HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Tesis Akutansi: Pengaruh Faktor Personality dan Computer Training trhdp Keahlian

Judul Tesis : Pengaruh Faktor Personality dan Computer Training terhadap Keahlian dalam Menggunakan Komputer pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Sebelas Maret Surakarta

 

A. Latar Belakang

Kondisi perkembangan sistem informasi berbasis komputer yang sangat cepat secara langsung harus menjadi perhatian bagi perguruan tinggi. Dengan adanya persaingan di dunia kerja saat ini yang semakin tajam, perguruan tinggi dituntut untuk tidak hanya menghasilkan lulusan yang menguasai kemampuan di bidang akademik, tetapi juga mempunyai keahlian dalam menggunakan teknologi informasi sehingga mempunyai nilai tambah dalam bersaing di dunia kerja. Dalam hal ini penulis mencoba meneliti keahlian dalam penggunaan komputer oleh mahasiswa, khususnya mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Sebelas Maret Surakarta. Mahasiswa Fakultas Ekonomi yang pada akhirnya akan terjun dalam dunia bisnis sangat penting untuk menguasai kemampuan dalam menggunakan teknologi informasi (komputer).

Dalam konteks EUC, keahlian dalam menggunakan komputer sangat penting dalam menentukan kinerja. Oleh karena pentingnya keahlian dalam menggunakan atau mengoperasikan komputer maka dukungan yang efektif terhadap EUC harus lebih melibatkan hubungan individual dengan keahlian yang dimiliki oleh personil EUC. Untuk dapat memberikan dukungan formal terhadap EUC adalah sangat sulit dan kompleks. Hal ini disebabkan karena personil EUC berbeda satu sama lainnya baik dari karakteristik individual, sikap (attitudes), kecemasan (anxiety), maupun cara berpikir (cognitive style). Perbedaan individu merupakan faktor penentu perilaku kerja (Trebog, 1981 dalam Mujiatun, 2003). Dalam penggunaan teknologi informasi sangat perlu untuk memperhatikan pentingnya karakteristik individual pemakai komputer karena diterimanya teknologi komputer tergantung pada karakteristik indivudu dan tingkat keahlian dari individu pemakai komputer. Sedangkan individu sebagai pengguna sistem adalah manusia yang secara psikologi mempunyai suatu perilaku tertentu yang melekat pada dirinya sehingga aspek keperilakuan dalam konteks manusia sebagai pengguna teknologi informasi sangat penting sebagai faktor penentu pada setiap orang yang menjalankan teknologi informasi.

 

B. Rumusan Masalah

  1. Apakah faktor personality (computer anxiety, computer attitudes, math anxiety) akan berpengaruh terhadap keahlian dalam menggunakan komputer?
  2. Apakah computer training akan berpengaruh terhadap keahlian dalam menggunakan komputer?

 

C. Landasan Teori

Teknologi Komputer

Komputer adalah suatu alat pengolah data yang dapat melaksanakan perhitungan secara substantial, termasuk operasi hitung-menghitung, dan operasi logika, tanpa campur tangan manusia (Widjajanto, 2003).

End User Computing

End user computing menurut Mc Leod (2002) adalah pengembangan seluruh atau sebagian sistem berbasis komputer oleh pemakai. Sedangkan menurut Horrison dan Rainer (1992) dalam Mujiatun (2003), End user computing yang kemudian disingkat dengan EUC adalah penggunaan komputer secara langsung oleh seseorang untuk menyelesaikan masalah yang memerlukan computer based solution dengan tepat.

Computer Attitude

Computer attitude menunjukkan reaksi atau penilaian sesorang terhadap komputer berdasarkan kesenangan atau ketidaksenangannya terhadap komputer. Dengan kata lain secara umum attitude menunjukkan perasaan kesenangan atau ketidaksenangan seseorang terhadap obyek stimulus (Rifa dan Gudono, 1999 dalam Nurcahyo, 2004). Teori attitude menyatakan bahwa perilaku (behaviour) ditentukan oleh nilai manfaat yang diterima (perceived usefulness) dan norma sosial (social norm), yaitu faktor-faktor tersebut merupakan faktor yang memberikan kontribusi terhadap diterimanya suatu teknologi komputer (Igbaria, 1994 dalam Trisnawati dan Permatasari, 2000).

 

D. Metode Penelitian

Variabel dependen dalam penelitian ini adalah keahlian dalam menggunakan komputer sedangkan faktor personality dan computer training merupakan variabel independen.

Tipe penelitian dari penelitian ini adalah penelitian kausal.

Penelitian ini dilakukan dalam setting eksperimen lapangan dengan menggunakan lingkungan alami (perguruan tinggi).

Unit analisis dari penelitian ini adalah individu.

Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Cara pengambilan sampel dilakukan dengan non probability sampling berupa purposive sampling dan convenience sampling.

 

E. Kesimpulan

  1. Berdasarkan hasil uji t dapat disimpulkan bahwa faktor computer anxiety (fear, anticipation), computer attitude (pessimism dan optimism), math anxiety, dan computer training berpengaruh secara signifikan terhadap keahlian dalam menggunakan komputer.
  2. Hasil pengujian secara simultan yang dilakukan dengan uji F menyimpulkan bahwa faktor personality dan computer training secara bersama-sama berpengaruh secara signifikan terhadap keahlian dalam menggunakan komputer.
  3. Variasi tingkat keahlian mahasiswa dalam menggunakan komputer yang dapat dijelaskan oleh faktor personality dan computer training adalah sebesar 56,6%. Hal ini menunjukkan bahwa model yang digunakan dalam penelitian ini sudah baik karena model mampu menerangkan variasi variabel independennya.

 

Contoh Tesis Akutansi

  1. Pelaksanaan Ekstensifikasi dan Intensifikasi Pajak dengan Adanya Sunset Policy Serta Kontribusinya dalam Perpajakan di KPP PRATAMA Karanganyar
  2. Pengaruh faktor personality dan computer training terhadap keahlian dalam menggunakan komputer pada mahasiswa fakultas ekonomi Universitas Sebelas Maret Surakarta
  3. Analisis Kinerja Keuangan Pada KPRI Bina Karya Kudus
  4. Analisis Kinerja Keuangan Pendekatan Altman dan Pengaruhnya terhadap Harga Saham
  5. Analisis Penerapan PSAK No 27 tentang Akuntansi Koperasi dan Pengaruhnya terhadap Perkembangan Usaha

 

Leave a Reply