HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Tesis Pendidikan: Pembinaan Moral Anak di Panti Pamardi Putra Mandiri

Judul Tesis : Pembinaan Moral Anak di Panti Pamardi Putra Mandiri Sendangguwo Kecamatan Tembalang Kota Semarang

 

A. Latar Belakang

Keluarga merupakan wadah yang pertama dan merupakan dasar yang fundamental bagi perkembangan dan pertumbuhan anak. Keluarga juga merupakan lembaga pendidikan yang bersifat informal. Dalam keluarga seorang anak mendapatkan pendidikan dan pembinaan moral yang pertama kalinya. Dari lingkungan keluarga yang harmonis akan mampu memberikan keteladanan kepada anak-anak, maka akan tumbuh anak-anak yang memiliki kepribadian dengan pola yang mantap. Akan tetapi keadaan keluarga yang tidak harmonis (broken home) biasanya akan mengakibatkan pengaruh yang buruk bagi perkembangan mental dan pendidikan anak, sehingga mendorong anak untuk mencari jalannya sendiri dan apabila anak bertemu dengan kawan-kawannya yang nakal, maka anak akan terpengaruh dan ikut menjadi nakal.

Kurangnya perhatian orang tua karena terlalu sibuk di luar rumah mengakibatkan anak merasa kurang diperhatikan. Keadaan yang demikian mendorong anak tidak dapat membedakan mana perbuatan yang baik dan mana perbuatan yang jelek atau yang tidak boleh dikerjakan. Hubungan pergaulan yang salah pilih dan tanpa ada kontrol dari orang tua akan mempengaruhi kepribadian anak dan akan mempengaruhi lahirnya tindakan yang menyimpang dari normanorma.

B. Rumusan Masalah

  1. Bagaimanakah pelaksanaan pembinaan moral anak di Panti Pamardi Putra Mandiri ?
  2. Faktor-faktor apakah yang mendorong pembinaan moral di Panti Pamardi Putra Mandiri ?
  3. Faktor-faktor apakah yang menghambat pembinaan moral di Panti Pamardi Putra Mandiri ?

 

C. Landasan Teori

Pengertian Nilai, Moral dan Sikap

 

Menurut Hurlocks yang dikemukakan kembali oleh Sugeng Hariyadi (2003:89), nilai adalah sesuatu yang diyakini kebenarannya dan mendorong orang untuk mewujudkannya. Menurut Daroeso (1986:23), moral adalah sebagai keseluruhan norma yang mengatur tingkah laku manusia di masyarakat. Mar’at (1982:17) menyatakan, bahwa sikap didasarkan pada konsep evaluasi berkenaan dengan objek tertentu, menggugah motif untuk bertingkah laku.

Teori Perkembangan Moral

Piaget menyatakan bahwa kesadaran moral anak mengalami perkembangan dari satu tahap ke tahap yang lebih tinggi. Sesuai dengan perkembangan umur, orientasi terhadap peraturan itu berkembang dari sikap heteronom, bahwa peraturan itu berasal dari diri seseorang ke sikap yang semakin otonom, bahwa peraturan ditentukan juga oleh subjek yang bersangkutan (Salam, 2000:67).

D. Metode Penelitian Tesis

Dapat diterapkan dalam kehidupan bermasyarakat. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan penelitian kualitatif. Lokasi penelitian di Panti Pamardi Putra Mandiri Sendangguwo Kecamatan Tembalang Kota Semarang. Fokus penelitian ini adalah pembinaan moral anak, faktor yang mendorong dan faktor yang menghambat pembinaan moral di Panti Pamardi Putra Mandiri. Sumber data penelitian adalah person (orang) yaitu Pimpinan, Petugas/Pembina dan Anak/klien di Panti Pamardi Putra Mandiri, dan dokumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah sumber tertulis yang berupa buku, sumber arsip, dokumen resmi di Panti Pamardi Putra Mandiri. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan metode wawancara, observasi dan metode dokumetasi. Keabsahan data diperoleh dengan metode triangulasi, yang kemudian dianalisis melalui pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan verifikasi data.

E. Kesimpulan

  1. Pembinaan moral yang dilaksanakan di Panti Pamardi Putra Mandiri menggunakan pola konsiderasi nilai, analisis nilai dan perkembangan moral kognitif. Pembina berusaha memberikan solusi yang terbaik dalam memecahkan masalah yang dihadapi anak, baik masalah pribadi maupun masalah kelompok. Para pembina memberikan contoh dalam memberikan pembinaan penuh kedisiplinan, supaya anak dalam mengikuti pembinaan juga disiplin dan mematuhi semua peraturan yang ada.
  2. Faktor pendorong pembinaan moral di Panti Pamardi Putra Mandiri yaitu motivasi anak/klien yaitu menginginkan adanya perubahan dalam dirinya, dukungan orang tua yaitu pihak orang tua sering datang ke Panti, lingkungan masyarakat yaitu menciptakan lingkungan yang kondusif dan dukungan dari para pembina di Panti Pamardi Putra Mandiri yaitu membimbing dengan rasa ikhlas dan sabar.

 

Contoh Tesis Pendidikan

  1. Studi Komparasi Hasil Belajar Antara Pendekatan Kontekstua (Contextual Teaching And Learning) dengan Pendekatan Konvensional dalam Pembelajaran Sejarah Siswa Kelas x Semester Genap Sma Negeri I Pejagoan Kabupaten Kebumen Tahun Ajaran 2006/ 2007.
  2. Kegiatan Kepramukaan sebagai Sarana Menumbuhkan Kedisiplinan Siswa SMPN 1 Dukuhturi Kabupaten Tegal.
  3. Pelaksanaan Pembelajaran Kontekstual Oleh Guru Pkn di Sma Negeri I Banjarnegara.
  4. Pelaksanaan Penilaian Portofolio Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di Sma Negeri 4 Tegal.
  5. Pembinaan Moral Anak di Panti Pamardi Putra Mandiri Sendangguwo Kecamatan Tembalang Kota Semarang.

 

Leave a Reply