen dalam populasi, sehingga studi yang dihasilkan dari sample merupakan presentasi dari keadaan populasi sesungguhnya.

Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik survey dengan sampel yang sudah ditetapkan untuk mendapatkan data primer dari hasil survey tersebut.

 

E. Kesimpulan

  1. Pada penelitian ini faktor-faktor yang mempengaruhi penerimaan konsumen FedEx dalam penggunaan FedEx Ship Manager Software (FSMS) adalah task characteristic, technology characteristic, technologytask fit, perceived usefulness, perceived ease of use dan intention to use.
  2. Dari hasil path analysis didapatkan bahwa seluruh hipotesis yang akan diujikan dalam penelitian ini menunjukan hasil yang signifikan dan sesuai dengan teori-teori yang membangunnya, sebagai berikut:
    • Task Characteristic (TC) berpengaruh terhadap Task-Technology Fit (TF). Hubungan ini memiliki nilai positif dan signifikan. Hasil ini menunjukan bahwa kebutuhan karakteristik pekerjaan/tugas yang dimiliki oleh pengguna FSMS mampu dijawab oleh fitur-fitur yang disajikan didalam FSMS sehingga mampu memberikan kecocokan antara karakteristik tugas dengan karakteristik fitur teknologi yang dimiliki oleh FSMS, yang pada akhirnya akan mempengaruhi penerimaan konsumen terhadap penggunaan FSMS.
    • Technology Characteristic (TH) berpengaruh terhadap Task- Technology Fit (TF). Hubungan ini memiliki nilai positif dan signifikan. Hasil ini menunjukan bahwa fitur-fitur didalam FSMS mampu menjawab kebutuhan konsumen FedEx sehingga terbangun kecocokan antara keduanya, yang pada akhirnya akan mempengaruhi penerimaan konsumen terhadap penggunaan FSMS.

Contoh Tesis Penerimaan Konsumen

  1. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Penerimaan Konsumen terhadap Penggunaan Fedex Ship Manager Software FSMS

Leave a Reply