HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Tesis Sikap Konsumen: Pengaruh Product Placement Samsung Galaxy SIII pd Serial Drama Korea

Judul Tesis : Analisis Pengaruh Product Placement Samsung Galaxy SIII pada Serial Drama Korea “To The Beautiful You” terhadap Sikap Konsumen dan Intensi untuk Membeli Produk

 

A. Latar Belakang

Dalam pemasaran suatu produk, selain strategi pemasaran konvensional, sisi psikologi konsumen dan teori perilaku sosial juga memegang peranan penting. Konsumen atau individu melakukan kegiatan observasi secara langsung atau berpartisipasi dalam sebuah acara sehingga mereka merasakan stimulus tertentu yang menyebabkan timbulnya motif dan identifikasi pikiran untuk mengkonsumsi suatu produk, hal ini lebih dikenal dengan Experiential Marketing (Wang dan Lin, 2009). Salah satu bentuk experiential marketing yang bertujuan untuk menstimulus individu secara tidak langsung untuk menggunakan atau mengkonsumsi produk tertentu adalah product placement. Tsai et al dalam penelitiannya yang berjudul “The Effect of Subliminal Advertising on Consumer Attitudes and Buying Intentions” meneliti bagaimana pengaruh subliminal advertising dalam bentuk product placement bekerja dalam mempengaruhi sikap pemirsa dan intensi untuk membeli dari pemirsa tersebut. Penelitian ini merujuk pada product placement yang terdapat dalam film E.T. Hasilnya menunjukkan sejumlah signifikansi, yaitu antara brand awareness dan recall rate, consumer attitudes positif terhadap keinginan untuk membeli produk, dan sikap terhadap film dan recall rate. Individu dengan gaya hidup (life-style) yang berbeda akan memiliki sikap yang berbeda terhadap product placement (Tsai, Liang, Liu, 2007).

Product placement, sebagai salah satu strategi dimana sebuah produk atau merek tertentu ditampilkan pada konten program media massa, menjadi strategi pemasaran yang semakin berkembang secara global. Sejumlah perusahaan mengeluarkan anggaran yang besar agar produk mereka dapat ditampilkan pada sejumlah program media massa (Homer, 2009; Graser dan Stanley, 2006).

 

B. Masalah Penelitian Tesis 

  1. Bagaimanakah brand awareness para penonton drama “To The beautiful You” terhadap produk Samsung Galaxy SIII yang digunakan dalam drama tersebut dan pengaruhnya terhadap attitude toward brand/product Samsung Galaxy SIII tersebut?
  2. Bagaimanakah brand awareness para penonton drama “To The beautiful You” terhadap produk Samsung Galaxy SIII yang digunakan dalam drama tersebut dan pengaruhnya terhadap purchase intention Samsung Galaxy SIII?
  3. Bagaimanakah pengaruh sikap penonton pada drama “To The beautiful You” (attitude toward drama) terhadap attitude toward brand/product Samsung Galaxy SIII?

 

C. Tinjauan Pustaka

Konsep Pemasaran

Pemasaran merupakan aktivitas yang memfasilitasi proses pertukaran dan pembangunan hubungan dengan secara hati-hati mencari tahu apa saja keininan konsumen, kemudian membangun produk atau jasa yang memenuhi kebutuhan konsumen tersebut, yang ditawarkan pada hara tertentu dan menjadikannya mudah untuk dicapai konsumen melalui saluran tempat atau saluran distribusi yang telah disepakati, serta membangun sebuah kegiatan dari sebuah promosi atau komunikasi untuk mencapai awareness dan interest (Belch, 2012). Asosiasi Pemasaran Amerika mendefinisikan pemasaran sebagai suatu fungsi organisasi dan seperankat proses untuk menciptakan, menkomunikasikan, dan menyerahkan nilai kepada pelanggan, serta menelola hubunan pelanggan dengan cara yang menguntungkan oranisasi dan para pemilik saham (Kotler, 2009).

Komunikasi Pemasaran

Dalam dunia pemasaran, proses komunikasi sangat diperlukan agar pesan yang sebenarnya ingin kita sampaikan kepada konsumen mengenai produk atau jasa yang dijual dipasarkan sesuai dengan persepsi di benak konsumen sehingga tidak terjadi gap antara pesan (message) yang disampaikan dengan apa yang diterima konsumen (Alfarisi, 2005). Untuk berkomunikasi secara efektif, pemasar perlu memahami unsur-unsur fundamental yang mendasari komunikasi yang efektif. Dua unsur yang merupakan pihak-pihak utama dalam komunikasi adalah pengirim (sender) dan penerima (receiver).

 

Promosi

Dasar pengembangan promosi adalah komunikasi. Pemasar mengembangkan promosi (promotion) untuk mengkomunikasikan informasi tentang produk mereka dan mempengaruhi konsumen untuk membelinya. Seperti semua strategi pemasarana lainnya, promosi dipandang oleh konsumen sebagai aspek sosial dan fisik dari lingkungan yang dapat mempengaruhi tanggapan afeksi dan kognisi konsumen di samping perilaku nyata mereka.

D. Metodelogi Penelitian

Objek dari penelitian karya akhir ini adalah mereka yang telah menonton drama “To The beautiful You” dan menyadari terdapat sejumlah Product placement yang ditampilkan pada drama tersebut.

Penelitian ini menggunakan desain penelitian deskriptif dan eksploratif.

Populasi pada penelitian ini adalah mereka yang terekspos dengan drama Korea “To The beautiful You” . Kuantitas populasi tidak diketahui secara pasti oleh sebab itu ukuran sampel ditetapkan melalui estimasi.

Pada penelitian ini, sumber data yang digunakan dibagi menjadi dua jenis data premier dan data sekunder.

 

E. Kesimpulan

  1. Tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara brand awareness para penonton drama “To The beautiful You” terhadap produk Samsung Galaxy SIII dengan attitude toward brand/product Samsung Galaxy SIII tersebut. Hal ini berhubungan dengan kategori produk hi-involvement, dimana sikap seseorang terhadap suatu produk juga dipengaruhi oleh faktor-faktor lain diluar brand awareness.
  2. Tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara brand awareness para penonton drama “To The beautiful You” terhadap produk Samsung Galaxy SIII dengan purchase intention Samsung Galaxy SIII tersebut. Sesuai dengan The ABC Model of Attitude, dimana pada Standard Learning Hierarcy, proses seseorang untuk membeli suatu produk adalah Think-Feel-Do, sehingga brand awareness tidak mampu secara langsung mempengaruhi keinginan untuk membeli suatu produk dengan kategori bukan low involvement
  3. Tidak terdapat pengaruh signifikan antara sikap penonton pada drama “To The beautiful You” (attitude toward drama) dengan attitude toward brand/product, hal ini berarti sikap pemirsa terhadap produk tidak dipengaruhi oleh drama itu sendiri.

 

Contoh Tesis Sikap Komsumen

  1. Analisis Pengaruh Promosi Penjualan terhadap Ekuitas Merek, Sikap dan Intensi membeli Konsumen Bisnis Ritel (Studi Kasus Matahari Department Store)
  2. Analisis pengaruh Product Placement Samsung Galaxy SIII pada Serial Drama Korea ?To The Beautiful You? terhadap Sikap Konsumen dan Intensi untuk Membeli Produk

Leave a Reply